11 Aplikasi Catatan Keuangan Harian dan Usaha di Android

Salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari adalah pengelolaan keuangan pribadi. Kita harus tahu dari mana uang berasal dan ke mana saja uang tersebut dibelanjakan. Jika tidak, kita bisa saja mengalami masalah finansial setiap bulannya.

Loading...

Maka dari itu, mengatur keuangan pribadi merupakan hal yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang. Jangan sampai pengeluaranmu lebih besar dari pada pendapatan. Terlebih jika kamu seorang pelaku usaha UMKM, tentu kamu harus mengetahui secara rinci terkait penjualan.

Beruntung saat ini tersedia beragam aplikasi catatan keuangan harian yang bisa kamu gunakan di ponsel Android. Tak perlu repot-repot menghitung secara manual, tak perlu menggunakan rumus excel yang rumit, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa jasa akuntan pribadi, karena semua itu akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi.

Aplikasi Catatan Keuangan Harian dan Usaha Terbaik di Android

Nah, bagi kamu yang sedang mencari aplikasi apa saja yang cocok untuk kebutuhanmu, berikut aplikasi catatan keuangan harian terbaik yang bisa kamu coba:

1. Money Lover

Money Lover

Money Lover adalah aplikasi pengatur keuangan yang kaya akan fitur canggih. Salah satu yang admin sukai dari aplikasi ini adalah multi platform, selain mengelola keuangan melalui aplikasi, tersedia juga versi web untuk komputer desktop yang otomatis ter-sinkronisasi. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang sehari-hari bekerja menggunakan PC. Versi web Money Lover: web.moneylover.me

Selain itu, yang tak kalah penting adalah fitur cadangkan data secara otomatis ke penyimpanan awan. Setiap kali kamu menginput data, maka data tersebut akan tersinkron secara otomatis dan dapat diakses kapan pun dan di perangkat mana pun.

Menariknya lagi kamu bisa mengelola anggaran bulanan, pengingat utang piutang, mengelola beberapa dompet dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk versi premium antara lain: mengelola kartu kredit/debit, ekspor transaksi ke e-invoice yang dapat dicetak, ekspor ke excel, dan lainnya.

InformasiMoney Lover
DeveloperFinsify
HargaGratis
Ukuran23 MB
DownloadPlay Store

2. 1Money

1Money

Berikutnya ada aplikasi 1Money yang memiliki tampilan dan fitur yang tak kalah keren dari aplikasi sebelumnya. Selain meyajikan data dengan grafik yang informatif, 1Money juga menyediakan fitur sinkronisasi data berbasis cloud, sehingga kamu bisa melacak keuangan melalui perangkat mana pun.

Lihat juga: 10 Aplikasi Catatan (Note) Terbaik di Android

Menariknya lagi, buat kamu yang sering bertransaksi menggunakan mata uang asing, tersedia fitur nilai tukar mata uang yang diperbarui secara otomatis untuk informasi keuangan terkini. Selain itu, tersedia juga pilihan warna tema yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Informasi1Money
DeveloperPixelRush
HargaGratis
Ukuran13 MB
DownloadPlay Store

3. Spendee

Spendee

Spendee adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik yang patut untuk kamu pertimbangkan. Pasalnya, selain memudahkan kamu mengelola transaksi melalui smartphone, Spendee juga bisa diakses di komputer melalui aplikasi berbasis web, sehingga sangat berguna bagi kamu yang sehari-hari bekerja menggunakan PC atau laptop. Versi web Spendee: app.spendee.com

Yang terbaik dari Spendee, kamu bisa menautkan akun bank dengan aman dan melacak semua transaksi. Semua transaksi dan laporan keuanganmu disajikan dengan infografis yang indah dan mudah dipahami.

InformasiSpendee
DeveloperSPENDEE a.s.
HargaGratis
Ukuran25 MB
DownloadPlay Store

4. Wallet

Wallet

Jika kamu menginginkan aplikasi catatan keuangan yang simple dan fleksibel namun tetap memiliki banyak fitur, maka Wallet adalah pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa mengatur keuangan dan melacak pengeluaran melalui laporan dengan analisis yang mendalam.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa terhubung dengan akun bank kamu secara aman, sehingga semua transaksi perbankan bisa dilacak dengan mudah. Selain itu, mereka juga menyediakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses melalui web browser di PC atau laptop. Wallet versi web: web.budgetbakers.com

InformasiWallet
DeveloperBudgetBakers.com
HargaGratis
Ukuran34 MB
DownloadPlay Store

5. Catatan Keuangan

Catatan Keuangan

Berikutnya ada aplikasi Catatan Keuangan yang memiliki fitur sederhana, tampilan yang simpel dan ringan, namun tetap mengutamakan keindahan. Sehingga sangat cocok buat kamu yang fokus pada laporan keuangan harian saja.

Yang menarik, adanya fitur untuk masuk aplikasi menggunakan PIN sehingga lebih aman. Demi menjaga datamu agar tidak hilang, tersedia fitur backup, restore dan reset data. Selain itu yang tak kalah penting adalah fitur Export laporan berupa file PDF, Excel, dan CSV.

InformasiCatatan Keuangan
DeveloperChad Verbruggen
HargaGratis
Ukuran5.8 MB
DownloadPlay Store

6. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana, ringan, namun tetap mempertahankan fitur penting yang kamu butuhkan. Di sini kamu bisa menambahkan transaksi baik itu pemasukan maupun pengeluaran harian. Yang terpenting, adanya laporan keuangan harian, mingguan, dan bulanan yang mempermudah kamu untuk melacak pemasukan dan pengeluaran.

Lihat juga: 5 Aplikasi Konversi Satuan (Unit Converter) Terbaik di Android

Untuk mengamankan data, kamu bisa mengatur PIN untuk masuk ke aplikasi. Yang tak kalah penting, kamu bisa export laporan ke Excel hanya dengan beberapa klik saja. Bosan dengan tema yang itu-itu saja? tenang, tersedia 8 pilihan warna tema yang bisa diatur sesuai seleramu.

InformasiCatatan Keuangan Harian
DeveloperArya Pradana
HargaGratis
Ukuran3.6 MB
DownloadPlay Store

7. BukuKas

Buku Kas

Jika kamu termasuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), maupun pemilik warung biasa, wajib rasanya untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Yup, dengan BukuKas kamu tidak perlu repot-repot membuat pembukuan atau laporan keuangan usaha, karena setiap data transaksi penjualan dan pengeluaran akan diolah secara otomatis.

Tersedia segudang fitur menarik untuk keperluan usahamu, salah satunya bisa mengirim invoice digital sebagai bukti transaksi ke pelanggan, mudah catat dan tagih hutang via whatsapp dan sms, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah penting, adanya fitur download laporan keuangan berformat PDF dan Excel.

InformasiBukuKas
DeveloperPT Beegroup Financial Indonesia
HargaGratis
Ukuran27 MB
DownloadPlay Store

8. Catatan Keuangan Pribadi

Catatan Keuangan Pribadi

Berikutnya ada aplikasi Catatan Keuangan Pribadi yang memiliki ukuran sangat kecil, yakni sekitar 2,7 MB saja. Dengan begitu aplikasi ini sangat ringan dan fitur di dalamnya sudah cukup untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran sehari-hari.

Selain itu, kamu bisa mengekspor laporan keuanganmu ke format Excel dengan mudah. Demi keamanan, tersedia juga fitur kunci PIN untuk masuk ke aplikasi.

InformasiCatatan Keuangan Pribadi
Developerdilapedia
HargaGratis
Ukuran2.7 MB
DownloadPlay Store

9. Catatan Keuangan Harian (Sepran)

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi catatan keuangan terbaik berikutnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah Sepran. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mencatat setiap transaksi, serta fitur pengingat harian agar kamu tidak lupa.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir jika datamu hilang atau ingin berpindah perangkat, karena datamu bisa di-backup ke Google Drive hanya dengan beberapa klik saja. Menariknya lagi, tersedia fitur rekap data yang disajikan berupa grafik.

InformasiSepran
DeveloperJMC IT CONSULTANT
HargaGratis
Ukuran13 MB
DownloadPlay Store

10. Catatan Keuangan – Pencatat Pemasukan Pengeluaran

Catatan Keuangan

Satu lagi aplikasi catatan keuangan yang menyajikan user interface yang simple dan mudah dipahami. Meskipun simple, fitur yang dimilikinya juga tak kalah dari aplikasi pengatur keuangan lainnya.

Tersedia notifikasi pengingat harian agar kamu selalu aktif mencatat setiap transaksi keuanganmu. Selain itu, tersedia pula fitur backup dan restore data untuk mengamankan datamu. Yang tak kalah penting, kamu bisa mengekspor laporan dalam bentuk PDF dan Excel.

InformasiCatatan Keuangan
DeveloperGroovy Studio
HargaGratis
Ukuran14 MB
DownloadPlay Store

11. Anggaran Cepat – Manajer Pengeluaran

Anggaran Cepat

Aplikasi Catatan keuangan terbaik terakhir yang bisa kamu coba adalah Anggaran Cepat. Beberapa fitur menarik yang tersedia antara lain: memonitor pergerakan rekening dan kartu debit, transaksi terjadwal, anggaran, sinkron data hingga 5 perangkat, backup otomatis, ekspor data ke format PDF dan Excel, login dengan kata sandi, dan masih banyak lagi.

InformasiAnggaran Cepat
DeveloperAppFer SRL
HargaGratis
Ukuran9.8 MB
DownloadPlay Store

Itu dia rekomendasi aplikasi catatan keuangan harian yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Sudah saatnya kamu mengelola keuanganmu dari sekarang agar terhindar dari masalah finansial di masa yang akan datang.

Silakan share artikel ini ke temanmu jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa tulis komentarmu pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini ya.

Loading...

Featured Image Source: Designed by Jcomp / Freepik