Cara Hard Reset Nokia 6 Lupa Pola, Pin, Sandi Recovery Mode

Pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana cara factory reset atau hard reset Nokia 6 yang terkunci Pola, Pin, dan password yang bisa dilakukan dengan mudah melalui recovery mode.

Meskipun caranya tergolong mudah, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara masuk ke recovery mode di Nokia 6 dengan nomor model TA-1021 ini, karena caranya sedikit berbeda dengan smartphone lain pada umumnya.

Persiapan Sebelum Melakukan Hard Reset

Jika tujuan mu melakukan hard reset hanya untuk membersihkan smartphone dari virus, malware, atau masalah ringan lainnya, tentu saja kamu harus melakukan backup data terlebih dahulu, mengingat hard reset akan menghapus seluruh data yang berada di memori internal.

Selain backup data, pastikan juga kamu masih ingat email dan password akun Google yang ter-login di hape tersebut. Karena setelah melakukan hard reset, smartphone akan terkunci oleh sistem keamanan Google FRP dan hanya bisa dibuka menggunakan akun Google yang sudah terkait sebelumnya.

Namun jika tujuanmu untuk menghapus kunci pola, pin atau kata sandi, mau tidak mau kamu harus siap kehilangan data yang berada di memori internal. Dan jika sudah terlanjur lupa akun Google-nya, maka kamu harus melakukan bypass FRP yang akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

Berikut peralatan yang dibutuhkan:

  • Kabel USB
  • PC/Laptop

Di smartphone android merek lain pada umumnya untuk masuk ke recovery mode cukup dengan menekan tombol Power + Volume atas saja. Lain halnya dengan Nokia, kita membutuhkan kabel USB dan PC untuk bisa masuk ke recovery mode.

Cara Factory Reset/Hard Reset Nokia 6

Pertama-tama matikan smartphone dengan cara tekan dan tahan tombol power, lalu pilih Matikan daya.

Setelah mati, sambungkan smartphone ke PC dengan kabel USB hingga muncul logo mengisi daya seperti gambar di bawah ini.

sambungkan kabel USB

Kemudian masuk ke recovery mode dengan cara menekan dan tahan tombol Power + Volume atas secara bersamaan sampai muncul tulisan Powered by Android.

muncul tulisan Powered by Android

Setelah muncul tulisan Powered by Android, lepas tombol Power sambil tetap menahan tombol volume atas. Tunggu beberapa saat sampai muncul logo Android yang lagi tumbang (tidak ada perintah) dan kamu sudah bisa melepas tombol dan kabel USB-nya.

logo android tumbang

Setelah itu masuk ke recovery mode dengan kombinasi tombol Power dan Volume atas, berikut urutannya: tekan tombol Power dan tahan > tekan tombol Volume atas dan tahan > lepas tombol Volume atas > lepas tombol Power.

Jika urutannya benar, akan muncul menu recovery mode seperti gambar berikut.

berhasil masuk ke recovery mode

Setelah itu pilih menu Wipe data/factory reset dengan menggulir menunya menggunakan tombol volume bawah. Jika sudah, tekan tombol Power untuk Ok.

pilih menu Wipe data

Pilih Yes untuk melanjutkan wipe data dan tunggu sampai prosesnya selesai.

mulai wipe data

Setelah proses wiping data selesai pilih menu Reboot system now untuk menyalakan smartphone.

Setelah smartphone menyala, akan muncul tampilan Welcome dan kamu sudah bisa melakukan setup seperti membeli smartphone baru.

jendela Welcome

Lakukan setup smartphone sampai muncul tampilan login ke akun Google.

masuk ke akun Google

Pada tahap ini kamu harus masuk ke akun Google yang tertaut sebelumnya. Jika kamu lupa akun Google-nya, mau tidak mau kamu harus melakukan bypass FRP yang akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Tutorial video:

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara hard reset Nokia 6 melalui recovery mode yang bisa kamu coba. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan ini, silakan tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat…