Cara Melacak Lokasi Teman di Google Maps Secara Real-time

Fitur share-location di hp android mungkin sudah banyak yang tahu, bahkan aplikasi pesan instan saat ini pada umumnya sudah memiliki fitur yang satu ini. Namun bagaimana jika kita ingin berbagi lokasi ke teman, keluarga, atau pacar secara real-time?

Kedengarannya cukup menarik ya, tapi fitur ini beneran ada lho. Beberapa waktu yang lalu Google menambahkan fitur baru ke aplikasi Google Maps miliknya, yakni berbagi lokasi secara real-time atau waktu nyata.

Yup, dengan adanya fitur ini kita bisa melacak posisi seseorang baik sedang dalam perjalanan maupun sedang diam di tempat. Ini sangat berguna bila kamu ingin ketemuan dengan teman, keluarga, atau pacar di suatu tempat.

Sehingga kamu tidak perlu lagi bertanya berulang kali kepada mereka “Sudah sampai di mana, masih lama ya?” dan tentu saja teman-temanmu tidak bisa berbohong dengan posisinya sendiri, karena setiap pergerakannya bisa kita ketahui dengan jelas.

Nah buat kamu yang penasaran bagaimana cara melacak lokasi teman di Google Maps secara real-time, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Melacak Posisi Teman di Google Maps Secara Real-time

Sebelum memulai, alangkah baiknya kita pahami dulu bagaimana cara kerja fitur share-location secara real-time ini. Sederhananya, smartphone android teman kamu akan mengirimkan laporan lokasinya yang didapat dari GPS ke server Google lewat koneksi internet melalui aplikasi Google Maps miliknya. Selanjutnya, Google mengirimkan informasi tersebut ke hp android kamu secara real-time di Google Maps.

Dengan demikian, kamu dan temanmu harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  • Memiliki aplikasi Google Maps versi terbaru
  • Fitur GPS dalam keadaan aktif
  • Smartphone Android harus terkoneksi dengan internet
  • Keduanya harus menjadi kontak di akun Google masing-masing. Jika belum, silakan add contact temanmu.

Catatan:Cara ini tidak akan bekerja jika di lokasi tidak ada jaringan seluler atau di tempat-tempat terpencil. Karena fitur ini membutuhkan koneksi internet.

Jika persyaratannya telah terpenuhi, langsung saja kita menuju ke tutorialnya di bawah ini.

1. Pertama sekali silakan diaktifkan fitur GPS di masing-masing smartphone dan jalankan aplikasi Google Maps.

2. Pada smartphone temanmu pilih lokasi saya. Jika posisinya telah ditemukan, tap pada titik biru yang menunjukkan lokasinya berada, lalu pilih Bagikan lokasi anda.

cara melacak lokasi teman di google maps

3. Lalu pilih kontak kepada siapa saja lokasi akan dibagikan.

cara melacak lokasi teman di google maps

4. Temanmu bisa mengatur berapa lama waktunya, atau bisa juga memilih pilihan “Sampai anda menonaktifkan ini”. Artinya berbagi lokasi akan berakhir jika temanmu menutup aplikasi Google Maps miliknya. Lalu pilih Bagikan.

cara melacak lokasi teman di google maps

5. Setelah temanmu menekan tombol Bagikan, kamu akan menerima email dari Google bahwa temanmu sudah mulai membagikan lokasinya. Silakan lihat di aplikasi Google Maps milikmu, sekarang kamu sudah bisa melacak keberadaanya.

cara melacak lokasi teman di google maps

6. Selain itu ada juga opsi untuk membagikan lokasimu dengannya. Artinya, dia juga bisa melacak pergerakan kamu. Ini sangat berguna jika temanmu tidak tahu tempat atau lokasi kalian ketemuan.

Bagaimana, mudah sekali, bukan? di sini kita tidak hanya bisa melacak lokasi secara dua arah, tetapi juga bisa melacak keberadaan beberapa orang sekaligus. Tentu cara ini sangat berguna bila suatu rombongan mengadakan pertemuan di suatu tempat seperti cafe, tempat wisata atau tempat nongkrong lainnya agar tidak tersesat.

Baca juga:

Demikianlah tutorial tentang cara melacak lokasi teman di Google Maps secara real-time yang bisa kamu coba. Jika artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan ke teman-temanmu melalui tombol share di bawah ini ya.

Bagikan:

2 Comments on “Cara Melacak Lokasi Teman di Google Maps Secara Real-time”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *