Penting! Begini Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power bank Harga Murah

Setiap perangkat elektronik yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan ternama pasti memiliki kualitas dan ketahanan yang bagus. Namun, tak jarang pula pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjual produk tiruan demi keuntungan sendiri. Ya, banyak sekali kita jumpai barang elektronik di pasaran yang menggunakan merk dari perusahaan-perusahaan besar. Tentu saja yang akan dirugikan adalah perusahaan tersebut.

Contohnya saja powerbank, sekarang ini banyak ditemukan powerbank yang dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah tanpa keterangan apakah powerbank tersebut asli atau palsu. Namun penting sekali untuk kita ketahui bahwa harga murah belum tentu memberikan kualitas bagus. Wajar saja untuk dicurigai bila ada powerbank murah, namun menawarkan kapasitas sangat besar.

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur membeli powerbank dengan harga yang sangat murah, kamu perlu mengetahui keaslian dan kualitas powerbank tersebut. Bagaimana cara cek keaslian dan kualitas powerbank yang harganya murah? Selengkapnya bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini.

Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power bank

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui powerbank asli atau palsu, baik itu dengan merk Samsung, Xiaomi, Asus, dan lain-lain. Jadi, kamu jangan terlalu berharap bahwa power bank murah memiliki kualitas yang sama dengan yang asli, karena beda harga beda kualitas. Tetapi, dengan melakukan cara berikut ini minimal kamu tidak terlalu menyesal sudah membeli power bank murah tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek Keaslian Dari Segi Fisiknya

Selama ini kita sulit untuk membedakan power bank mana yang asli dan mana yang palsu, karena biasanya power bank abal abal juga dibuat mirip dengan aslinya. Meski memiliki merek, ukuran, dan bentuk yang sama persis, kita masih bisa mengetahuinya dengan melihatnya secara teliti. Sebagai contoh, kamu bisa melihat gambar kedua powerbank di bawah ini.

cara cek keaslian dan kualitas power bank

Dari gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa powerbank palsu biasanya menggunakan bahan yang tidak berkualitas, pemasangan komponen yang kurang rapih, dan ada juga terdapat cacat fisik pada bagian tertentu.

Selanjutnya mari kita perhatikan powerbank yang asli. Di sana bisa kita lihat bahwa power bank yang asli menggunakan bahan berkualitas, pemasangan komponen yang rapih, kehalusan finishing, dan lain-lain. Di sini kita sudah bisa membedakan powerbank tersebut asli atau palsu dari segi fisik, selanjutnya kita akan mengetahui kualitas dari powerbank.

2. Cek Kualitas Power bank Menggunakan Aplikasi Ampere

Salah satu point penting yang harus kita perhatikan sebelum membeli powerbank harga murah yaitu kualitasnya. Kualitas tersebut bisa berupa kapasitas, tegangan (voltase), dan kuat arus listrik yang mengalir ke smartphone.

Untuk mendapatkan semua informasi tersebut kita bisa menggunakan aplikasi Ampere yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Sehingga dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui apakah powerbank murah tersebut bisa mengisi daya dengan lancar dan stabil. Kira-kira tampilannya seperti gambar di bawah ini:

cara cek keaslian dan kualitas power bank

Itulah beberapa tips tentang cara cek keaslian dan kualitas powerbank harga murah yang bisa kamu coba. Jadi, kita tidak perlu menyesal jika terlanjur membeli power bank murah, yang penting kualitasnya bagus sehingga bisa mengisi daya baterai smartphone dengan lancar dan stabil.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *