Cara Transfer File Cepat dari Android ke Komputer Menggunakan WiFi (SHAREit)

Di era serba canggih seperti pada saat sekarang ini kegiatan transfer-mentransfer file sudah menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Apa lagi dengan adanya berbagai macam perangkat yang memudahkan pekerjaan manusia seperti smartphone dan komputer. Tentunya kegiatan mengirim file dari perangkat yang berbeda pasti sering kita lakukan.

Untuk mengirim file dari komputer PC atau Laptop ke smartphone Android maupun sebaliknya biasanya kita bisa menggunakan kabel data USB sebagai jalur lalu lintas file tersebut. Namun bagaimana jika kita tidak mempunyai kabel data atau kita lupa manaruh kabel USB tersebut? Jangan panik dulu, karena kita bisa mentransfer file dari Komputer ke Android atau sebaliknya hanya dengan menggunakan teknologi WiFi.

Ya, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini semua pekerjaan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Salah satunya yaitu mengirim file dari Android ke komputer hanya menggunakan WiFi dan ini lebih efektif dari pada menggunakan kabel data yang sedikit ribet. Kamu penasaran bagaimana caranya? Yuk disimak pada tutorial di bawah ini.

Cara Mengirim File Dari Android ke PC Atau Sebaliknya Tanpa Kabel (via jaringan Wi-Fi)

Untuk bisa mengirim data dari PC ke Android atau sebaliknya kita membutuhkan sebuah aplikasi yang serba guna yaitu SHAREit. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Windows yang berfungsi untuk mentransfer file dari perangkat yang sama maupun perangkat yang berbeda. Misalnya dari Android ke Android, dari Android ke iOS atau sebaliknya, dan dari PC ke Android atau sebaliknya.

Untuk jenis file yang dikirim tidak sebatas file musik atau foto saja, loh. Kita juga bisa mengirim semua jenis file atau aplikasi APK Android secara cepat dan mudah. Selain berfungsi sebagai transfer file, dengan aplikasi ini kita bisa mengendalikan presentasi Power Point di komputer hanya lewat sentuhan smartphone dan pastinya sangat memudahkan mahasiswa dalam kegiatan presentase. Oke pada tutorial kali ini admin akan menjelaskan beberapa cara tentang penggunaan aplikasi SHAREit ini.

1. Transfer File dari PC ke Android Atau Sebaliknya

1. Pertama kamu harus download dan install aplikasi SHAREit di smartphone kamu langsung dari Google Play Store atau klik link berikut ini.

2. Kemudian kita juga harus menginstall aplikasi SHAREit untuk Windows yang bisa kamu download melalui link berikut ini.

3. Setelah kedua aplikasi terinstall pada PC dan Android kamu kemudian silakan dijalankan aplikasinya di komputer atau laptop kamu. Perlu diingat seblumnya bahwa komputer atau laptop kamu harus sudah mendukung konektivitas WiFi. Jika kamu menggunakan PC secara default tidak tersedia fitur ini, untuk mengakalinya kamu bisa membeli WiFi Adapter yang tersedia di pasaran dengan harga sekitar Rp 70.000 tergantung merk.

4. Setelah aplikasi dijalankan di komputer kamu otomatis dia akan menyalakan hotspot untuk konektivitasnya.

cara kirim file dari android ke komputer via wifi

5. Selanjutnya kita beralih ke Android, silakan jalankan aplikasi SHAREit di smartphone kamu dan tap Menu di pojok kiri atas lalu pilih Sambungkan ke PC. Setelah tersambung kita sudah bisa melakukan transfer file baik dari Android ke PC maupun sebaliknya.

cara kirim file dari android ke komputer via wifi

2. Transfer File Dari Android ke PC Menggunakan Fitur Web Share

Selain dari metode menyambungkan antara kedua perangkat menggunakan SHAREit, ada juga fitur Web Share yang mirip dengan FTP (File Transfer Protocol). Jadi maksud nya di sini adalah kita tidak perlu menginstall aplikasi SHAREit di PC, cukup diinstall di Android saja kemudian kita akan menggunakan web browser di PC untuk memindahkan file.Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini.

1. Pertama buka aplikasi SHAREit di Android kamu, tap pada menu di pojok kiri atas kemudian pilih Web Share. Selanjutnya silakan pilih aplikasi atau file yang akan ditransfer ke komputer kamu. Setelah semuanya dicentang kemudian pilih Kirim, dan akan muncul sebuah halaman yang bertuliskan alamat http://192.168.43.1:2999. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut.

cara kirim file dari android ke komputer via wifi

2. Selanjutnya kita beralih ke komputer, buka web browser di komputer kamu (Mozzila Firefox, Chrome atau yang lainnya) lalu ketikkan alamat IP yang tertera di layar Android kamu tadi ke address bar web browser, kemudian tekan Enter dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

cara kirim file dari android ke komputer via wifi

3. Di sini kita bisa mendownload secara langsung file yang kita kirim dari Android tadi ke komputer. Cara ini lebih simple tanpa harus menginstall aplikasi SHAREit di PC. Untuk kecepatan transfernya sendiri juga sama, yakni sekitar 6 Mbps.

3. Transfer File Super Cepat dari Android ke Android Menggunakan SHAREit

1. Untuk bisa mengirim file ke sesama smartphone Android syaratnya adalah kedua smartphone tersebut harus terinstall aplikasi SHAREit terlebih dahulu. Jika sudah terinstall di kedua smartphone, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Silakan buka aplikasi SHAREit di HP Android A dan Android B, lalu di Andoid A pilih Kirim, sedangkan di Android B pilih Terima.

3. Selanjutnya otomatis Android A akan men-scan jaringan dari Android B, jika sudah terdeteksi silakan pilih icon SHAREit Android B. Setelah terhubung kita sudah bisa mentransfer semua file dari smartphone A ke smartphone B. Baik itu file musik, foto, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Aplikasi Sharing File Cepat Untuk Android dan Komputer (via WiFi)

Itulah tutorial Cara Mudah Transfer File Menggunakan Aplikasi SHAREit tanpa menggunakan kabel data (via jaringan WiFi). Selain mengirim dan menerima file antar perangkat, pada aplikasi ini juga terdapat berbagai macam fitur canggih lainnya yang akan membuat pekerjaan kamu jadi lebih mudah. Jika ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan silakan tulis komentarmu di kolom komentar yang tersedia di bawah ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *