10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik dan Ringan 2018

Google selaku pengembang sistem operasi android mengklaim bahwa tidak ada gunanya memasang aplikasi antivirus di perangkat android. Hal itu disampaikan karena android sendiri memiliki sistem keamanan yang sangat tinggi dan selalu ditingkatkan pada setiap versi terbarunya.

Namun baru-baru ini Google menyampaikan bahwa dukungan keamanan saat ini hanya tersedia pada versi Android Kitkat ke atas saja. Jadi, untuk Android versi JellyBean ke bawah sudah tidak mendapatkan dukungan keamanan lagi dari Google. Ini artinya, smartphone android versi JellyBean ke bawah akan rentan terserang virus atau malware berbahaya.

Akan tetapi kamu jangan bersedih dulu jika hp android mu masih menjalankan OS Android JellyBean ke bawah, bukan berarti ponsel kamu sudah tidak aman lagi karena kita masih bisa mencegah serangan virus menggunakan aplikasi antivirus android terbaik dan ringan berikut ini. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah lapisan keamanan android walaupun kamu menggunakan OS Android versi terbaru. Apa saja aplikasinya? Berikut sudah Konyoha rangkum pada ulasan di bawah ini.

Daftar Aplikasi Antivirus Terbaik di Android

 

1. AVG Antivirus Security

aplikasi antivirus android terbaik

Sebagai pemain lama yang sudah berkecimpung di dunia per-antivirus-an, ketangguhan AVG dalam membasmi berbagai jenis virus sudah tidak diragukan lagi. Aplikasi antivirus yang sangat terkenal pada perangkat PC ini sekarang hadir untuk perangkat Android.

AVG memberikan dua opsi unduhan, yakni versi gratis dan versi Pro. Untuk versi Pro kamu cukup membayar perbulan atau pertahun dan tentunya dilengkapi dengan fitur tambahan yang lebih lengkap. Namun kamu tidak perlu khawatir karena versi gratisnya sudah dilengkapi dengan pengamanan dasar. Dengan menggunakan AVG, smartphone android kamu akan terlindungi dari serangan malware, spyware dan berbagai jenis virus berbahaya lainnya.

Fitur:

  • Melindungi android secara real-time, scan aplikasi dan game.
  • Menonaktifkan aplikasi yang membuat smartphone lemot.
  • Melacak lokasi android untuk kasus pencurian.
  • Melakukan scanning pada jaringan WiFi agar terhindar dari ancaman.
  • Mengunci aplikasi, dan masih banyak lagi.

Download

2. 360 Security – Antivirus Boost

aplikasi antivirus android terbaik

Aplikasi antivirus terbaik android berikutnya adalah 360 Security besutan developer Qihoo 360 Software. Aplikasi ini juga terbilang ampuh untuk melindungi perangkat android dari serangan virus, membersihkan junk, serta adanya fitur Privacy Advisor dan System Optimizer.

Apliaksi ini juga sangat ampuh untuk membersihkan file-file sampah sisa aplikasi yang sudah di-uninstall sebelumnya. Kerennya lagi, aplikasi 360 Security ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

Download

3. CM Security Master Antivirus

aplikasi antivirus android terbaik

Sudah tidak diragukan lagi bahwa semua software besutan Cheetah Mobile memiliki keunggulan dan fitur yang sangat lengkap. Salah satu software terbaik yang dibuat oleh Cheetah Mobile adalah CM Security Master Antivirus yang memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya.

Aplikasi ini menawarkan kecepatan, ramah RAM, dan hemat ruang penyimpanan karena ukurannya yang relatif kecil. Tidak lupa juga dengan fitur keamanan canggih yang ditawarkannya. CM Security memberikan perlindungan secara realtime dan dilengkapi juga dengan fitur scan file-file sampah yang tersisa. Kamu tidak perlu membayar untuk menikmati semua fiturnya karena aplikasi ini benar-benar gratis.

Fitur:

  • Melindungi dari serangan virus, malware dan trojan secara real-time.
  • Membersihkan file sampah dan meningkatkan kinerja android.
  • AppLock yang dilengkapi dengan fitur pengambilan gambar (foto) seseorang yang mencoba membuka android kamu.
  • SafeConnect VPN.

Download

4. Avira Antivirus Security

aplikasi antivirus android terbaik

Antivirus yang memiliki logo payung ini sudah sangat terkenal di perangkat komputer desktop. Kabar baiknya, kini Avira juga hadir untuk perangkat android. Avira memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari perlindungan terhadap virus, malware, spyware, trojan yang selalu up-to-date.

Avira juga menyediakan dua opsi unduhan, yakni versi gratis dan versi Pro. Untuk versi gratisnya kamu akan mendapat bonus trial selama 30 hari untuk menikmati semua fitur yang ada pada versi Pro. Namun untuk perlindungan dasar, admin rasa menggunakan versi gratisnya saja sudah cukup.

Fitur:

  • Proteksi dari virus, malware, spyware, torjan yang selalu up-to-date.
  • Melacak dan menemukan hp android ketika dicuri via GPS
  • Perlindungan privasi untuk foto, chatting, email, dan dilengkapi dengan AppLock.
  • Perlindungan pada saat berselancar di internet dan terhindar dari situs Phishing.

Download

5. Bit Defender Antivirus

aplikasi antivirus android terbaik

Aplikasi antivirus terbaik di android berikutnya adalah Bit Defender Antivirus. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang gak mau ribet. Karena cara kerja aplikasi ini sangatlah simple, kamu cukup menginstall, melakukan scanning, dan biarkan aplikasi ini melindungi smartphone kamu secara realtime.

Selain versi gratisnya, Bit Devender Antivirus juga tersedia dalam versi berbayar dan tentunya dengan fitur tambahan yang lebih lengkap. Kamu cukup membayar $ 15 saja untuk penggunaan selama satu tahun.

Download

6. Avast! Mobile Security

aplikasi antivirus android terbaik

Avast! Mobile Security merupakan salah satu pilihan terbaik jika kamu menginginkan aplikasi antivirus berbayar. Sebagai brand yang cukup terkenal dan sudah lama berkecimpung di dunia per-antivirus-an pada perangkat komputer desktop, ketangguhan aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi.

Avast! Mobile Security menawarkan fitur yang sangat berlimpah seperti Virus Scanner, Privacy Advisor, SMS and Call Filter, Firewall, dan masih banyak lagi fitur canggihnya yang tidak kamu temui di aplikasi antivirus lainnya. Bahkan Avast! Juga menyediakan fitur GPS Tracking, Remote Lock dan Sirene untuk kasus pencurian yang menimpa smartphone kamu.

Baca juga: Cara Melacak HP Android Yang Hilang Lewat Komputer

Download

7. Kaspersky Antivirus & Security

aplikasi antivirus android terbaik

Aplikasi antivirus terbaik android berikutnya adalah Kaspersky Antivirus & Security besutan Kaspersky Lab asal rusia yang merupakan perusahaan Cyber Security terkemuka di dunia. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat berlimpah dan juga Ramah RAM dan hemat baterai, sehingga lebih ringan.

Kaspersky juga menyediakan versi gratis dan versi Pro, kamu cukup membayar sekitar 50 ribuan saja pertahun yang tentunya dilengkapi dengan fitur yang lebih komplit. Namun dengan versi gratis saja sudah cukup untuk perlindungan dasar, dan kamu juga akan mendapatkan free trial semua fitur Pro selama 30 hari.

Fitur:

  • Perlindungan secara real-time dan memindai segala jenis virus, malware, spyware dan trojan berbahaya.
  • Perlindungan privasi seperti: block SMS dan panggilan dari kontak tertentu.
  • Memberikan keamanan dari situs terinfeksi, jebakan Phising saat berselancar di web.
  • Fitur anti maling yang mampu melacak hp android yang dicuri via GPS, memotret wajah pencuri, alarm, sirine, dan masih banyak lagi.

Download

8. Norton Security and Antivirus

aplikasi antivirus android terbaik

Norton Antivirus juga cukup terkenal di kalangan pengguna komputer desktop. Aplikasi yang dibesut oleh NortonMobile ini menawarkan perlindungan all-in-one dari serangan virus, malware, spyware, trojan berbahaya dengan fitur keamanan yang lengkap.

Kamu bisa memilih versi gratis atau versi berbayar dengan fitur yang lebih komplit. Untuk versi gratisnya pengguna akan mendapatkan percobaan selama 30 hari. Jika free trial sudah habis, pengguna akan tetap mendapatkan perlindungan, namun dengan fitur yang dibatasi.

Fitur:

  • Perlindungan antivirus, anti malware, spyware dan jenis software perusak lainnya.
  • Mencegah situs web penipuan untuk mengakses informasi pribadi.
  • Melacak perangkat yang hilang dari jarak jauh, alaram, serta dapat mengunci perangkat melalui SMS. Bahkan bisa mengunci perangkat seketika jika kartu SIM dicabut.
  • Sinkronisasi kontak.
  • Memblokir SMS dan panggilan yang tidak diinginkan.

Download

9. ESET Mobile Security & Antivirus

aplikasi antivirus android terbaik

Aplikasi Mobile Security & Antivirus yang dikembangkan oleh ESET juga sudah cukup terkenal di kalangan pengguna Windows. Jaminan keamanan serupa juga hadir pada perangkat android dengan fitur yang sangat lengkap.

ESET juga menawarkan dua versi, yaitu free dan premium. Keuntungan membeli versi premium adalah kamu akan mendapatkan semua fitur canggih berikut ini.Sedangkan untuk versi gratisnya pengguna akan mendapatkan proteksi dasar dan masa percobaan 30 hari untuk semua fitur premium.

Fitur:

  • Perlindungan dari serangan virus berbahaya serta scanning setiap aplikasi atau file yang didownload.
  • Anti-theft: Melacak lokasi ponsel yang hilang/dicuri, menyalakan sirine, mengunci ponsel dari jarak jauh.
  • Memblokir SMS/MMS/panggilan yang tidak diinginkan.
  • App Permissions: Mengizinkan akses tertentu untuk setiap aplikasi.

Download

10. McAfee Mobile Security

aplikasi antivirus android terbaik

McAfee juga merupakan pemain lama dalam dunia per-antivirus-an komputer desktop, dan yang pastinya keamanan yang ditawarkan sudah tidak diragukan lagi. McAfee merupakan salah satu antivirus android terbaik yang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan.

McAfee juga menyediakan segudang fitur canggih dan keamanan yang mumpuni untuk perangkat android. Kamu bisa memilih apakah menggunakan versi gratis atau premium dan tentunya dengan segala kelebihan yang ditawarkan.

Fitur:

  • Perlindungan secara real-time terhadap serangan virus, malware, ransomware, spyware, dan trojan berbahaya.
  • Anti maling: Mampu melacak lokasi perangkat via GPS, mengunci perangkat, memotret wajah pencuri dengan kamera depan dan mengirimnya ke email.
  • Fitur mencegah si pencuri untuk menghapus instalasi McAfee dari perangkat.
  • Perlindungan privasi seperti: AppLock, memblokir SMS dan panggilan dari nomor tertentu.
  • Pembersih RAM, battery optimizer, dan lacak penggunaan data.
  • Melakukan scanning terhadap jaringan WiFi yang tidak aman, serta melindungi pengguna saat menjelajah di web.

Download

Nah, itu dia daftar aplikasi antivirus android terbaik dan ringan yang bisa kamu coba. Penggunaan antivirus sangat disarankan agar lapisan keamanan hp android kamu semakin kuat. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa tulliskan pendapatmu pada komentar yang di sediakan di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Baca juga: Cara Mengamankan Android Yang Sudah di Root

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *