Cara Hapus Pola Oppo A39 Tanpa Hilang Data

Jika biasanya kita menggunakan metode factory reset untuk menghapus pola, PIN, atau sandi di android, pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana cara menghapus pola Oppo A39 tanpa kehilangan data sedikitpun. Tentu saja kita berharap semua data yang ada di memori internal bisa diselamatkan.

Sebetulnya, metode yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini bukan bertujuan untuk menghapus pola, melainkan untuk mengetahui atau mengintip pola tersebut menggunakan software khusus. Cukup dengan melakukan beberapa langkah mudah, kita bisa mengetahui polanya dalam sekejap.

Yang kita butuhkan:

Untuk mengatasi Oppo A39 lupa pola kali ini kita akan menggunakan software Miracle Box. Banyak fitur yang tersedia di dalamnya, salah satunya untuk mengetahui pola pada handphone android lawas yang menggunakan chipset Mediatek, termasuk Oppo A39 ini serta beberapa tipe handphone lainnya yang menggunakan Qualcomm Snapdragon.

Ok, tanpa panjang lebar langsung saja simak tutorial tentang cara mengatasi Oppo A39 lupa pola berikut ini.

Cara Hapus Pola Oppo A39 Tanpa Kehilangan Data

1. Pertama-tama install MTK Drivers dan Miracle Box, kemudian jalankan Miracle Box.

jalankan software Miracle Box

2. Berhubung Oppo A39 ini menggunakan chipset Mediatek, kita pilih tab MTK > Unlock/Fix > Read Pattern.

3. Kemudian pada kolom boot select ganti menjadi 8th Boot, lalu pada kolom Universal ganti menjadi OPPO F5/A79/A83.

pengaturan software

4. Klik tombol Start Button, maka pada bagian log (di kotak kiri) akan muncul keterangan “Waiting for USB Port”, kini saatnya kita hubungkan Oppo A39 ke komputer.

mengaktifkan Miracle Box

5. Caranya matikan smartphone terlebih dahulu. Setelah benar-benar mati, tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan, lalu hubungkan menggunakan kabel data USB.

hubungkan Oppo A39 ke PC

6. Akan muncul keterangan “Downloading Boot8” pada bagian log, lalu lepaskan kedua tombol.

Oppo A39 terhubung

7. Tunggu proses pembacaan pola beberapa saat sampai muncul keterangan “Done” dan pola akan tampil berupa code angka seperti gambar di bawah ini.

pola berhasil terbaca

8. Seperti yang tampak pada gambar di atas, kode yang muncul adalah 74269. Lepaskan kabel USB dan nyalakan smartphone, lalu kita ikuti urutan angka tersebut untuk menggambar polanya.

bentuk pola
Created with GIMP

9. Sekarang kita sudah mengetahui polanya dan smartphone berhasil ter-unlock.

berhasil unlock pola Oppo A39

Namun jika kamu gagal pada langkah nomor 7, lepaskan kabel USB dari smartphone dan ulangi langkah 4 terus menerus sampai berhasil membaca polanya. Memang untuk trik ini tidak langsung berhasil, kita harus mengulangnya beberapa kali sampai muncul tulisan “Done”.

Tutorial video:

Sekian dulu tutorial cara hapus pola Oppo A39 tanpa hilang data kali ini. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan di atas, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.