Cara Cek Camera2 API Sudah Aktif atau Belum di Semua Tipe Android

Cara Cek Camera2 API – Buat kamu yang ingin memasang aplikasi kamera manual maupun portingan Google Camera (GCam) di smartphone android, sebelumnya kamu harus pastikan dulu apakah hp tersebut sudah support fitur Camera2 API atau tidak.

Loading...

Apa itu Camera2 API?

Camera 2 API adalah sebuah framework (kerangka kerja) pada sistem android yang memungkinkan kita untuk mengakses fitur kamera seperti exposure, ISO, focus dan sebagainya.

Dengan adanya framework tersebut para developer dapat melakukan kustomisasi pada aplikasi kamera yang dikembangkannya. Misalnya fitur manual control pada aplikasi kamera profesional dan beberapa fitur canggih di aplikasi Google Camera.

Jadi, jika smartphone kamu belum support Camera2 API dan kamu tetap memaksakan untuk menginstal GCam atau kamera profesional, maka fitur manual kontrol tidak akan berfungsi bahkan terjadi force close karena sistem android tidak memiliki akses penuh ke hardware kamera.

Loading...

Cara Cek Camera2 API di Android Menggunakan Aplikasi

Berhubung tidak ada keterangan yang jelas dari vendor smartphone apakah hp tersebut sudah support modul Camera2 API atau tidak, pada tutorial kali ini kita akan menggunakan aplikasi untuk mengetahuinya.

Berikut cara mengecek Camera2 API sudah aktif atau belum menggunakan aplikasi android:

  • Pertama sekali download aplikasi Manual Camera Compatibility.
  • Jalankan aplikasinya dan kamu akan dihadapkan dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.
Gambar 1
  • Klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan.
  • Jika muncul keterangan dengan ceklis berwarna hijau semua, berarti smartphone kamu sudah support Camera2 API. Namun jika muncul tanda silang berwarna merah maka smartphone kamu belum support.
Gambar 2

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara mengetahui Camera2 API sudah aktif atau belum. Tutorial ini bisa kamu lakukan pada semua merk smartphone android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dll.

Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, kritik, dan saran, silakan tulis komentarmu pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini ya. Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu jika kamu merasa artikel ini bermanfaat.