7 Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

aplikasi tidak terpasang di android

Menginstal file Apk dari sumber lain sering kali mengalami kendala. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah munculnya keterangan “Aplikasi tidak terpasang”, “Aplikasi tidak terinstal”, atau dalam bahasa inggrisnya “App not installed”.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan sistem keamanan android, karena menginstal aplikasi android dari sumber yang tidak dipercaya bisa menyebabkan hp android terkena virus, malware, adware dan lain-lain.

Meskipun begitu, tidak semua aplikasi yang didownload dari luar Play Store memiliki virus, ada juga beberapa aplikasi yang terbilang aman walaupun sistem android mendeteksinya sebagai aplikasi tidak aman. Sehingga muncul pesan error aplikasi tidak terpasang saat kita mencoba untuk menginstalnya.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami kendala seperti di atas, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android berikut ini. Namun sebelum kita masuk ke tutorialnya, alangkah baiknya kita pahami dulu apa saja penyebab munculnya pesan error tersebut. Sehingga kita akan lebih mudah dalam menganalisa dan menyelesaikan masalah nantinya.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Ada banyak sekali penyebab munculnya error pada saat kita menginstal file Apk di hp Android. Berikut beberapa di antaranya:

  • Aplikasi Diblokir Oleh Sistem Android

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat kita mencoba menginstal file .apk dari sumber yang tidak terpercaya (selain Play Store) sistem android langsung mencegah proses instalasinya, sehingga muncul pesan error aplikasi tidak terpasang. Ini merupakan fitur keamanan bawaan dari sistem operasi Android.

  • Aplikasi Diblokir Oleh Play Protect

Play Protect merupakan salah satu fitur keamanan android yang berfungsi untuk memantau dan melakukan scanning secara berkala terhadap semua aplikasi yang terinstal di ponsel android. Jika Play Protect menemukan aplikasi yang berpotensi membahayakan sistem, maka kita akan diberitahu tentang risiko keamanan yang ditemukan.

Meskipun cara kerja Play Protect memantau semua aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, fitur ini juga dapat mendeteksi bahaya pada saat kita mencoba menginstal aplikasi baru yang bersumber bukan dari Play Store, sehingga muncul pesan error aplikasi tidak terpasang.

  • Memori Internal Penuh

Apabila memori penyimpanan sudah penuh, tentu kita tidak bisa menginstal aplikasi baru karena proses instalasi akan menggunakan ruang penyimpanan untuk menginstal paket-paket aplikasi. Biasanya ukuran aplikasi yang sudah terinstal jauh lebih besar dari pada file Apk itu sendiri.

  • File Apk Rusak / Corrupt

Selanjutnya, masalah yang sering dialami oleh pemburu aplikasi di luar Play Store adalah file Apk corrupt atau rusak. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan koneksi internet selama proses download berlangsung.

Akibatnya, ada beberapa file dari paket aplikasi yang tidak ter-download dengan sempurna, sehingga muncul pesan error aplikasi tidak terpasang saat kita mencoba menginstalnya.

Selain itu, penyebab file Apk corrupt lainnya yang mungkin saja terjadi adalah kesalahan saat memodifikasi aplikasi. Hal ini biasanya terjadi pada saat kita mencoba menginstal aplikasi hasil modifikasi (mod) yang dibuat oleh seseorang.

  • Bentrok Antar Versi Aplikasi

Hal ini terjadi pada saat kita mencoba menginstal aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya. Biasanya ini disebabkan oleh versi aplikasi yang bentrok dengan versi saat ini. Sebagai contoh, kamu mencoba menginstal aplikasi dengan versi yang lebih rendah, sedangkan aplikasi tersebut sudah ada dan menggunakan versi yang lebih tinggi.

  • Versi OS Android Terlalu Rendah Dari Syarat Minimum Aplikasi

Ada beberapa developer aplikasi / game yang melakukan pengaturan yang lebih ketat pada aplikasi buatannya. Misalnya, aplikasi tersebut hanya bisa berjalan pada versi Android 10 ke atas. Sehingga pada saat kamu menginstal aplikasi tersebut pada Android versi 9 atau yang lebih rendah, maka akan muncul pesan error.

  • Aplikasi Tidak Compatible Dengan Ponsel Android

Yang terakhir adalah masalah kompatibilitas aplikasi tersebut dengan hp android kamu. Misalnya, aplikasi tersebut dibuat untuk tipe hp tertentu atau dibuat untuk jenis chipset tertentu.

Jika kamu mencoba menginstalnya pada tipe android yang lain, maka bisa dipastikan aplikasi tersebut tidak bisa diinstal. Ini merupakan masalah yang umum terjadi pada aplikasi Google Camera (Gcam) hasil modifikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Setelah membaca penjelasan di atas, admin yakin kamu pasti sudah mendapatkan gambaran kira-kira apa saja yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat terinstal. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android:

1. Berikan Izin Instalasi File APK Dari Sumber Lain

berikan izin dari sumber lain

Kita mulai dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu, yakni memberikan izin instalasi file Apk dari sumber lain. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Selanjutnya klik menu Aplikasi -> Akses aplikasi khusus -> Install aplikasi tidak dikenal.
  3. Beri izin pada pada setiap aplikasi. Ini mengacu pada aplikasi apa yang kamu gunakan untuk menginstal file Apk tersebut. Misalnya Chrome, File Manager, File Explorer, dll.
  4. Terakhir, coba diinstal kembali file Apk nya.

2. Nonaktifkan Play Protect

nonaktifkan play protect

Untuk menginstal file Apk yang diblokir oleh Play Protect, mau tidak mau kita harus mematikan fitur Play Protect untuk sementara. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store.
  2. Masuk ke menu dengan cara klik foto profil di pojok kanan atas.
  3. Pilih Play Protect.
  4. Klik ikon Setting (roda gigi) di pojok kanan atas.
  5. Nonaktifkan opsi Pindai Aplikasi dan Deteksi Aplikasi Berbahaya.
  6. Restart smartphone android kamu.
  7. Terakhir, coba diinstal kembali file Apk nya.

Catatan: kamu harus mengaktifkan kembali Play Protect setelah aplikasi berhasil diinstal.

3. Bebaskan Ruang Penyimpanan

bebaskan ruang penyimpanan

Salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang adalah karena memori internal sudah penuh. Untuk mengatasi masalah ini tentu saja kita harus menghapus file yang tidak diperlukan, uninstall aplikasi, hingga membersihkan file sampah menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Setelah memori internal di ponsel kamu sudah cukup lega, silahkan dicoba kembali untuk menginstal aplikasinya.

4. Download Ulang File APK yang Rusak / Corrupt

Mendownload file apk dari situs lain melalui web browser sering kali menyebabkan file tersebut rusak atau corrupt. Untuk mengatasi masalah seperti ini, silahkan didownload ulang file-nya dan coba diinstal kembali.

Jika masih tidak bisa diinstal, kemungkinan besar file tersebut memang sudah rusak sebelum file tersebut diupload oleh pemilik situs. Ini biasanya terjadi pada aplikasi mod (aplikasi hasil modifikasi pihak ketiga) yang tidak dilakukan dengan baik.

5. Cek Apakah Aplikasi Sudah Terpasang Sebelumnya

Jika kamu mencoba menginstal aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, besar kemungkinan paket aplikasi akan bentrok dengan versi yang sebelumnya sudah terinstal.

Solusinya, silahkan di-uninstall dulu aplikasi yang lama, kemudian coba diinstall kembali file Apk yang baru.

6. Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

upgrade os android

Setiap aplikasi memiliki syarat minimum untuk OS yang digunakan. Misalnya saja game PUBG Mobile yang hanya support untuk Android 10 ke atas saja. Jika kamu mencoba menginstalnya di OS Android 9 atau yang lebih rendah, maka akan muncul pesan error aplikasi tidak terpasang.

Solusinya, silahkan baca persyaratan spesifikasi minimum dari aplikasi yang kamu instal. Jika memang lebih tinggi dari versi OS Android kamu, silahkan upgrade versi Android kamu ke yang lebih tinggi.

Jika OS Android kamu sudah mentok, alias tidak mendapatkan update lagi, kamu bisa mengakalinya dengan menginstal Custom ROM Android. Biasanya setiap custom rom dimaintenance lebih lama dari pada rom bawaan vendor smartphone. Sehingga ponsel kamu selalu mendapatkan update ke versi Android terbaru.

7. Paksa Instal Aplikasi Yang Tidak Compatible

paksa install aplikasi

Jika aplikasi tersebut memang tidak compatible dengan tipe ponsel kamu, kamu dapat memaksa instalasi dengan bantuan aplikasi installer pihak ketiga. Di sini admin menggunakan aplikasi yang bernama APK Installer. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama download aplikasi APK Installer.
  2. Jalankan aplikasinya, masuk ke menu Install APKs.
  3. Cari folder di mana kamu menyimpan file Apk.
  4. Centang nama aplikasinya -> klik tombol Install APKs.
  5. Tunggu proses instalasi sampai selesai.
  6. Terakhir, coba jalankan aplikasinya.

Dengan cara ini aplikasi yang tidak compatible dengan tipe ponsel android bisa diinstall tanpa kendala. Namun hanya sebatas bisa diinstal saja, tidak ada jaminan kalau aplikasi tersebut bisa berjalan dengan normal di smartphone android kamu. Jika kamu penasaran, silahkan dicoba sendiri.

Tutorial video:

Sekian dulu tutorial tentang cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android yang bisa kamu praktekkan pada semua merek smartphone seperti Xiaomi, Realme, Samsung, Vivo, Oppo, Infinix, dll. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk berkomentar 🙂
Selamat mencoba.