Cara Mematikan Komputer Otomatis Berdasarkan Waktu Mundur

Ayu Mardiani

cara mematikan pc windows otomatis

Menggunakan komputer sampai larut malam adalah hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Entah itu nonton film, mendengarkan lagu, atau mendownload file besar yang tentunya memakan waktu yang tidak sebentar. Bahkan saking asiknya mendengarkan musik, kita malah tertidur sehingga komputer atau laptop menyala sampai pagi.

Ini merupakan sesuatu yang sering dialami oleh pengguna komputer. Namun, jika kita terlalu sering membiarkan komputer menyala sampai pagi, maka tentu akan berakibat buruk terhadap komputer kita, bahkan komputer kita bisa saja rusak karena terlalu panas.

Nah, jika kamu merupakan salah satu pengguna komputer yang sering mengalami hal di atas, kamu perlu mencoba sebuah tips yang akan Konyoha bagikan pada artikel kali ini, yakni bagaimana cara mematikan komputer otomatis berdasarkan waktu yang kita tentukan.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tertidur pada saat komputermu masih menyala di malam hari, karena komputer akan mati dengan sendirinya jika waktu yang kita tentukan tersebut tiba. Bagaimana caranya? Silakan disimak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Shutdown Otomatis

  1. Pertama kali silakan dibuka jendela Run, caranya bisa dengan menekan tombol Windows + R lalu akan muncul jendela Run seperti gambar di bawah ini.

    buka jendela run

  2. Selanjutnya ketikkan perintah shutdown /s /t 3600 lalu tekan Enter.

    ketikkan perintah shutdown

    Angka 3600 adalah waktu berapa lama lagi komputer harus dimatikan dalam hitungan detik. Jadi kita mengatur agar komputer mati secara otomatis dalam 3600 detik (1 jam) ke depan. Silakan disesuaikan dengan keinginan kamu.

  3. Jika berhasil akan muncul pemberitahuan di pojok kanan bawah seperti gambar di bawah ini.

    mengaktifkan shutdown otomatis

Sampai di sini kita telah berhasil menyetel waktu shutdown otomatis. Namun bagaimana jika waktunya hampir habis, tapi pekerjaan kita belum selesai dan kita masih ingin menggunakannya. Tenang saja, kita bisa kok membatalkan shutdown sebelum komputer terlanjur mati, berikut caranya.

Cara Membatalkan Shutdown Otomatis

  1. Buka jendela Run, kemudian ketikkan perintah shutdown /a lalu tekan Enter.

  2. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan Logoff is canceled, ini berarti shutdown otomatis sudah berhasil kita batalkan.

    membatalkan shutdown otomatis

Itulah tips tentang cara mematikan (shutdown) komputer windows secara otomatis berdasarkan waktu mundur yang bisa kamu coba. Jadi, buat kamu yang sering menggunakan komputer hingga larut malam dan ketiduran, kamu patut untuk menerapkan cara ini agar tidak terjadi sesuatu yang buruk terhadap komputermu.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua dan selamat mencoba.

Tags : # windows
foto ayu mardiani

Ayu Mardiani

Ayu Mardiani adalah salah satu penulis aktif di konyoha.com, ia senang berbagi tutorial yang berhubungan dengan teknologi.