Cara Melacak HP Android Yang Hilang Lewat Komputer

Terkadang setiap orang bisa saja kehilangan samrtphone android miliknya entah itu tercecer di jalan, dicuri, atau bisa jadi karena lupa di mana minyimpan HP android tersebut. Mungkin saat ini kamu juga mengalami hal serupa dan berusaha untuk mencari cara gimana supaya smartphone android mu bisa ditemukan kembali. Kalau begitu kamu berada pada tempat yang tepat, karena Skotident akan memberikan tips mudah yang tentunya sangat membantu masalah yang sedang kamu alami.

Untuk bisa melacak HP android yang hilang tidaklah sulit asalkan kita tahu trik sederhana ini. Seperti yang kita ketahui pada umumnya HP android sekarang ini sudah mendukung fitur GPS yang mampu mengetahui lokasinya secara akurat. Cara kerja GPS ini yaitu dengan menerima sinyal dari beberapa satelit yang ada di luar angkasa sehingga bisa menentukan lokasi secara akurat. Jadi, di mana pun samrtphone kamu berada, kita bisa mengetahuinya dengan cara berikut ini.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Lewat Komputer

Setelah kami melakukan uji coba dengan cara ini, ternyata hasilnya sangat memuaskan. Kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan pada android. Kita hanya memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Google yakni Android Device Manager. Bagaimana caranya? Langsung saja disimak yuk.
Sebelum kita mempraktekkannya, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi agar cara ini 100% berhasil, apa saja?

1. HP Android Harus Dalam Keadaan Menyala dan Terkoneksi Dengan Internet

Persyaratan pertama yang harus terpenuhi adalah smartphone harus dalam keadaan menyala, karena jika dalam keadaan mati tentu saja cara ini tidak akan berhasil. Selain itu, HP juga harus terkoneksi dengan internet, ini berfungsi untuk mendapatkan informasi di mana samrtphone kamu berada.

2. Fitur Android Device Manager Harus Dalam Keadaan Aktif

Untuk bisa mengakses dan menghubungi HP kamu, sebelumnya kamu sudah mengaktifkan fitur Android Device Manager. Caranya masuk ke Google Settings -> Security -> lalu centang pada bagian Allow Remote Lock and Factory Reset. Ini berfungsi untuk memeberikan izin agar kita bisa me-remote android dari perangkat komputer.

cara melacak hp android yang hilang lewat pc

3. Sudah Sign in di Android Menggunakan Akun Google Yang Aktif

Dan yang paling penting adalah pastikan kamu sudah Sign in di android menggunakan akun Google yang aktif dan tentunya kita bisa login kembali menggunakan akun Google tersebut di perangkat komputer nantinya. Jika persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi web browser di komputer kamu, kemudian kunjungi alamat web ini www.google.com/android/devicemanager lalu login menggunakan akun google yang sama dengan yang kamu gunakan di android.

cara melacak hp android yang hilang lewat pc

2. Jika muncul pemberitahuan yang bertulisakn “Allow Android Device Manager to use location data?” langsung saja pilih Accept. Jika tidak muncul kita lanjut ke langkah berikutnya.

3. Selanjutnya klik ikon GPS yang ada di pojok kanan atas untuk menemukan lokasi hp android kamu. Ini akan menghubungi perangkat android dan menerima informasi di mana lokasinya berada. Namun jika fitur GPS hp kamu dalam keadaan mati, kita tidak bisa mendapatkan lokasi secara akurat. Tetapi kita masih bisa menyalakan GPS dengan cara meresetnya dengan menekan tombol Hapus di komputer. Ini akan mengembalikan hp android ke pengaturan pabrik sehingga GPS akan otomatis menyala.

cara melacak hp android yang hilang lewat pc

4. Jika hp android kamu berhasil ditemukan, maka akan muncul semua informasi lokasi serta peta di mana lokasi hp kamu berada.

cara melacak hp android yang hilang lewat pc

Di sini kita tidak hanya bisa mengetahui lokasinya saja. Kita juga bisa mengunci smartphone menggunakan password demi mencegah pencuri agar tidak bisa mengakses data penting. Selain itu jika kamu merasa hp tersebut masih berada di rumah namun lupa menaruhnya di mana, kita bisa menderingkannya lewat komputer dengan menekan tombol dering. Sehingga hp tersebut mengeluarkan suara sekeras mungkin.

Baca juga:

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk Melacak HP Android yang Hilang Tanpa aplikasi. Dengan adanya fitur Android Device Manager yang disediakan oleh Google ini tentu saja lebih akurat dan simpel tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *