Cara Main Game PSP di PC dengan Emulator PPSSPP

Fia Valesca

cara merawat baterai hp agar tetap awet

Berjumpa lagi kita pada tutorial kali ini yaitu Cara Main Game PSP di Komputer Dengan Emulator PPSSPP. Sebelumnya Konyoha pernah membahas artikel yang hampir sama, yakni di android. Namun, jika kamu kurang puas memainkannya di smartphone karena layarnya kecil, kamu juga bisa main game PSP di komputer PC atau Laptop lho.

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, PPSSPP adalah emulator gratis yang memungkinkan kita untuk memainkan game PSP pada perangkat smartphone dan komputer. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara main game PSP di perangkat komputer.

Jadi, jika kamu ingin merasakan sensasi bermain game PSP di layar yang lebih besar bisa juga kok. Cukup bermodalkan sebuah komputer Windows, Linux, atau MacOSX. Kelebihannya selain layar lebih besar, untuk performanya juga akan jauh lebih baik dibandingkan menggunakan smartphone. Nah, dari pada ngomong panjang lebar mendingan kita langsung saja ke tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Install Emulator PPSSPP di PC

  1. Pertama kali silakan didownload dulu Emulator PPSSPP. Sesuaikan dengan sistem operasi komputermu, apakah Windows, Linux atau MacOSX.

  2. Setelah itu kita harus meng-ekstrak file ZIP yang telah didownload tadi, sehingga muncul sebuah folder yang mana di dalamnya terdapat beberapa file.

  3. Buka folder tersebut dan jalankan file exe-nya. Di sini terdapat dua buah file exe, jika versi windows kamu 32-bit pilihlah PPSSPPWindows, namun jika kamu menggunakan windows 64-bit silakan pilih PPSSPPWindows64.

  4. Setelah itu silakan download game nya, kamu bisa cari di google. Untuk file game-nya sendiri berformat ISO, jika file yang kamu download berformat ZIP maka harus di-ektrak terlebih dahulu.

  5. Setelah itu jalankan emulator PPSSPP dan cari di mana lokasi kamu menyimpan file game-nya. Setelah itu pilih game yang kamu download tadi.

    tampilan PPSSPP di Windows

  6. Selamat! Sekarang kamu sudah bisa memainkan game PSP di komputer kamu dan tentunya dengan performa yang lebih lancar.

    tampilan PPSSPP di Windows

Itulah tutorial Cara Main Game PSP di Komputer Windows, Linux, dan Mac. Untuk mengatur kontrol keyboard (keymapping) silakan buka Pengaturan Permainan -> Kotrol -> Pemetaan Kontrol (Key Mapping) lalu aturlah seuai keinginan kamu.

tampilan PPSSPP di Windows

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua dan selamat mencoba.

Baca juga: Cara Main Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP

Tags : # windows
foto fia

Fia Valesca

Seorang yang gemar bermain game online sejak kecil. Selain itu, ia juga menyempatkan diri untuk berbagi pengalamannya lewat tulisan.