Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 4x Lupa Pola, Pin, Sandi

Pada artikel kali ini Konyoha akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara hard reset Xiaomi Redmi 4x dengan mudah. Dimana kondisinya saat ini dalam keadaan lupa pola, pin, maupun password. Sehingga jalan satu-satunya yang harus kita tempuh adalah dengan melakukan hard reset.

Sebelumnya Konyoha pernah menulis artikel tentang cara hard reset android semua tipe tanpa PC, namun masalahnya smartphone Xiaomi Redmi 4x ini tidak bisa menggunakan cara tersebut dikarenakan bootloader dalam keadaan terkunci. Sehingga tidak ada pilihan Factory reset maupun Wipe data di dalam menu recovery mode.

Untuk itu pada artikel kali ini kita akan menggunakan metode yang berbeda, yakni dengan menggunakan PC. Adapun bahan-bahan yang harus kita persiapkan antara lain:

  • PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, atau 10
  • Kabel USB
  • Mi PC Suite versi China. Aplikasi ini merupakan sebuah tool yang memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu melakukan hard reset (download di sini).
  • PdaNet. Untuk memastikan smartphone kamu benar-benar terdeteksi oleh PC (download di sini).

Jika semua peralatan atau bahan-bahan di atas sudah kamu dapatkan, tanpa panjang lebar lagi langsung saja kita menuju ke langkah-langkah bagaimana cara hard reset Xiaomi Redmi 4x di bawah ini.

Tutorial Hard Reset Xiaomi Redmi 4x

  • Pertama sekali install file PdaNet yang sudah didownload tadi dengan cara double klik file PdaNetA4180, kemudian install seperti biasa.
  • Berikutnya install juga aplikasi Mi PC Suite versi China yang sudah didownload tadi. Caranya ekstrak file MiInst -> double klik file MiInst.exe -> Klik tombol Run dan selanjutnya install seperti biasa. Untuk proses instalasi sendiri membutuhkan koneksi internet.
  • Setelah kedua software berhasil diinstall, selanjutnya jalankan aplikasi Mi PC Suite dengan cara double klik. Maka akan muncul sebuah jendela utama Mi PC Suite yang memiliki antarmuka dengan bahasa mandarin.
  • Selanjutnya kita beralih ke perangkat Xiaomi Redmi 4x. Kali ini kita harus masuk ke recovery mode dengan cara mematikan smartphone terlebih dahulu. Setelah benar-benar mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume up secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah muncul logo Mi, langsung lepas tombol power.
  • Tunggu beberapa saat sampai smartphone masuk ke recovery mode yang juga memiliki antarmuka dalam bahasa china.
  • Ubah ke bahasa Inggris dengan cara memilih menu bahasa pada bagian kanan bawah seperti gambar di bawah ini.
  • Berikutnya pilih menu recovery. Jika muncul peringatan “WARNING: Do You Really Want To Enter Recovery Mode?” Klik saja tombol Ok.
  • Tunggu beberapa saat sehingga muncul gambar hp dan kabel USB dengan tulisan pcsuite.mi.com di bawahnya.
  • Hubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB. Jika smartphone terdeteksi, komputer secara otomatis akan menginstall driver. Pada aplikasi Mi PC Suite akan muncul sebuah jendela santoni_global recovery.
  • Selanjutnya klik menu nomor dua dari bawah, lalu klik tombol dengan tulisan berwarna merah. Maka pada layar smartphone akan muncul sebuah loading yang berarti proses hard reset sedang berjalan.
  • Setelah loadingnya selesai, klik menu nomor satu dari bawah. Sehingga smartphone restart dengan sendirinya.
  • Sambil menunggu smartphone menyala, kamu boleh melepas kabel USB dan tunggu beberapa detik.
  • Setelah smartphone menyala yang ditandai dengan munculnya logo MIUI, kita harus melakukan setup awal seperti pada saat membeli smartphone baru.
  • Selesai, sekarang smartphone Xiaomi Redmi 4x kamu sudah berhasil di hard reset dan smartphone sudah terbebas dari kunci layar pola, pin, atau password.

Itulah tutorial singkat tentang cara hard reset Xiaomi Redmi 4x atau cara membuka kunci layar Xiaomi Redmi 4x yang lupa pola, pin, atau sandi. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca semua dan selamat mencoba.

Tutorial video

Catatan:

  1. Dengan melakukan hard reset, semua data yang ada di smartphone kamu akan hilang.
  2. Jika sebelumnya smartphone kamu telah login dengan akun Mi, maka kamu harus mengetahui username atau password akun Mi tersebut. Jika tidak bisa login, maka smartphone kamu akan terkunci oleh akun Mi. Solusinya bisa kamu baca pada link di bawah ini.
  3. Untuk MIUI 9 ke atas, smartphone kamu akan terkunci oleh akun Google. Jadi, setelah hard reset kamu harus login dengan akun Google yang digunakan sebelumnya. Jika lupa akun Google, solusinya bisa kamu baca pada link di bawah ini.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *