Cara Cek IMEI HP Android Semua Tipe dengan Mudah

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu beberapa digit nomor unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP (GSM, UMTS, dan LTE) dan iDEN, serta beberapa telepon satelite (wikipedia). Nomor IMEI digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat yang valid dan tiap-tiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda.

Pada saat kita akan membeli smartphone baru atau bekas, sebaiknya kita cek dengan teliti apakah nomor IMEI yang di hp sama dengan yang di kardus. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita terhindar dari smartphone palsu atau replika yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah smartphone sangatlah mudah, selain yang tertera di kardus, kita juga bisa melihat langsung ke smartphone itu sendiri. Berikut beberapa cara cek IMEI hp android yang bisa kamu lakukan untuk smartphone merk Samsung, Sony, Xiaomi, Oppo, Asus, Vivo, Lenovo, Advan dan lain-lain.

Cara 1: Di Belakang Baterai

cara cek imei hp android

Jika baterai smartphone android kamu termasuk jenis removable (bisa dilepas), maka kamu bisa melihatnya dengan cara meonaktifkan smartphone terlebih dahulu, buka casing belakang, lepas baterai, dan nomor IMEI akan langsung terlihat pada label yang menempel pada bagian dalam hp. Biasanya smartphone dual SIM akan memiliki dua nomor IMEI.

Cara 2: Melalui Pengaturan (Settings)

cara cek imei hp android

Selain melihat langsung ke belakang baterai smartphone, kita juga bisa cek IMEI dengan mudah melalui pengaturan. Caranya pergi ke Pengaturan (settings) -> Tentang ponsel -> Status -> Informasi IMEI. Cara ini sangat mudah dibandingkan cara sebelumnya yang terbilang cukup merepotkan.

Cara 3: Melalui Kode *#06#

cara cek imei hp android

Yang terakhir ini adalah cara yang paling mudah dan simpel dibandingkan kedua cara di atas. Cukup dengan membuka Dial up, lalu ketikkan kode *#06#, maka nomor IMEI akan langsung muncul di layar android.

Sekian tutorial tentang cara cek IMEI hp android yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis komentarmu di bawah ini.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *