5 Cara Memblokir Nomor HP Orang Lain di Android (Panggilan & SMS)

Terkadang untuk alasan tertentu kita perlu memblokir atau block nomor hp seseorang dengan memasukkannya ke dalam blacklist di smartphone android kita. Entah itu orang yang iseng, godaan mantan, maupun orang-orang yang tidak diinginkan keberadaannya. Dengan membokir nomor telepon orang tersebut, tentu segala aktifitas seperti panggilan & SMS bisa dicegah untuk masuk ke hp kita.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memblokir nomor hp orang lain di android agar tidak bisa menghubungi kita. Mulai dengan cara manual tanpa aplikasi, maupun dengan bantuan aplikasi pihak ke-3. Nah, untuk itu pada artikel kali ini Konyoha akan berbagi tips buat kamu yang masih digodain mantan yang susah move on, atau orang-orang yang suka iseng dengan kamu. Bagaimana caranya? Silakan dibaca tulisan ini sampai habis ya.

Cara Blokir Nomor HP Orang Lain di Android

Sebelum masuk ke langkah pertama, perlu diingat bahwa cara ini bisa saja berbeda pada tiap-tiap merk dan tipe smartphone. Di sini admin menggunakan hp android buatan Samsung. Untuk smartphone merk lain seperti Xiaomi, Lenovo, Oppo, Asus, Sony, Advan dan lain-lain, caranya hampir sama.

1. Blokir Secara Manual (Tanpa Aplikasi)

Memblokir Panggilan

  • Pertama sekali silakan buka aplikasi Kontak di android kamu.
  • Pilih nomor hp yang akan kamu blokir.
  • Setelah dipilih, tekan tombol menu.
  • Kemudian centang pada pilihan Blokir langsung panggilan.
  • Selesai.

cara blokir nomor hp orang lain di android

Memblokir SMS

  • Langkah pertama silakan dibuka aplikasi Perpesanan atau SMS di smartphone kamu.
  • Pilih salah satu percakapan yang ingin kamu blokir pada daftar Inbox.
  • Tekan tombol Menu, pilih Pengaturan obrolan.
  • Terakhir, hilangkan centang pada pilihan Pemberitahuan.

cara blokir nomor hp orang lain di android

Sebenarnya pemblokiran SMS di sini bukan berarti hp kamu menolak SMS yang masuk, tetapi lebih ke mengkategorikan SMS yang masuk tersebut sebagai spam (untuk beberapa merk android). Sehingga pesan tersebut bisa kita lihat pada menu spam, namun kita tidak mendapat pemberitahuan.

Sampai di sini kita sudah berhasil memblokir panggilan & SMS masuk. Tetapi untuk beberapa merk dan tipe smartphone tidak menyediakan fitur ini. Sebagai alternatifnya, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ke-3 yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

2. Menggunakan Aplikasi Calls Blacklist

Jika kamu menginginkan fitur lebih, bisa menggunakan aplikasi gratis yang satu ini. Di sini kamu bisa memblokir beberapa nomor hp orang lain sekaligus dengan cepat, baik itu panggilan masuk maupun SMS. Selain itu ada beberapa fitur keren yang tersedia, seperti penjadwalan dan laporan berupa log panggilan atau SMS dari mereka yang sudah dimasukkan ke daftar blacklist.

Caranya:

  • Pada halaman utama, tap tombol tambah.
  • Kemudian pilih From contact jika kamu menyimpan nomer-nya, jika belum tersimpan pilih From calls log atau Input number.
  • Lalu ceklist kontak yang ingin kamu blokir
  • Terakhir, tekan tombol selesai.

cara blokir nomor hp orang lain di android

3. Menggunakan Aplikasi Blacklist Plus – Call Blocker

cara blokir nomor hp orang lain di android

Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang sayang kuota internet, karena ukurannya sangat kecil (sekitar 100 kb). Meskipun kecil, jangan meremehkan kemampuannya. Aplikasi ini bisa memblokir panggilan masuk atau sms, serta nomor pribadi. Adapun fitur di dalamnya yakni penjadwalan pemblokiran, kita bisa mengatur jam berapa saja pemblokir ini diaktifkan. Sehingga sangat cocok buat kamu yang sering diganggu saat tengah malam.

Lihat juga: Ssst! Begini Cara Merekam Panggilan Suara Saat Menelepon di Android

4. Menggunakan Aplikasi Truecaller

cara blokir nomor hp orang lain di android

Truecaller memiliki kemampuan yang kuat untuk memblokir panggilan & sms yang tidak diinginkan. Sehingga menjadikan komunikasi kita lebih aman dan efisien. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yang siap digunakan. Di antaranya adalah aplikasi SMS cerdas dengan segudang fitur canggih untuk memfilter pesan spam yang masuk, serta tersedia juga pilihan emoji unik untuk berkirim pesan menjadi lebih menyenangkan.

5. Menggunakan Aplikasi Mr. Number

cara blokir nomor hp orang lain di android

Aplikasi pemblokir panggilan dan SMS yang satu ini terbilang cukup canggih dari aplikasi lainnya. Mr. Number akan memblokir panggilan dan pesan spam yang tidak diinginkan, selanjutnya aplikasi ini akan memberitahu pengguna lain berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Ini sangat cocok untuk mendeteksi penipuan yang sering terjadi akhir-akhir ini. Selain itu terdapat juga laporan lengkap tentang log panggilan & sms yang masuk ke hp kamu. Sayangnya, fitur pemblokir sms saat ini belum tersedia untuk versi android 4.4 ke bawah.

Baca juga:

Nah, itu dia cara memblokir nomor hp orang lain di android yang bisa kamu coba untuk menghindar dari orang-orang yang tidak diinginkan keberadaanya. Ini bisa kamu terapkan untuk semua operator seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa untuk menuliskan pendapatmu pada bagian komentar di bawah ini ya.

Bagikan:

One Comment on “5 Cara Memblokir Nomor HP Orang Lain di Android (Panggilan & SMS)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *