Cara Install MEmu Play di PC, Emulator Android Paling Ringan

Emulator Android adalah software yang dibuat khusus untuk menjalankan sistem operasi Android pada komputer PC atau laptop. Singkatnya, kita bisa ‘mencicipi’ smartphone android tanpa harus membelinya, asalkan kita memiliki sebuah PC. Dengan adanya emulator Android yang terinstall pada komputer, kita bisa menjalankan segala aplikasi atau game dengan tampilan layar yang lebih lebar.

Jika kamu bertanya-tanya tentang ‘Apa emulator android paling ringan dan cepat untuk PC spek rendah dan cocok untuk bermain game?’ Jawabannya mungkin bervariasi. Namun dari sekian banyaknya emulator android yang pernah admin coba, ada satu yang menurut admin yang sangat direkomendasikan untuk kalangan gamer, yaitu MEmu Play.

Yup, selain ringan dan cepat, emulator ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan serunya bermain game android dengan layar yang lebih luas. MEmu Play dirancang khusus untuk para gamer yang dilengkapi dengan fitur keymapping yang bisa dikonfigurasikan dengan keyboard dan mouse. Selain itu MEmu Play juga support dengan USB Joystick untuk pengalaman bermain game yang lebih seru.

Kelebihan Emulator MEmu Play

1. Sudah Support Android Lollipop

Kebanyakan emulator lain masih menjalankan sistem operasi Jellybean atau Kitkat, namun MEmu Play sudah tersedia dalam OS Android versi Lollipop meskipun bukan termasuk yang terbaru saat ini. Selain Android Lollipop, kita juga bisa memilih apakah ingin menggunakan versi Jellybean atau Kitkat. Namun penting untuk diketahui, bahwa saat ini komputer kamu harus dilengkapi dengan prosessor berarsitektur 64 bit untuk versi Lollipop.

2. Ringan, Cepat dan Stabil

Emulator MEmu Play memiliki performa yang sangat cepat dibandingkan emulator lainnya. Berdasarkan uji coba menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, MEmu Play mampu mengalahkan smarphone flagship sekelas Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Note 5, bahkan score-nya jauh melampaui Bluestacks. Namun itu semua kembali lagi pada spesifikasi komputer yang kamu gunakan, semakin tinggi speknya maka semakin bagus performanya.

cara install emulator memu play

Berdasarkan uji coba yang telah admin lakukan, MEmu Play mampu menjalankan game GTA San Andreas Android dengan sangat lancar hanya bermodalkan laptop RAM 2 GB. Selain itu, emulator ini cukup stabil dan minim bug.

3. Kompatibilitas Yang Tinggi

Emulator ini bisa dijalankan pada hampir semua versi Windows, seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Sayangnya, saat ini belum support dengan OS berbasis Linux dan Mac OS. Untuk masalah CPU dan GPU yang digunakan, kamu tidak perlu khawatir karena MEmu Play support dengan Intel, AMD, maupun NVIDIA.

4. Bisa Menjalankan Emulator Lebih dari Satu Secara Bersamaan

MEmu juga dilengkapi dengan fitur untuk menjalankan beberapa emulator sekaligus. Hanya dengan sekali klik, emulator baru bisa dijalankan tanpa mengganggu emulator lainnya. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memainkan dua akun game online sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

5. Game Controller yang Mudah Dikostumisasi

Dengan Emulator Android terbaik yang satu ini kamu bisa memainkan segala jenis game populer seperti RPG, Action, Balapan, Olahraga, FPS tanpa khawatir dengan controller. MEmu Play dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan para gamer. Kita bisa memanfaatkan fitur keymapping yang lengkap untuk mengkonfigurasikan keyboard dan mouse. Selain itu kamu juga bisa menggunakan USB Joystick untuk pengalaman bermain game yang lebih seru.

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh MEmu Play meskipun masih banyak fitur keren lainnya yang belum dibahas. Oke, jika kamu tidak sabar ingin memainkan game atau aplikasi android di PC, pada artikel ini admin akan membagikan bagaimana cara install emulator Android MEmu Play di Komputer PC atau Laptop.

Langkah-langkah Menginstall Emulator MEmu Play di PC

  • Pertama sekali silakan kamu download terlebih dahulu Emulator MEmu Play langsung dari situs resminya melalui link ini
  • Selesai diunduh, kemudian silakan jalankan file tersebut dengan cara double klik.
  • Kemudian akan muncul jendela instalasi, silakan di-install seperti biasa.
  • Setelah proses instalasi selesai, tekan tombol Launch untuk menjalankannya.
  • Tunggu hingga emulator terbuka.
  • Selamat, sekarang emulator MEmu Play sudah berhasil dipasang.
  • Silakan login ke Google Play dengan akun Google kamu untuk mendownload aplikasi atau game.

Sampai di sini kita sudah berhasil memasang emulator android di PC. Kita bisa melakukan pengaturan lebih lanjut seperti merk ponsel, nomor IMEI, jumlah prosesor, besar RAM, root atau non-root, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih untuk tampilan lanscape, portrait atau fullscreen.

cara install emulator memu play

cara install emulator memu play

Lihat juga: 10 Emulator Android Terbaik Yang Paling Ringan dan Lancar

Itulah tutorial tentang cara install emulator android paling ringan dan cepat untuk PC spek rendah. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait pembahasan di atas, silakan ditulis pada bagian komentar di bawah ini. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini untuk membagikannya ke sosial media kamu. Selamat mencoba…

Bagikan:

16 Comments on “Cara Install MEmu Play di PC, Emulator Android Paling Ringan”

    1. Install nya di mana gan, di netbook kah?
      Ane pernah nyoba install di netbook, tapi juga stuck di 99% gan
      Biasanya netbook gak ada fitur Virtualization-nya. Coba cek lewat BIOS, ada fitur Virtualization-nya gak

  1. Min mau nanya gua udh instal tapi si memu nya gk bisa ngebuka facebook lite dan browsing, sama gk bisa masuk ke google play games,, padahal wifi on. Di pake maen ML lancar, tp pas buka facebook bacaannya wifi error mulu,, tau kagak min knpa? Pas nginstal juga harus konek gk sih?

    1. Wah, aneh juga masalahnya ya. Coba buka aplikasi yang lain gan, misalnya Google Play Store. Kalau bisa ngedownload aplikasi, berarti masalahnya bukan di jaringan. Ane nginstalnya pas offline juga kemaren gan, hasilnya lancar-lancar aja kok. Kalo masih gak bisa coba pake emulator lain seperti Nox App Player, fiturnya juga gak kalah kok sama MEmu, tapi agak berat sih.

  2. min kenapa waktu instal cuma sampe 70% doang, terus failed to install. udah coba update driver vga juga gak bisa

    1. Kemungkinan besar terjadi konflik dengan software anti-virus di komputernya. Coba matikan terlebih dahulu anti-virusnya gan, lalu install kembali emulatornya. Atau agan juga bisa menemukan solusinya di sini.

  3. mau tanya, setelah instal selesai trs klik launch kemudian muncul jendela memu tapi cm sbtr trs ilang, coba buka lagi muncul sbtr trs ilang lagi…kenapa ya..???

    1. Kemungkinan besar prosesornya belum support fitur Virtualization, atau bisa jadi fitur Virtualization-ya belum diaktifkan lewat BIOS. Coba agan cek, apakah sudah diaktifkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *