5 Aplikasi Android Belajar Coding (HTML, CSS, JavaScript, PHP) Terbaik 2018

Aplikasi android untuk belajar coding Terbaik – Saat ini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari untuk menjadi seorang programmer. Mulai dari pemrograman desktop, web, mobile, dan lain-lain. Bahkan seiring perkembangan jaman, banyak bahasa pemrograman baru yang bermunculan.

Namun kali ini kita fokus membahas tentang web programming saja. Untuk menjadi seorang web developer, minimal kita harus menguasai bahasa HTML yang merupakan kerangka web, CSS untuk desain tampilan web, JavaScript untuk membuat web dinamis, setelah itu lanjut ke bahasa pemrograman web murni PHP dan lain-lain.

Beruntung saat ini banyak aplikasi android untuk belajar coding yang bisa kita gunakan secara gratis. Sehingga belajar bahasa pemrograman bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tak peduli apakah kamu seorang programmer mahir atau pemula, karena materi pembahasannya cukup lengkap, kamu akan dilatih mulai dari dasar hingga mahir.

Penasaran bagaimana rasanya belajar bahasa pemrograman di hp android? Silakan dicoba beberapa aplikasi terbaik yang sudah Konyoha rangkum berikut ini.

Kumpulan Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Pemrograman Web

 

1. SoloLearn

aplikasi android belajar coding 1

Aplikasi android untuk belajar coding yang pertama adalah SoloLearn. Aplikasi ini menyajikan materi pelajaran yang interaktif dan memiliki tingkatan dimulai dari konsep dasar hingga tingkatan yang lebih sulit.

Di sini kita bisa langsung mempraktekkan materi pelajaran pada text editor yang dilengkapi dengan syntax highlighting keren, sehingga menulis kode semakin menyenangkan. Tidak hanya menulis kode saja, kita bisa langsung meng-compile, menjalankan program dan melihat langsung hasil output-nya.

Selain menyediakan bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, aplikasi SoloLearn juga menyediakan bahasa pemrograman terkenal lainnya, beberapa di antaranya: C ++, C #, Java, SQL, Ruby, JQuery, Python 3 dan Swift.

Yang menarik dari aplikasi SoloLearn adalah kita bisa berdiskusi secara langsung dengan komunitas programmer di seluruh dunia. Mereka dengan senang hati membantu dan menjawab pertanyaan jika ada materi yang tidak dipahami.

2. Programming Hub, Learn to code

aplikasi android belajar coding 2

Programming Hub hadir dengan tampilan antarmuka pengguna sederhana dan bersih. Di balik kesederhanaannya itu, terdapat materi kursus pemrograman yang lengkap. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 1800 contoh program untuk melatih kemampuan kamu dalam menciptakan program.

Adapun bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di sini antara lain: HTML, CSS, JavaScript, SQL, VB.net, C, C #, C ++, Java, Python 3, Linux Shell Scripting, R Programming, Swift, Jquery dan Majelis 8086.

Kamu dapat menulis kode program secara langsung lewat text editor dan menjalankannya secara offline (untuk HTML, CSS dan JavaScript), sedangkan bahasa pemrograman lainnya memerlukan koneksi internet untuk online compiler.

3. AWD – PHP/HTML/CSS/JS IDE

aplikasi android belajar coding 3

AWD adalah singkatan dari Android Web Developer, yang merupakan sebuah IDE untuk pengembangan web lewat smartphone android. Aplikasi ini sangat powerful karena tersedia fasilitas lengkap untuk kebutuhan pengembangan aplikasi web yang terintegrasi dengan web server.

AWD mendukung semua bahasa web utama seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Menulis kode akan semakin mudah dan menyenangkan karena AWD memiliki fitur yang benar-benar komplit seperti IDE di komputer desktop pada umumnya.

Selain itu, tersedia juga fasilitas pengelolaan proyek jarak jauh menggunakan FTP,FTPS, SFTP, WebDAV dan lain-lain, serta dapat pula terintegrasi dengan Git.

4. Dcoder

aplikasi android belajar coding 4

Satu lagi aplikasi IDE untuk android yang cukup powerful yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa pemrograman, khususnya web programming. Dcoder menyediakan text editor yang dilengkapi dengan fitur lengkap, antara lain: syntax highlighter, debug kode, melihat hasil kompilasi dan kesalahan secara real-time, auto indent, auto complete, dsb.

Adapun bahasa pemrograman yang disediakan antara lain: HTML, CSS, JavaScript, PHP, C, C #, C ++, Objective-C, Java, Python, Ruby, Lua, JS/NodeJS, Go, VB.net, F #, R, Scala, Perl, Pascal, Swift, Tcl, Prolog, assembely, Haskell, Clojure, Kotlin, Groovy, Skema, Rust, Bf.

Fitur lainnya yang menarik adalah terapat pula fasilitas belajar algoritma yang akan membantu pemula untuk memecahkan masalah dalam pengembangan program.

5. Learn Programming

aplikasi android belajar coding 5

Aplikasi android untuk belajar coding yang terakhir adalah Learn Programming. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 70 bahasa pemrograman lengkap mulai dari bahasa tingkat rendah sampai bahasa tingkat tinggi.

Kamu akan dimanjakan dengan tampilan yang indah dan kemudahan dalam menulis kode. Selain itu ada pula fitur kuis dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guna melatih pemahaman kamu selama proses belajar.

Akhir kata
Itulah kumpulan aplikasi belajar coding terbaik untuk android yang bisa kamu gunakan secara gratis. Jika kamu baru mengenal dan memulai belajar bahasa pemrograman dari nol, admin sarankan untuk menggunakan aplikasi LearnSolo atau Programming Hub.

Namun jika kamu membutuhkan aplikasi IDE untuk android, kamu bisa memilih AWD atau Dcoder yang memiliki fitur lengkap dalam urusan pengembangan aplikasi web yang komplit. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga bagikan ke sosial media kamu lewat tombol share di bawah ini.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *