August 9, 2017

Cara Mematikan Update Otomatis di Ubuntu Linux

Melakukan update aplikasi maupun upgrade kernel pada Ubuntu Linux memang sangat disarankan. Selain berguna untuk menambal celah keamanan yang ditemukan pada sistem inti (kernel), update software juga berfungsi untuk menambah fitur atau memperbaiki kekurangan sistem yang ada.

Secara default, Ubuntu telah disetting untuk melakukan pengecekan dan download update secara otomatis setiap harinya. Jika memang tersedia, maka proses update akan otomatis dilakukan tanpa sepengetahuan kita.

Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah bagi yang berlangganan internet unlimited. Namun bagi mereka yang memanfaatkan koneksi dengan kuota internet seperti modem atau tathering melalui smartphone, hal ini tentu sangat merugikan sekali bukan? mengingat harga kuota internet di Indonesia saat ini sangatlah mahal.

Nah, untuk itu kita perlu mematikan update otomatis di Ubuntu agar tidak menghabiskan kuota internet secara diam-diam. Bagaimana caranya? silakan simak tutorial di bawah ini sampai selesai.

Langkah-langkah Mematikan Update Otomatis di Ubuntu


  • Pertama sekali pergi ke Unity Dash, lalu cari Software & Updates lewat kolom pencarian.
mematikan update otomatis ubuntu

  • Jika ditemukan, langsung saja klik Software & Updates tersebut.
  • Selanjutnya kita beralih ke tab Updates. Pada bagian When there are security updates, ubah menjadi Display immediately, selengkapnya lihat gambar di bawah ini.
mematikan update otomatis ubuntu

  • Kemudian kita akan diminta untuk menginputkan password, lalu klik Ok.
  • Terakhir, silakan klik tombol Close untuk keluar dari jendela.

Sampai di sini update otomatis pada Ubuntu telah berhasil dimatikan. Namun penting untuk diketahui setelah menerapkan settingan di atas, Ubuntu akan tetap melakukan pengecekan versi terbaru setiap harinya, namun tidak untuk mendownload update.

Jika ditemukan update terbaru, maka akan tampil sebuah pop-up yang menyarankan kita untuk melakukan update lengkap dengan rinciannya serta seberapa besar ukuran file yang akan diunduh. Kita tinggal pilih saja antara melakakukan update sekarang juga atau lain kali.

mematikan update otomatis ubuntu

Demikian tutorial tentang cara mematikan update otomatis di Ubuntu yang bisa kamu terapkan. Oh ya, tutorial di atas admin lakukan pada Ubuntu 16.04 dengan DE Unity. Jika kamu menggunakan Kubuntu, Xubuntu atau Lubuntu, kamu tinggal menyesuaikan langkah-langkahnya saja.

Baca juga: Cara Melakukan Update System dan Aplikasi Lewat Terminal di Ubuntu
Author Profile

About Firdaus

0 Komentar Cara Mematikan Update Otomatis di Ubuntu Linux

Post a Comment

Back To Top