Cara Main Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP

Fia Valesca

Cara menjadikan hp android sebagai joystic pc

Siapa sih yang tidak tahu dengan console game yang satu ini? Playstation Portable (PSP) adalah sebuah console game buatan Sony yang sangat populer di zamannya. Dengan beragam game seru dan grafis yang lumayan bagus membuat console ini laris di pasaran. Selain itu karena ukurannya yang portable (mini) sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Kejayaan PSP ini berangsur meredup seiring munculnya berbagai game console penerusnya yakni Playsatation 2 hingga yang terbaru saat ini Playstation 4. Tentu saja dengan membawa peningkatan pada grafis dan game yang lebih seru. Nah, buat kamu yang merindukan keseruan bermain game PSP dan ingin bernostalgia, kamu bisa kok memainkannya tanpa harus memiliki PSP tersebut.

Yup, hanya bermodalkan smartphone android atau iOS, kini kita sudah bisa memainkan hampir dari semua game PSP yang ada. Untuk bisa merasakan keseruan bermain game PSP di HP android kita membutuhkan sebuah emulator yang bernama PPSSPP.

Emulator PPSSPP merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk memainkan game PSP di HP android. Aplikasi ini juga gratis dan tergolong ringan sehingga cocok sekali untuk smartphone low end. Tidak sabar untuk memainkan game PSP di HP android kamu? Silakan disimak tutorialnya berikut ini.

Cara Main Game PSP di HP Android

Sebelum kita menuju ke langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang harus kita ketahui supaya kita bisa memainkan game PSP dengan lancar dan tanpa gangguan. Berikut spesifikasi minimum untuk menjalankan emulator PPSSPP:

  • Minimal OS Android versi Gingerbread 2.3.6 atau lebih tinggi.
  • Minimal Processor 1GHz atau lebih tinggi.
  • Minimal RAM 512 MB atau lebih tinggi.

Berhubung karena smartphone saat ini sudah memiliki spesifikasi yang sangat canggih, dan rata-rata smartphone yang ada saat ini sudah memiliki RAM di atas 1 GB, prosesor Quad Core sehingga dijamin kita bisa memainkan game PSP dengan grafis yang bagus tanpa lag sedikitpun.

Oke, setelah semua persyaratannya terpenuhi, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama kali silakan didownload Emulator PPSSPP di android kamu langsung dari Google Play Store.

  2. Setelah emulator PPSSPP berhasil diinstall di HP kamu, langkah berikutnya kamu harus mendownload game PSP berformat ISO. Silakan cari game yang kamu inginkan di google. Jika game yang kamu download berformat RAR atau ZIP, kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu.

  3. Setelah game PSP berhasil didapatkan, jalankan aplikasi PPSSPP di android kamu. Lalu cari lokasi di mana file ISO tersebut berada dan silakan dibuka file-nya.

    tampilan PPSSPP di android

  4. Selamat, sekarang kamu sudah bisa memainkan game PSP kesukaanmu di HP android.

    tampilan PPSSPP di android

Itulah langkah-langkah tentang cara memainkan game PSP di HP android menggunakan emulator PPSSPP. Sekarang rasa rindu akan keseruan game PSP sudah terobati dengan adanya emulator PPSSPP ini. Jika kamu mengalami masalah atau ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan ditulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca semua.

Baca juga: Cara Main Game PSP di PC atau Laptop

foto fia

Fia Valesca

Seorang yang gemar bermain game online sejak kecil. Selain itu, ia juga menyempatkan diri untuk berbagi pengalamannya lewat tulisan.