Cara Install BBM di PC dengan Mudah (BBM for PC)

BBM for PC – Seperti yang kita ketahui, aplikasi BBM saat ini hanya tersedia pada perangkat smartphone dan tablet saja, beberapa di antaranya yaitu Blackberry, Android, iPhone dan Windows Phone. Namun terkadang ada juga yang ingin menjalankan aplikasi BBM di komputer PC atau laptop miliknya, sehingga mengirim pesan BBM bisa dilakukan sembari bekerja dengan komputer.

Apa boleh buat, saat ini pihak pengembang Blackberry Messenger tidak menyediakan BBM versi PC. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp, dimana pengguna WhatsApp bisa login dan berkirim pesan di PC menggunakan WhatsApp Web. Baca: Cara Menjalankan WhatsApp di PC.

Tetapi kamu jangan bersedih dulu, karena masih ada cara lain untuk menjalankan aplikasi BBM di komputer yang akan Konyoha.com jelaskan pada artikel kali ini.

Tutorial Instal Aplikasi BBM di Komputer PC & Laptop

Sebenarnya sudah banyak yang membahas tutorial serupa yang bisa kita temukan di internet. Beberapa di antaranya yaitu menggunakan emulator Bluestack, atau tanpa emulator dengan Android SDK. Jika menggunakan Bluestack memang caranya lebih mudah, akan tetapi kita butuh komputer berspesifikasi tinggi karena software ini terbilang cukup berat.

Jika menggunakan Android SDK, menurut admin sah-sah saja. Sebenarnya Android SDK sendiri merupakan emulator khusus yang digunakan oleh para pengembang aplikasi android dalam melakukan uji coba selama proses pembuatan aplikasi.

Walaupun SDK bisa menjalankan aplikasi BBM, akan tetapi Android SDK tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Terlebih lagi cara settingnya yang rumit, bisa membuat orang awam kebingungan. Selain itu Android SDK juga memiliki ukuran yang sangat besar, yakni sekitar 5 GB. Admin tekankan sekali lagi, Android SDK hanya diperuntukan bagi developer saja.

Lantas, bisakah kita menjalankan aplikasi BBM di PC tanpa emulator? jawabannya tentu saja tidak. Karena seperti yang admin jelaskan di awal tadi, BBM hanya tersedia pada perangkat smartphone dan tablet saja. Mau tidak mau kita tetap harus menggunakan emulator agar bisa menjalankan aplikasi BBM. Lalu bagaimana cara instal BBM di PC?

Menggunakan Emulator MEmu Play

Yup, saat ini sudah ada emulator android yang sangat ringan dan memiliki fitur canggih dibandingkan emulator jenis lainnya, yakni MEmu Play. Saking ringannya, admin bisa memainkan game GTA San Andreas for android dengan lancar jaya, dan laptop yang admin gunakan hanya memiliki RAM 2 GB.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi terjadi lag pada saat menjalankan aplikasi BBM. Nah, untuk itu langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, silakan instal emulator MEmu Play di PC kamu. Baca: Cara Install Emulator MEmu Play di PC.
  • Setelah terinstall di komputer kamu, langsung jalankan emulatornya.
  • Buka Google Play Store dan download aplikasi BBM, atau kamu bisa juga menginstall langsung file APK-nya jika sudah ada.
  • Setelah aplikasi BBM terinstall, akan muncul launcher berupa ikon BBM pada layar emulator, langsung buka aplikasinya.

cara install bbm di pc

  • Secara otomatis emulator MEmu Play berubah dari lanskap ke portrait. Berikutnya kamu akan dibawa ke halaman awal BBM, pilih saja SIGN IN.

cara install bbm di pc

  • Terakhir, silakan login ke BBM menggunakan email dan password kamu.

cara install bbm di pc

Sampai tahap ini kamu sudah bisa BBM-an ria di komputer PC dengan lancar. Sebagai tambahan, jika kamu ingin menggunakan 2 akun BBM sekaligus, kamu tinggal membuka fitur multi-memu. Jadi, kamu bebas ingin menggunakan banyak akun sekaligus, dengan catatan beban PC kamu juga ikut bertambah sehingga terasa sedikit berat.

Selain multi akun, ada beberapa fitur keren lainnya yang tersedia pada emulator MEmu Play, yaitu:

  • Support Android Lollipop
  • Ringan, cepat dan stabil
  • Bisa menjalankan emulator lebih dari satu
  • Support game controller USB Joystick untuk bermain game
  • Fitur keymapping untuk mengontrol game
  • Bisa root atau non-root
  • Bisa melakukan kustomisasi seperti: jumlah CPU, ukuran RAM, mengubah IMEI, dsb.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi BBM

Bagikan:

One Comment on “Cara Install BBM di PC dengan Mudah (BBM for PC)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *