Cara Melacak HP Android Lain yang Hilang/Dicuri Lewat Android dengan Aplikasi

Android adalah sistem operasi paling populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan smartphone android kita dapat melakukan banyak hal yang belum tentu bisa dilakukan oleh smartphone lain. Salah satunya yaitu melacak hp android lain yang hilang/dicuri lewat android dengan aplikasi.

Yup, jika kamu mengalami kejadian seperti hp android hilang atau dicuri, atau ada teman kamu yang kehilangan smartphone miliknya, maka kamu bisa membantu untuk menemukannya dengan mudah. Tidak hanya perangkat ponsel saja, kita juga bisa menemukan tablet dan jam tangan pintar Android Wear.

Bagaimana cara kerjanya? Di sini kita akan menggunakan aplikasi android yang bernama Temukan Perangkat Saya buatan Google. Untuk menggunakannya kita harus menginstall aplikasi tersebut di hp android, lalu kita akan melacak hp atau tablet yang hilang dengan memanfaatkan fitur GPS. Supaya cara ini berhasil, perangkat android yang hilang harus:

  • Sedang dalam keadaan menyala (aktif).
  • Login ke akun Google.
  • Terhubung dengan internet (data seluler atau Wi-Fi).
  • Terlihat di Google Play.
  • Mengaktifkan fitur lokasi (GPS).

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar ponsel android kamu bisa ditemukan, selengkapnya bisa kamu baca pada laman ini. Nah, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya berikut ini.

Menemukan HP Android Yang Hilang Lewat Android Lain

  1. Pertama sekali silakan install aplikasi Temukan Perangkat Saya di hp android kamu, kamu bisa mendapatkannya melalui link ini.
  2. Setelah diinstall, jalankan aplikasinya. Pilih menu Alihkan akun.
  3. Pilih Login Sebagai Tamu, setelah itu silakan login menggunakan alamat email yang sedang aktif di hp teman kamu yang hilang tersebut.
  4. Jika berhasil login, maka aplikasi secara otomatis menampilkan lokasi android yang hilang pada peta.
  5. Ikuti lokasi tersebut.
  6. Jika kamu merasa sudah berada di lokasi dengan tepat, silakan deringkan hp tersebut dengan menekan tombol Putar Suara. Maka smartphone tersebut akan berdering dengan keras selama 5 menit.

cara melacak hp android yang hilang

Sampai di sini diharapkan kamu bisa menemukan ponsel yang hilang tersebut dari tangan si pencuri. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini. Kamu bisa pilih apa yang ingin kamu lakukan, di antaranya:

  • Putar Suara: Menderingkat perangkat dengan volume maksimum selama 5 menit, meskipun perangkat telah disetel ke mode senyap atau getar.
  • Kunci: Mengunci smartphone kamu menggunakan pola, PIN atau sandi. Jika smartphone kamu tidak dikunci sebelumnya, kamu bisa menyetelnya. Kamu bisa menambahkan pesan pemulihan atau nomor telepon ke layar kunci.
  • Hapus: Menghapus semua data hp kamu di memori internal secara permanen, namun tidak di kartu SD. Jika kamu menghapusnya, maka fitur Temukan perangkat saya tidak akan berfungsi lagi.

Artikel terkait: Cara Melacak Android yang Hilang Lewat PC

Nah, itu di tutorial tentang bagaimana cara melacak hp android yang hilang lewat smartphone lain menggunakan aplikasi Temukan Perangkat Saya. Cara ini bisa kamu lakukan jika smartphone kamu, teman, atau keluarga kamu hilang atau dicuri oleh seseorang. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Bagikan:

4 Comments on “Cara Melacak HP Android Lain yang Hilang/Dicuri Lewat Android dengan Aplikasi”

  1. Maaf gan saya mau tanya Hp opo f3plus istri saya dijambret di tebet bagaimana melacaknya istri saya tau emailnya tpi lupa paswordnya apabisa di lacak gan

    1. Sayangnya, untuk bisa melacak keberadaan hp yang hilang kita memang harus memiliki akses ke akun gmail-nya gan.
      Jika lupa, sepengetahuan saya hp tersebut sudah tidak bisa dilacak lagi. Tapi jika istri agan tau emailnya, agan bisa mencoba untuk menemukan kembali password yang lupa tersebut. Silakan baca Cara mengembalikan akun Gmail yang lupa password.
      Semoga berhasil gan.

    1. Tidak bisa gan, syaratnya smartphone tersebut harus dalam keadaan menyala, terkoneksi internet, dan akun Gmail dalam keadaan aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *