10 Emulator Android Untuk PC Terbaik Yang Ringan dan Lancar

Emulator Android adalah software yang memungkinkan kita untuk menjalankan sistem operasi android pada komputer atau laptop. Dengan emulator kita bisa menikmati dan menjalankan aplikasi atau game android di komputer layaknya smartphone android sungguhan.

Namun yang masih menjadi kendala bagi sebagian orang adalah spesifikasi komputer yang rendah, sehingga masih terjadi lag pada saat bermain game android. Karena memang untuk bisa menjalankan emulator android tersebut dengan lancar kita membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Nah, buat kamu yang memiliki komputer dengan spesifikasi yang rendah, pada artikel kali ini Konyoha akan share kumpulan emulator android terbaik yang ringan dan lancar yang cocok untuk RAM 2GB. Apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

Kumpulan Emulator Android Untuk PC Terbaik Yang Ringan dan Lancar

 

1. Nox App Player

Emulator android yang ringan dan cocok untuk komputer spek rendah yang pertama adalah Nox App Player. Berdasarkan pengalaman admin pada saat pertama kali mencoba emulator ini, tampilan antarmukanya sangat bagus dan enak dipandang. Dan yang terpenting adalah walaupun tampilannya sangat modern, tetapi emulator ini sangat ringan dan lancar dalam menjalankan aplikasi maupun bermain game.

Selain gratis, yang paling menarik dari Nox App Player ini adalah fiturnya yang melimpah, salah satunya yaitu kita bisa mengontrol game menggunakan mouse dan keyboard, bahkan bisa juga menggunakan joystick. Sehingga bermain game FPS menjadi lebih seru. Selain itu kita juga bisa melakukan kostumisasi tombol keyboard sesuai dengan game yang kita mainkan. Dengan Nox App Player kita bisa menjalankan OS Android root maupun yang tanpa root, keren kan?.

Nox App Player juga bisa lho disambungkan dengan Android Studio, jadi buat developer yang ingin menguji aplikasi buatannya bisa dijalankan dengan emulator ini.

2. KoPlayer

Emulator android terbaik dan gratis berikutnya adalah KoPlayer. Emulator ini merupakan salah satu pemain baru dalam dunia emulator android. Meskipun masih baru, tapi jangan remehkan fitur yang ditawarkannya. Emulator ini juga cocok untuk kamu yang hobi bermain game android, karena juga sudah disediakan fitur keymapping yang memungkinkan kita untuk merubah fungsi keyboard menjadi controller game. Karena masih baru, kemungkinan kita masih menemukan beberapa bug pada saat menggunakannya.

3. MEmu

MEmu adalah salah satu emulator android terbaik dan ringan yang wajib untuk kamu coba. Ketika admin mencoba menjalankan emulator ini, proses booting-nya sangat cepat dibandingkan emulator lainnya. MEmu juga sangat cocok buat kamu yang ingin bermain game android di PC tanpa lag, meski RAM yang digunakan hanya 2GB. Berbagai fitur menarik juga dibenamkan, seperti keymapping untuk merubah mouse dan keyboard menjadi kontroler sehingga bermain game semakin menyenangkan.

Fitur keren lainnya adalah kita bisa memilih menggunakan android root, maupun tanpa root. Selain itu kita juga bisa merekam layar pada saat bermain game, jadi tidak perlu lagi aplikasi tambahan untuk merekam layar android. Semua fitur keren tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis.

Baca: Cara Install MEmu Play di PC, Emulator Android Paling Ringan Saat Ini

4. Andy

Mirip dengan beberapa emulator yang sudah kita bahas sebelumnya, Andy juga termasuk salah satu emulator gratis yang cocok untuk kamu para gamer android. Dengan antarmuka yang mudah dan enak dipandang, Andy juga menyediakan beberapa fitur melimpah. Bahkan kita juga bisa memilih ingin menggunakan akses root atau tidak.

5. Bluestacks

Bluestacks juga termasuk ke dalam kategori emulator android terbaik yang bisa kamu coba. Emulator ini juga sudah cukup lama dan tentunya sudah banyak sekali perubahan yang dilakukan. Berbeda dengan awal-awal munculnya emulator ini, Bluestacks sangatlah berat dan sering mengalami lag.

Namun sejak beberapa tahun kemunculannya hingga saat ini, Bluestacks membawa banyak perubahan, mulai dari fitur yang semakin keren, sampai dengan performa yang stabil dan ringan. Untuk para developer yang ingin menguji aplikasinya juga bisa menggunakan emulator ini.

6. Genymotion

Genymotion adalah salah satu emulator terbaik yang juga sangat ringan untuk PC yang memiliki spesifikasi rendah. Selain digunakan untuk menjalankan aplikasi dan game android, Genymotion juga bisa dikaitkan dengan Android Studio untuk mempermudah developer menguji aplikasi buatannya. Saat ini Genymotion bisa menjalankan emulator smartphone seperti Nexus One dengan versi android 4.2 atau Nexus 6 dengan versi android 6.0.

7. AMIDuOS

AMIDuOS merupakan emulator yang dapat bekerja dengan baik untuk segala kebutuhan, mulai dari bermain game, aplikasi, dan juga kebutuhan developer. Untuk versi gratisnya kita bisa menikimatinya selama 30 hari. Setelah itu akan ada dua pilihan, yakni android versi Jelly Bean seharga $10 atau android Lollipop seharga $15.

8. YouWave

YouWave merupakan salah satu emulator android tertua yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia emulator android. YouWave juga sangat ringan dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti menjalankan aplikasi dan game. Untuk bisa menggunakan emulator ini kita bisa memilih versi gratis atau berbayar. Untuk versi gratisnya kita hanya mendapatkan android versi Ice Cream Sandwich, sementara itu untuk versi Lollipop kita harus membayar $29.99 (sekitar Rp 400 ribuan).

9. Windroy

Sama halnya dengan YouWave, Windroy juga termasuk salah satu emulator android tertua. Untuk tampilannya juga sangat sederhana dan proses instalasi yang sangat mudah. Windroy sangat cocok buat kamu yang memiliki PC spesifikasi jadul karena sangat ringan. Yang paling penting, kamu bisa menggunakan emulator ini secara gratis.

10. Manymo

Manymo merupakan salah satu emulator android yang cukup unik dan berbeda dari yang lainnya. Jika biasanya kita harus mendownload dan meng-intsall software-nya, namun emulator Manymo tidak perlu di-install. Kita bisa langsung menjalankannya secara online. Tetapi sayangnya, kita harus membayar cukup mahal untuk bisa menggunakan emulator yang satu ini.

Itulah beberapa rekomendasi emulator android terbaik yang ringan dan lancar untuk komputer low spek yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua. Jika kamu mempunyai rekomendasi emulator ringan lainnya, jangan lupa tulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *