Cara Kirim File dari Android ke Komputer Menggunakan Ftp Server

Dalam beberapa kasus mungkin kita sering membutuhkan file yang ada pada smartphone untuk dipindahkan ke komputer atau laptop. Namun, hal itu bisa saja dilakukan dengan menggunakan kabel USB sebagai media transfer data dari smartphone Android ke komputer. Akan tetapi, bagaimana jika kita lupa membawa kabel USB dan kita sangat membutuhkan file tersebut secepat mungkin. Tenang dulu, ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan kabel USB, melainkan kita memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk mentransfer data.

Tak bisa dipungkiri, di jaman yang serba canggih saat sekarang ini kita bisa melakukan sesuatu yang mungkin di anggap mustahil. Ya, sebagai buktinya sekarang ini para pengembang aplikasi android berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Aplikasi yang dimaksud adalah Ftp Server, aplikasi ini berfungsi untuk mentransfer file hp android ke komputer atau laptop layaknya seperti layanan File Transfer Protocol yang digunakan untuk mentransfer file dari komputer server ke komputer client pada umumnya.  Bedanya, aplikasi Ftp Server ini dibuat khusus untuk smartphone.

Ftp Server memanfaatkan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Tidak hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan data seluler sebagai penghantar data. Dan tentunya kita juga membutuhkan koneksi internet jika kita menggunakan jaringan selular.

Nah, untuk saat ini kita akan membahas cara mentransfer data dari android ke komputer menggunakan aplikasi Ftp Server dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Tentu syaratnya kedua perangkat harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dollar di Android Dengan Aplikasi WHAFF

Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Menggunakan Ftp Server

1. Pertama, kamu harus download terlebih dahulu aplikasi yang bernama Ftp Server, setelah itu install seperti biasa.

2. Setelah diinstall, hubungkan kedua perangkat (android dan komputer) ke jaringan Wi-Fi yang sama. Jika di lokasi kamu tidak ada jaringan wifi, kamu bisa membuat Wi-Fi Hostpot langsung di laptop kamu kemudian sambungkan android mu ke jaringan Hostpot yang telah dibuat.

Baca: Cara Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot Tanpa Software

3. Setelah kedua perangkat terhubung pada jaringan yang sama, buka aplikasi Ftp Server yang didownload tadi pada smartphone android kamu. Kemudian tekan tombol power untuk mendapatkan alamat Ftp yang akan diakses melalui komputer.

cara kirim file dari android ke komputer

4. Pada gambar di atas terlihat bahwa Alamat Ftp nya adalah ftp://192.168.137.144:2221. Nah, untuk memulai transfer file, silakan buka browser yang ada pada komputer kamu, baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome atau yang lainnya. Kemudian ketikkan alamat Ftp tadi pada Address bar browser kamu, kemudian tekan Enter. Jika diminta untuk login, silakan masukkan username dan password yang tertera di layar android kamu.

cara kirim file dari android ke komputer

Nah, di situ akan terbuka semua folder dan file yang ada pada penyimpanan android kamu. Untuk memindahkan file dari android ke komputer, kamu cukup meng-klik salah satu file yang ada di sana kemudian klik download.

cara kirim file dari android ke komputer

Setelah selesai memindahkan file, matikan aplikasi Ftp Server di android kamu dengan cara menekan tombol power yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Itulah cara mudah mentransfer file dari android ke komputer tanpa kabel dengan memanfaatkan teknologi Wi-Fi. Mudah sekali bukan? Jadi, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir jika ada kebutuhan mendesak seperti kasus di atas karena sudah ada aplikasinya.

Lihat juga: Cara Transfer File Cepat dari Android ke Komputer Menggunakan WiFi (SHAREit)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *