8 Aplikasi Kamera DSLR Android Terbaik dengan Mode Manual

Bagi mereka yang sering berkecimpung di dunia fotografi pasti sudah tidak asing lagi dengan mode manual yang terdiri dari tiga settingan dasar, yaitu ISO, Shutter Speed, dan Aperture. Biasanya mode manual ini hanya ada pada kamera profesional seperti DSLR atau Mirrorless.

Seiring perkembangan jaman, sebagian besar kamera smartphone saat ini sudah bisa melakukan mode manual layaknya DSLR. Yaitu smartphone android keluaran terbaru yang sudah support fitur Camera2 API.

Baca juga: Cara mengecek Camera2 API sudah aktif atau belum di hp android

Namun sayangnya, kebanyakan aplikasi kamera bawaan android memiliki fitur yang terbatas, terutama untuk mode manual. Sehingga mau tidak mau kita harus mendownload aplikasi kamera pihak ketiga yang memiliki fitur lengkap seperti kamera DSLR.

Rekomendasi Aplikasi Kamera DSLR Terbaik Untuk Android

Bagi kalian yang menginginkan aplikasi kamera dengan fitur lengkap terutama untuk mode manual, kalian bisa mencoba salah satu dari 8 aplikasi kamera DSLR android terbaik berikut ini:

1. Open Camera

Open Camera

Aplikasi kamera manual pertama yang saya rekomendasikan adalah Open Camera yang dikembangkan oleh Mark Harman dan kontributor lainnya. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bersifat open source yang berarti kalian bisa melihat source code dari aplikasi tersebut.

Sebagai aplikasi kamera manual, Open Camera memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari manual focus, ISO, shutter speed, format RAW, dan sebagainya. Menariknya, kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan semua fiturnya, bahkan tidak ada iklan di dalamnya. Untuk fitur lengkapnya bisa kalian baca di sini.

2. Footej Camera 2

footej camera 2

Berikutnya ada Footej Camera 2 yang dikembangkan oleh Semaphore Inc. Aplikasi ini memiliki UI yang simple dan mudah dipahami. Untuk fiturnya sendiri sudah dilengkapi dengan manual kontrol seperti ISO, fokus, shutter speed hingga dukungan format RAW.

Selain itu untuk perekaman video sudah didukung mode high frame rate, slow motion, dan timelapse. Jika kalian membeli versi pro untuk kamera ini, kalian akan mendapatkan fitur tambahan yang lebih lengkap.

3. Camera X – Professional DSLR Photography

Camera X

Aplikasi kamera DSLR android terbaik berikutnya adalah Camera X – Professional DSLR Photography yang dikembangkan oleh developer Camera X. Selain mode auto, aplikasi ini juga menyediakan fitur manual control untuk hasil foto yang lebih optimal, di antaranya manual fokus, ISO, shutter speed, white balance, dll.

Selain itu aplikasi ini juga menawarkan fitur berlimpah untuk videografi, misalnya merekam video hingga 4K, HFR, slow motion, timelapse, dll. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan ada fitur tambahan untuk versi pro.

5. Manual Camera: DSLR Camera Professional

Manual Camera: DSLR Camera Professional

Berikutnya ada aplikasi Manual Camera: DSLR Camera Professional besutan Lenses Inc. Ini merupakan salah satu aplikasi kamera berbayar terbaik yang bisa kalian beli dengan harga Rp. 57.000 di Play Store.

Dengan harga segitu kalian akan mendapatkan beragam fitur mulai dari mode manual fokus, ISO, shutter speed, format RAW, intervalometer, merekam video 4K, dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan user interface (UI) yang simple dan elegan.

6. Camera FV-5

Camera FV-5

Aplikasi kamera DLSR android terbaik selanjutnya adalah Camera FV-5 yang dikembangkan oleh FGAE. Sama seperti aplikasi kamera yang sudah kita bahas sebelumnya, Camera FV-5 dilengkapi dengan fitur manual exposure seperti manual ISO, shutter speed, focus, intervalometer, file RAW, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian harus membayar Rp. 49.560 di Google Play Store. Selain versi berbayar, ada juga versi gratis bagi kalian yang ingin mencobanya, yakni Camera FV-5 Lite. Namun sayangnya aplikasi ini tidak pernah diupdate sejak September 2017.

6. ProCam X (HD Camera Pro)

ProCam X

Berikutnya ada ProCam X yang dikembangkan oleh Imagi Mobile. Aplikasi ini menawarkan fitur lengkap mulai dari manual kontrol seperti ISO, shutter speed, fokus, white balance, format RAW (DNG), intervalometer, dan masih banyak lagi.

Semua fitur tersebut dapat diakses dengan mudah lewat tampilan menu yang unik dan simple. Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian harus membayar sejumlah Rp. 57.000 di Play Store. Tapi tenang dulu, ada juga versi gratisnya bagi kalian yang penasaran ingin mencobanya, yakni ProCam X – Lite.

7. HedgeCam 2

HedgeCam 2

Selanjutnya ada aplikasi HedgeCam2 besutan developer Caddish Hedgehog. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple, fleksibel, serta ukuran yang sangat kecil. Seperti kamera profesional lainnya, HedgeCam 2 juga dilengkapi dengan mode manual seperti ISO, shutter speed, fokus, white balance, format RAW (DNG) dan masih banyak lagi.

8. Manual Camera

Manual Camera

Terakhir, ada aplikasi Manual Camera yang dikembangkan oleh Geeky Devs Studio. Sama seperti aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fitur manual seperti shutter speed, ISO, white balance, fokus, exposure compensation, format RAW (DNG), dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian harus membayar sejumlah Rp. 43.000.

Nah, itu dia kumpulan aplikasi kamera DSLR android terbaik yang bisa kalian dapatkan secara gratis maupun berbayar. Punya rekomendasi aplikasi kamera keren lainnya? jangan lupa ditulis pada kolom komentar di bawah ini ya.