August 8, 2017

Cara Update System dan Update Aplikasi di Ubuntu Desktop/Server

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan salah satu langkah penting yang harus dilakukan setelah install Ubuntu, yakni cara update system dan update aplikasi di Ubuntu. Update sistem yang dimaksud bukanlah update sistem operasi secara keseluruhan, melainkan hanya update inti sistem (kernel) serta seluruh aplikasi yang terinstall.

Perlu diketahui bahwa update sistem dan aplikasi sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan setiap sistem atau program yang dibuat tidak 100% sempurna. Setiap ada celah keamanan (bug) yang ditemukan, maka pihak pengembang harus segera memperbaikinya. Jika tidak, celah keamanan tersebut bisa saja disusupi atau dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Update sistem dan aplikasi tersebut tidak hanya bertujuan untuk menambal celah atau kelemahan sistem saja, namun juga untuk penambahan fitur baru pada sistem atau aplikasi terinstall. Buat kamu yang menggunakan Ubuntu versi desktop maupun versi servernya, kamu bisa melakukan update system dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Langkah-langkah Melakukan Update Sistem dan Update Aplikasi di Ubuntu


1. Update Ubuntu Lewat Terminal


Cara pertama yang akan admin bahas adalah melakukan update Linux Ubuntu via terminal. Cara ini bisa kamu terapkan pada Ubuntu versi desktop maupun versi server. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama sekali pastikan dulu komputer atau laptop kamu sudah terhubung ke internet. Setelah itu buka terminal dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+T secara bersamaan. Lalu ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

sudo apt-get update

Perintah di atas bertujuan untuk memverifikasi sumber repository yang akan kita pakai, apakah repository tersebut masih dapat digunakan atau tidak. Jika masih bisa digunakan, maka di terminal akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Langkah selanjutnya adalah melakukan update atau upgrade seluruh aplikasi yang terinstall di sistem Ubuntu. Jalankan perintah terminal di bawah ini:

sudo apt-get upgrade

Perintah tersebut bertujuan untuk mengecek apakah ada pembaruan paket aplikasi atau tidak. Jika aplikasi yang terinstall di sistem Ubuntu kamu belum up-to-date atau ada pembaruan yang tersedia, maka tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Untuk itu kamu perlu melakukan pembaruan pada seluruh aplikasi yang terinstall. Caranya tekan tombol Y lalu tekan tombol Enter untuk menjalankan pembaruan. Silakan ditunggu sampai proses download dan upgrade selesai.

Namun jika semua aplikasi yang terinstal ternyata sudah up-to-date atau tidak ada pembaruan yang tersedia, maka kurang lebih hasilnya adalah sebagai berikut.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Selain update aplikasi, kita juga perlu melakukan upgrade system inti (kernel) jika memang sudah tersedia. Fungsinya tidak lain adalah untuk menambal atau memperbaiki celah-celah yang ditemukan pada sistem inti dari Ubuntu itu sendiri. Caranya cukup mudah, ketikkan perintah di bawah ini di terminal:

sudo apt-get dist-upgrade

Jika sistem Ubuntu kamu belum menggunakan versi terbaru, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Untuk itu kita harus segera malakukan pembaruan pada kernel agar sistem inti Ubuntu selalu up-to-date dan aman. Caranya tekan tombol Y dan Enter untuk melanjutkan proses download dan upgrade kernel. Jika sistem inti Ubuntu kamu sudah menggunakan versi terbaru, hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut ini.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Membuang kernel lama
Setelah berhasil melakukan upgrade kernel di Ubuntu, maka kernel lama akan tetap tersimpan di dalam sistem. Demi menghemat penyimpanan, kita perlu membuang kernel lama tersebut dengan mengetikkan perintah di bawah ini:

sudo apt-get autoremove

Jika ada kernel yang memang harus dibuang, maka akan terlihat seperti di bawah ini.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Di sana dituliskan bahwa jika kernel lama dihapus, maka akan membebaskan sekitar 45,9 MB ruang hardisk. Tekan tombol Y dan Enter untuk melanjutkan.

Jika kita tidak membuang kernel lama dari dalam sistem, maka tidak akan berefek apapun. Namun tentu saja akan membuat kapasitas penyimpanan kita akan semakin sempit.

2. Update Ubuntu Lewat Software Updater


Selain mengetikkan perintah langsung via terminal, ternyata ada cara lain untuk melakukan update system dan aplikasi Ubuntu dengan mudah, yakni lewat fasilitas Software Updater yang bisa dilakukan pada Ubuntu versi desktop. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Pergi ke Ubuntu Dash, lalu ketikkan Software Updater.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Jika pembaruan aplikasi dan sistem Ubuntu tersedia, maka akan muncul sebuah pop-up. Di situ dituliskan bahwa ada sekitar 339,6 MB yang akan diunduh, klik Install Now untuk melanjutkan proses download dan upgrade.

cara update sistem dan aplikasi ubuntu

Tunggu hingga proses pembaruan selesai. Jika sudah, silakan restart komputermu jika dimintai untuk me-restart. Sampai di sini semua aplikasi terinstall dan system inti Ubuntu telah berhasil diperbarui.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Silakan kamu lakukan update Ubuntu secara berkala. Ini sangat penting dilakukan karena alasan keamanan. Selain untuk menambal celah (bug), update tersebut juga berguna untuk meningkatkan versi aplikasi serta penambahan fitur baru.

Baca juga: Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Install Ubuntu
Author Profile

About Firdaus

0 Komentar Cara Update System dan Update Aplikasi di Ubuntu Desktop/Server

Post a Comment

Back To Top