4 Cara Convert PDF ke Word Online, Offline, Tanpa Software atau Dengan Software

Pada artikel kali ini Konyoha akan share tentang cara convert PDF ke Word online, offline, tanpa software, maupun dengan software. Seperti yang kita ketahui, file PDF merupakan format dokumen yang sangat banyak dugunakan saat ini. Jenis file ini biasanya digunakan untuk membuat Ebook atau yang lainnya. Kelebihan PDF sendiri adalah selain simple, bisa juga menampilkan berbagai macam objek seperti tabel, gambar berwarna dengan sangat baik.

Namun terkadang ada kalanya kita ingin mengubah file PDF ke Word untuk berbagai keperluan. Misalnya jika kamu ingin mengedit file PDF, maka salah satu caranya yaitu dengan merubah file PDF tersebut menjadi Word (.doc, .docx, dll), dengan demikian kamu bisa langsung mengedit dokumen PDF tersebut lewat software Microsoft Word.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk convert PDF to Word. Namun pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan beberapa cara saja yang dirasa sangat mudah, simple dan gratis, yakni secara online (tanpa software) maupun secara offline (dengan software). Untuk itu langsung saja disimak langkah-langkahnya di bawah ini.

1.  Tanpa Software (Online)

Cara pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan layanan situs converter online gratis. Saat ini ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan tersebut. Salah satu website terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file PDF menjadi Word adalah Convert Online Free.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh situs ini adalah kita tidak perlu melakukan registrasi, cepat, batasan ukuran file cukup besar yakni 50 Mb, output bisa berupa format DOC atau DOCX, sehingga bagi kamu yang masih menggunakan Office 2003 ke bawah tetap bisa memanfaatkan layanan ini. Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Kunjungi situs Convert Online Free melalui halaman ini.
2. Lalu pilih output yang kamu inginkan dengan mengklik tab PDF to DOC atau PDF to DOCX.
3. Kemudian klik tombol Telusuri dan cari file PDF yang akan kamu convert ke Word dan klik Open. Selanjutnya klik tombol Convert.

cara convert pdf ke word

4. Tunggu sampai proses konversi hingga selesai, lamanya proses tergantung pada ukuran file yang kamu upload. Terakhir, klik Simpan berkas dan Oke.

cara convert pdf ke word

5. Nah, sekarang kamu sudah berhasil mengubah file PDF ke Word.

cara convert pdf ke word

2. Menggunakan Software Gratis (Offline)

Cara di atas mengharuskan komputer kita terhubung ke internet, bagaimana jika komputermu jarang terkoneksi dengan internet? Maka alternatif lain yang bisa kamu coba yaitu menggunakan salah satu aplikasi converter offline gratis yang bernama Free PDF to Word Converter.

Alasan mengapa admin memilih menggunakan software ini adalah selain gratis, software ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil (sekitar 4 Mb). Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kuota internet. Selain itu, proses konversinya dilakukan secara offline, sehingga bisa melakukan pekerjaan kapanpun dan dimanapun tanpa koneksi internet. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi Free PDF to Word Converter melalui link ini.
2. Setelah itu install seperti biasa.
3. Jalankan aplikasinya, klik Select file untuk memilih file PDF yang ingin kamu convert dan klik Open. Setelah itu klik tombol Convert untuk memulai proses konversi.

cara convert pdf ke word

4. Tunggu proses konversi sampai selesai, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
Setelah proses selesai akan muncul sebuah pop-up, silakan klik Open file untuk membuka file atau Open folder untuk masuk ke lokasi file Word berada.

cara convert pdf ke word

5. Selesai.

3. Menggunakan Microsoft Office

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk convert file PDF menjadi Word adalah menggunakan aplikasi Microsoft Office itu sendiri. Namun syaratnya adalah kamu wajib memiliki aplikasi Microsoft Office 2013 atau 2016. Karena pada Microsoft Office 2003, 2007, dan 2010 belum memiliki fasilitas yang satu ini. Caranya sangat mudah, kita cukup membuka dokumen PDF lalu akan dikoversi menjadi file Word secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Microsoft Word 2013 atau 2016 di komputer kamu.
2. Pada halaman utama klik Open Other Documents.

cara convert pdf ke word

3. Cari di mana lokasi file PDF di komputer kamu dan klik Open.

cara convert pdf ke word

4. Kemudian akan muncul sebuah pop-up, klik saja Yes. Tunggu proses konversi selesai, lamanya proses tergantung dengan ukuran file PDF yang kamu buka.

cara convert pdf ke word

5. Jika selesai akan muncul dokumen PDF tadi dalam format Word. Sekarang kamu bisa mengedit dokumen tersebut lalu menyimpannya dalam format Word atau PDF.

4. Menggunakan HP Android

Alternatif lain yang bisa kamu coba yaitu menggunakan smartphone android. Cara ini juga terbilang mudah dan cepat. Kamu cukup mendownload aplikasi yang bernama PDF Conversion Suite yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

Cara penggunaannya cukup mudah, Download -> Install -> Pilih dokumen yang akan kamu Convert -> Selesai. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu baca di Cara Convert PDF ke Word Dengan HP Android. Admin sengaja membuatkan tutorialnya secara terpisah, karena jika ditulis di artikel ini memakan waktu yang cukup lama dan tenaga yang ekstra :). Jadi, silakan kunjungi link tersebut jika kamu memilih untuk menggunakan hp android.

Baca juga: 3 Aplikasi Office Terbaik Untuk Android (Word, Excel, Powerpoint dan PDF)

Itu dia beberapa cara convert PDF ke Word dengan mudah, cepat dan gratis yang bisa kamu coba. Kamu tinggal pilih mana langkah-langkah yang menurut kamu mudah dan simple. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan ditulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Bagikan:

3 Comments on “4 Cara Convert PDF ke Word Online, Offline, Tanpa Software atau Dengan Software”

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu, jika berkenan kunjungi juga blog sederhana saya di qolbunn. blogspot. com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *