7 Tips Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Baterai merupakan bagian paling penting yang ada pada sebuah smartphone, karena berfungsi sebagai penyimpan energi listrik untuk melakukan semua proses yang dilakukan. Namun tahukah kamu bahwa baterai juga memiliki umur lho, sama halnya dengan manusia. Semakin lama umur baterai maka akan semakin berkurang kemampuannya untuk menyimpan daya.

Dengan berkurangnya kemampuan baterai tentu akan menyebabkan HP kita bertahan lebih sebentar dibandingkan baterai baru meski sudah terisi penuh. Inilah yang paling umum dialami oleh para pengguna smartphone yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat baterai smartphone dengan baik. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai HP cepat habis atau bocor, salah satunya yaitu cara pemakaian smartpohone itu sendiri. Untuk itu pada artikel kali ini skotident akan memberikan beberapa tips agar baterai HP kamu bertahan lama dan awet.

Cara Agar Baterai HP Tidak Bocor dan Tetap Awet

Beberapa tips di bawah ini akan membantu kamu untuk bagaimana cara menggunakan smartphone agar daya tahan baterai tidak berkurang dengan cepat. Dengan beberapa tips sederhana dan tentunya mudah sekali untuk dilakukan, dijamin baterai smartphone kamu akan lebih awet. Namun jika baterai HP kamu sudah terlanjur bocor, tentu saja cara ini tidak akan berguna. Yuk langsung saja disimak beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Matikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Setiap aplikasi yang kita buka maupun aplikasi yang berjalan di latar belakang membutuhkan daya untuk bisa bekerja dengan semestinya. Besarnya daya yang dibutuhkan tergantung dengan proses yang dilakukan. Jadi, semakin banyak aplikasi yang berjalan tentu saja akan menguras baterai secara perlahan. Untuk itu disarankan untuk mematikan semua aplikasi atau proses yang tidak dibutuhkan.

2. Atur Brightness Smartphone Pada Posisi Terendah

Yang satu ini pasti semuanya sudah tau kan? Layar smartphone merupakan bagian yang paling besar dalam mengkonsumsi daya dibandingkan dengan bagian lainnya. Semakin terang layar HP kamu maka akan semakin cepat pula baterai HP akan terkuras. Maka yang harus kamu lakukan adalah mengatur kecerahan layar ke posisi terendah atau sesuai dengan kebutuhan.

3. Matikan Koneksi Wifi, Bluetooth dan GPS Jika Tidak Digunakan

Jika kamu sedang tidak berada di area dengan jangkauan wifi, alangkah baiknya untuk mematikan koneksi wifi smartphone kamu. Begitu juga dengan bluetooth dan GPS, kita cukup menyalakannya ketika sedang diperlukan saja. Perlu diketahui bahwa wifi, bluetooth dan GPS dalam keadaan aktif akan selalu mencari jaringan atau perangkat terdekat dan tentu saja semua itu membutuhkan daya untuk melakukannya.

4. Selalu Mengunci Layar Smartphone Ketika Tidak Digunakan

Salah satu alasan mengapa kita harus mengunci layar smartphone ketika tidak digunakan adalah untuk mencegah aktifitas tidak sengaja pada saat meletakkan smartphone di dalam kantong celana yang bisa membuat layar menyala terus-menerus. Untuk itu dengan mengunci layar menggunakan pola atau pin akan mencegah hal itu terjadi. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan penguncian otomatis dalam jangka waktu tertentu yang bisa kita atur melalui pengaturan keamanan.

5. Gunakan Jaringan Wifi Jika Tersedia

Jika kamu sedang berada di area dengan jangkauan wifi yang bisa terhubung, alangkah baiknya untuk memanfaatkan jaringan tersebut. Selain bisa menghemat kuota internet yang kamu miliki, kamu juga bisa menghemat penggunaan baterai. Karena jaringan seluler membutuhkan daya lebih besar untuk lalu lintas data dibandingkan dengan menggunakan wifi.

6. Jauhkan HP Kamu Dari Suhu Yang Ekstrim

Suhu smartphone yang terlalu panas akan berpengaruh pada kondisi dan daya tahan baterai. Untuk jangan diletakkan samrtphone kamu di dalam ruangan yang memiliki suhu tinggi. Selain itu pada saat bermain game dan HP sudah terasa panas, segeralah berhenti untuk mencegah terjadinya overheat atau kerusakan pada baterai.

7. Selalu Mengisi Daya Baterai Sampai Benar-Benar Penuh

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone pada umumnya. Kebanyakan dari mereka sering mencharge baterai setengah-setengah. Padahal, jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan berdampak buruk terhadap baterai smartphone.

Baca juga: 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengisi Baterai Smartphone

Itulah beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *