July 31, 2017

Cara Membuat Bootable Linux Ubuntu di USB Flashdisk (Lengkap dengan Gambar)

Buat kamu yang akan menginstall Ubuntu Linux di komputer PC atau laptop, bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan DVD disc atau menggunakan USB Flashdisk. Jika memakai DVD disc cukup mudah, kita tinggal burning saja file ISO Ubuntu ke DVD menggunakan metode Burn image to disc. Namun jika kamu ingin menggunakan Flashdisk sebagai installer-nya, kamu perlu membuat bootable-nya terlebih dahulu.

Nah, untuk itu pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan bagaimana cara membuat bootable USB Flashdisk Linux Ubuntu di Windows dengan mudah. Bukan hanya installer Ubuntu saja, cara ini bisa juga kamu terapkan untuk membuat bootable Windows. Sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, mari kita lihat apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan:

- USB Flashdisk (Minimal 4 GB)
- PC/Laptop berbasis Windows
- File ISO Ubuntu (unduh di sini)
- Software Rufus (unduh di sini)

Di sini admin memilih software yang bernama Rufus, alasannya karena software ini sangat mudah dalam segi penggunaannya. Oke, jika semua bahannya sudah kamu dapatkan, langsung saja kita menuju ke tutorialnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Bootable USB Flashdisk Ubuntu Dengan Rufus


membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

1. Pertama sekali tancapkan USB Flashdisk ke komputer kamu. Penting untuk diketahui, semua data yang ada di flashdisk akan hilang. Untuk itu, silakan di-backup jika ada file penting di dalamnya.

2. Jalankan aplikasi Rufus, klik logo disc yang ada di samping FreeDOS, lalu Browse dan cari lokasi di mana kamu menyimpan file ISO Ubuntu, lalu klik Open.

membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

3. Pastikan settingan Rufus tetap dalam keadaan default, seperti gambar di bawah ini.

membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

4. Selanjutnya klik Start untuk mulai membuat Bootable, jika ada notifikasi bahwa semua data di flashdisk akan terhapus, klik saja Ok.

membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

5. Proses ini memakan waktu beberapa menit, tergantung dengan kecepatan komputermu. Setelah proses selesai, langsung saja klik Close.

6. Selesai, USB Flashdisk sudah siap digunakan sebagai media installer Linux Ubuntu.

membuat bootable linux ubuntu dengan flashdisk

Demikian tutorial tentang cara membuat bootable USB Flashdisk Ubuntu di Windows yang bisa kamu terapkan. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis pada bagian komentar di bawah ini. Selamat mencoba....
Author Profile

About Firdaus

0 Komentar Cara Membuat Bootable Linux Ubuntu di USB Flashdisk (Lengkap dengan Gambar)

Post a Comment

Back To Top