Cara Cek Kecepatan Internet di Android (Ping, Download, Upload)

Cara Cek Kecepatan Internet di Android – Melakukan tes kecepatan koneksi internet terutama di hp android sangat penting untuk dilakukan. Maksud dari mengecek kecepatan internet di sini adalah melihat seberapa besar kemampuan suatu jaringan internet dalam melakukan transfer data yang biasanya terdiri dari ping, download dan upload.

Sehingga kita dapat mengetahui apa sebenarnya penyebab koneksi internet smartphone kita terasa lambat, baik itu ketika sedang browsing, nonton video online, game online, mendownload file, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam melihat kecepatan internet di hp android maupun di perangkat lainnya. Berikut penjelasannya:

  • Ping: merupakan waktu yang dibutuhkan untuk mengirim paket data dari smartphone (client) ke server dan kembali lagi ke client, biasanya dihitung dalam satuan millisecond (ms). Semakin kecil angka ping, maka semakin bagus pula jaringan internet yang kamu gunakan. Biasanya ping yang kecil akan berdampak baik saat kita memainkan game online.
  • Download: merupakan kecepatan transfer data dari server ke client (smartphone) dalam satuan KBps, Mbps, MBps, GBps, dsb. Biasanya kecepatan download dipengaruhi oleh besar atau kecilnya bandwidth yang disediakan oleh provider. Kecepatan download sangat berpengaruh saat melakukan streaming video atau mendownload file.
  • Upload: merupakan kebalikan dari download, yaitu proses mengirim data dari client ke server. Biasanya proses ini terjadi ketika kita melakukan upload foto atau video ke internet dan lain sebagainya. Cepat atau lambatnya proses upload juga dipengaruhi oleh bandwidth yang disediakan oleh operator.

Nah jika sudah paham apa yang dimaksud dengan ping, download dan upload, maka langsung saja kita cari tahu bagaimana cara mengetahui kecepatan internet di android masing-masing.

1. Menggunakan Aplikasi Speedtest.net

Cara pertama yang akan Konyoha.com bahas adalah menggunakan aplikasi Speedtest.net yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan internet di hp android dengan sangat mudah. Aplikasi ini juga menampilkan hasil uji kecepatan dengan akurat dan terperinci. Berikut caranya:

  • Pertama-tama download dan install aplikasi Speedtest.net di hp android kamu yang bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store.
  • Setelah diinstal, langsung jalankan aplikasinya.
  • Kemudian tunggu sebentar selama proses pencarian server, setelah ditemukan langsung tekan tombol Mulai Tes.

cara cek kecepatan internet android

  • Tunggu hingga proses pengujian kecepatan internet selesai, biasanya hanya beberapa detik.

cara cek kecepatan internet android

  • Terakhir, Speedtest.net akan menampilkan laporan berupa ping, download, dan upload.

2. Menggunakan Aplikasi OpenSignal

Cara cek kecepatan internet di android berikutnya yaitu menggunakan aplikasi OpenSignal. Ini merupakan aplikasi favorit admin dalam melakukan tes jaringan internet. Kenapa? karena aplikasi ini memiliki fitur yang komplit, gratis, tanpa iklan, dan ukurannya sangat kecil (sekitar 3 MB). Berikut caranya:

  • Download dan install aplikasi OpenSignal di hp android kamu langsung dari Google Play Store.
  • Setelah itu langsung jalankan aplikasinya.
  • Selanjutnya tekan tombol Tes untuk melakukan uji kecepatan internet.

cara cek kecepatan internet android

  • Tunggu proses pengujian selama beberapa detik, dan hasilnya bisa kamu lihat seperti gambar di bawah ini.

cara cek kecepatan internet android

  • Terakhir, pilih OUTDOOR jika kamu berada di luar ruangan atau INDOOR jika di dalam ruangan.

Sampai di sini kita telah berhasil mengetahui kecepatan internet di hp android. Sebagai informasi saja, selain berfungsi untuk menguji kualitas internet, aplikasi OpenSignal memiliki fitur keren yang tidak ditemukan pada aplikasi lainnya. Di antaranya sebagai berikut:

  • Bisa melihat lokasi menara seluler melalui peta, dan pada menara yang mana smartphone kita terhubung.
  • Menampilkan kondisi jaringan di setiap wilayah melalui peta. Sehingga kita bisa mengetahui di wilayah mana saja yang memiliki jaringan yang bagus.
  • Petunjuk untuk mencari lokasi WiFi atau Hotspot gratis.
  • Dan masih banyak lainnya.

cara cek kecepatan internet android

Baca juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet Android di Status Bar Secara Real-time

Demikianlah tutorial kita kali ini, jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan silakan berkomentar di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *