Cara Menjadikan HP Android Sebagai Joystick PC Untuk Bermain Game

Fia Valesca

Cara menjadikan hp android sebagai joystic pc

Smartphone android saat ini selain berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi, ternyata bisa dimanfaatkan juga sebagai perangkat alternatif untuk menggantikan fungsi lain lho. Salah satunya yaitu dengan menyulap hp android menjadi joystick atau gamepad untuk memainkan game PC. Wow, emang bisa?

Tentu saja bisa, sob. Buat kamu sorang gamer sejati tentu saja ingin memiliki sebuah joystick untuk mempermudah mengontrol beberapa game yang sulit dimainkan dengan keyboard dan mouse. Maka, mau tidak mau kita harus membeli joystick supaya bermain game di komputer jadi lebih gampang.

Namun, dari pada kita buang-buang duit buat beli stick PC yang harganya juga lumayan, mendingan kita manfaatkan teknologi yang ada di sekitar kita aja.

Yap, hanya bermodalkan HP android kita sudah bisa memainkan game pc dengan lebih mudah dan gampang layaknya kita menggunakan joystick. Dan tentunya tanpa kabel alias menggunakan WiFi sebagai pengganti kabel USB-nya. Untuk itu buat kamu yang penasaran mencobanya silakan disimak artikel di bawah ini ya.

Cara Menjadikan HP Android Menjadi Joystick Komputer Tanpa Kabel

Untuk bisa menyulap HP android menjadi stick untuk bermain game di komputer atau laptop, kita membutuhkan sebuah aplikasi multi fungsi yang bernama Monect PC Remote. Aplikasi ini selain bisa merubah HP android menjadi joystick, juga berfungsi untuk me-remote atau mengendalikan komputer, menyulap HP menjadi mouse, keyboard, transfer file dan masih banyak lagi.

Keren kan? Untuk itu kita perlu menginstall aplikasi ini di smartphone dan juga di komputer. Langsung saja ya kita ke langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Download aplikasi Monect PC Remote untuk android langsung dari Google Play Store.

  2. Setelah diinstall di smartphone kamu, selanjutnya hubungkan android dan komputer ke jaringan WiFi yang sama. Selain menggunakan jaringan WiFi, kita juga bisa menghubungkannya menggunakan Bluetooth.

    Jika di sekitar kamu tidak ada jaringan WiFi yang tersedia, kita juga bisa membuat WiFi Hotspot langsung di komputer atau laptop kamu. Silakan baca Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop Tanpa Software.

  3. Setelah HP android dan komputer terhubung pada jaringan yang sama, selanjutnya download aplikasi PC Remote Receiver untuk windows di komputer kamu. Kemudian install seperti biasa.

  4. Setelah diinstall, langsung dijalankan aplikasinya dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

    Tampilan Monect PC Remote

    Pada gambar di atas bisa kita lihat informasi tentang IP Address dari Adapter Wireless Network Connection 192.168.173.1 pada komputer. Kemudian klik OK dan akan terlihat aplikasi PC Remote Receiver akan berjalan di taskbar.

  5. Selanjutnya kita beralih ke android. Jalankan aplikasi Monect PC Remote di android, lalu aplikasi akan otomatis melakukan scanning perangkat yang berada pada jaringan yang sama. Setelah perangkat komputer ditemukan, pilih nama perangkat komputer kamu sehingga kedua perangkat terhubung. Setelah terhubung, maka akan terlihat beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi.

    Tampilan Monect PC Remote di Android

  6. Untuk menjadikan HP android sebagai wireless joystick, kita cukup menyentuh pada bagian GamePad atau icon joystick yang ada pada menu.

    Tampilan Monect PC Remote

Selamat, kini HP android kamu sudah berubah fungsi menjadi joystick untuk memainkan game di PC. Silakan dicoba dengan memainkan game favorit kamu ya.

Dengan aplikasi ini kita juga bisa menyesuaikan jenis control dengan jenis game yang kita mainkan. Misalnya game Action, balapan, tembakan, pesawat, dan di sini juga tersedia joystick khusus untuk memainkan game GTA V.

foto fia

Fia Valesca

Seorang yang gemar bermain game online sejak kecil. Selain itu, ia juga menyempatkan diri untuk berbagi pengalamannya lewat tulisan.