August 12, 2017

Cara Mengatasi Waktu Yang Tidak Sama Setelah Dual Boot Ubuntu dan Windows

Melakukan instalasi dual boot Ubuntu dan Windows merupakan pilihan yang tepat bagi yang ingin migrasi dari Windows ke Linux. Keuntungannya adalah kita masih bisa menggunakan Windows selama proses migrasi. Namun terkadang ada saja masalah yang muncul selama kita menggunakan dual OS tersebut.

Salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah waktu yang tidak sinkron setelah melakukan instalasi. Artinya, jam di Windows tidak sama dengan jam yang ada di Ubuntu. Bahkan perbedaan waktunya sangatlah jauh. Misalnya di Windows saat ini sedang menujukkan pukul 07.00, sedangkan di Ubuntu sendiri pukul 12.00.

Kenapa waktunya bisa berbeda? Ternyata penyebabnya adalah perbedaan sistem waktu yang digunakan oleh masing-masing OS. Di Linux kita menggunakan sistem area waktu UTC/GMC, sedangkan Windows sendiri menyesuaikan waktu yang ada di BIOS.

Masalah ini masih bisa diatasi ketika komputer kita sedang dalam keadaan online. Namun tidak jika komputer dalam keadaan offline. Nah jika kamu mengalami hal serupa, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah malakukan pengaturan Resgistry di Windows agar waktunya bisa sinkron dengan Linux. Berikut langkah-langkahnya.

Mengatasi Waktu Yang Tidak Sinkron Setelah Dual Boot Ubuntu dan Windows


Pada contoh kasus ini admin menggunakan Windows 7, untuk Windows 8 atau 10 caranya kurang lebih sama.

1. Pertama sekali kita masuk ke Registry Editor, caranya tekan tombol Windows+R, ketikkan regedit lalu tekan Ok.
waktu tidak sama antara dual boot ubuntu dan windows

2. Selanjutnya kita masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation. Lebih jelasnya lagi lihat gambar di bawah ini.

waktu tidak sama antara dual boot ubuntu dan windows

3. Pada bagian kanan, silakan klik kanan pada area yang kosong, pilih New -> DWORD (32-bit) Value.

waktu tidak sama antara dual boot ubuntu dan windows

4. Lalu beri nama RealTimeIsUniversal.

waktu tidak sama antara dual boot ubuntu dan windows

5. Double klik pada parameter yang kita buat tadi, lalu pada bagian Value data inputkan nilai 1.

waktu tidak sama antara dual boot ubuntu dan windows

Sampai di sini Windows akan menggunakan sistem waktu di BIOS dan UTC secara otomatis. Jadi, tidak akan ada lagi perbedaan waktu antara Windows dan Linux seperti sebelumnya.

Nah itu dia tutorial tentang cara mengatasi waktu yang tidak sinkron antara Ubuntu Linux dan Windows setelah instalasi dual boot. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis komentar mu di bawah ini, semoga bermanfaat.
Author Profile

About Firdaus

0 Komentar Cara Mengatasi Waktu Yang Tidak Sama Setelah Dual Boot Ubuntu dan Windows

Post a Comment

Back To Top