March 1, 2017

Cara Mengembalikan Kontak Yang Terhapus Atau Hilang di Android

Kontak yang hilang atau tidak sengaja terhapus di hp android merupakan kesalahan yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga kamu para pengguna smartphone. Betapa kesalnya jika kita mengalami kejadian tersebut. Padahal banyak sekali nomor penting yang ada di sana, entah itu nomor hp keluarga, teman, pacar, maupun bisnis.

Jika kejadian tersebut kamu alami pada hp jadul, mungkin tidak ada lagi harapan selain merelakan semua kontak tersebut. Tetapi jika kamu mengalaminya pada smartphone android, kemungkinan harapan untuk mengembalikan kontak yang hilang sangatlah besar. Karena android memiliki fitur backup data melalui akaun Gmail, dan bisa disinkronisasi dengan smartphone. Ini salah satu fitur canggih yang dibenamkan oleh Google pada OS besutannya.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

Untuk itu pada artikel kali ini Konyoha akan share tutorial tentang bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus di android. Cara ini bisa kamu praktekkan pada hp android merek apa saja, apakah Samsung, Sony, Xiaomi, Nexus, Asus, Lenovo, Oppo, dan lain-lain. Untuk itu langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Atau Terhapus di Android


1. Ubah Pengaturan Kontak


Terkadang beberapa kontak atau nomor telepon yang hilang sebenarnya masih ada di dalam smartphone. Hanya saja masalahnya kontak tersebut tidak sengaja disembunyikan atau tidak ditampilkan pada daftar kontak. Misalnya, jika settingan kontak hanya menampilkan kontak di SIM saja, maka kontak yang berada di memori telepon tidak akan terlihat, seolah-olah kita menganggapnya hilang. Untuk itu silakan ikuti langkah-langkah untuk menampilkan semua kontak di bawah ini.

  • Buka aplikasi Kontak di hp android kamu, setelah itu pilih Menu atau tombol tiga titik di pojok kanan atas (setiap merek berbeda-beda). Lalu pilih Kontak untuk ditampilkan, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Selanjutnya silakan pilih Semua kontak untuk menampilkan semuanya, termasuk kontak di memori telepon dan kartu SIM.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Terakhir, silakan dicek kembali apakah kontak yang hilang tadi sudah ada atau belum.

Jika belum ada, bisa jadi kontak tersebut sudah terhapus secara permanen dari perangkat android kamu. Tunggu dulu, walaupun sudah terhapus secara permanen, bukan berarti kontak kamu tidak bisa dikembalikan lagi lho. Sebenarnya kontak di hp kamu sudah tersimpan di akun Gmail secara aman, dengan syarat kamu sudah melakukan backup sebelumnya. Cukup melakukan Restore kontak, semua nomor hp yang terhapus bisa kembali menjadi sedia kala. Berikut langkah-langkahnya.

Catatan:
Pastikan dulu sebelum kontak di hp android kamu hilang, kamu sudah pernah melakukan backup kontak sebelumnya. Jika tidak, maka cara ini tidak akan berhasil.

2. Melakukan Restore Kontak Dari Akun Google


  • Pertama, silakan login atau buka akun Gmail kamu melalui web browser di komputer atau laptop.
  • Kemudian kita masuk ke inbox Gmail. Pada bagian kiri atas akan ada sebuah menu dropdown di bawah logo Google, klik tanda panah ke bawah untuk membuka menu dropdown tersebut, lalu pilih Contacts. Lebih jelasnya silakan perhatikan gambar di bawah ini.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Kemudian kita akan dibawa ke halaman Google Contacts. Pada menu samping kiri pilih More lalu pilih Export. Lalu akan muncul sebuah pop up, pilih saja GO TO OLD VERSION. Maka akan tampil semua daftar kontak yang pernah kita backup sebelumnya.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Untuk mengembalikan kontak yang hilang tersebut ke smartphone android, silakan ditandai (centang) semua kontak. Setelah itu pilih menu Lainnya dan klik Pulihkan kontak.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Di sini kita bisa mengatur rentang waktunya, silakan ditentukan kira-kira kapan kontak di hp android tersebut belum hilang atau masih ada. Pada contoh ini Konyoha memilih rentang waktu 1 minggu yang lalu dan klik Pulihkan.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

  • Terakhir, kita beralih ke perangkat android. Untuk menyinkronkan kembali kontak tersebut silakan masuk ke menu Pengaturan (Settings) -> Account -> Google. Pilih akun Gmail yang kamu gunakan, kemudian pilih menu Sinkronkan sekarang.

cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang di android

Mau dapat uang dollar lewat hp Android? silakan baca Cara mendapatkan ribuan dollar lewat hp Android, terbukti membayar!

Selamat, sekarang semua kontak kamu yang hilang sudah kembali seperti sedia kala. Dengan adanya fitur Sinkronisasi dan backup data dari Google ini kita bisa mengembalikan kontak yang hilang atau tidak sengaja terhapus di hp android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan semoga berhasil.
Author Profile

About Konyoha

0 Komentar Cara Mengembalikan Kontak Yang Terhapus Atau Hilang di Android

Post a Comment

Back To Top