Cara Membuat Kalkulator Sederhana di Windows Menggunakan Notepad

Untuk membuat program kalkulator di komputer windows biasanya seseorang dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman yang cukup rumit. Paling tidak kita harus menguasai salah satu dari beberapa bahasa pemrograman. Meskipun begitu, kita tetap bisa kok membuat program kalkulator sederhana walaupun tidak paham sedikitpun dengan dunia coding.

Yup, cukup bermodalkan aplikasi Notepad bawaan windows kita sudah bisa membuat dan menggunakan kalkulator versi kita sendiri tanpa harus jago dalam hal coding, keren banget kan?. Penasaran bagaimana cara membuat kalkulator sederhana di komputer windows menggunakan aplikasi Notepad? Langsung saja disimak tutorialnya berikut ini.

Membuat Program Kalkulator Sederhana di Komputer Windows

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Notepad adalah sebuah program bawaan windows yang terkesan sangat sederhana namun sangat berguna. Tidak hanya berfungsi untuk membuat catatan dalam bentuk teks biasa saja, namun kita bisa membuat berbagai macam script untuk dijalankan di komputer windows.

Salah satunya yang akan kita coba yaitu membuat kalkulator sederhana yang bisa mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Nantinya script yang kita buat tersebut akan disimpan dengan format .bat dan selanjutnya akan dijalankan di terminal atau command prompt. Okeh, tanpa banyak basa basi mari kita praktekkan di komputer masing-masing ya.

1. Pertama sekali silakan dibuka aplikasi Notepad di komputer kamu.

cara membuat kalkulator sederhana

2. Setelah itu salin kode di bawah ini ke dalam aplikasi Notepad.

@echo off
title Kalkulator versi Konyoha.com
echo ===========================================
echo Kalkulator Sederhana Versi Konyoha.com
echo ===========================================
:ulang
set /p A=Masukkan Angka Pertama =
set /p B=Masukkan Angka Kedua =
set /p o=Pilih Operator Hitung (*, +, -, /) =
echo -------------------------------------------
set /a "jumlah" = A%o%B
echo Jumlah = %jumlah%
echo -------------------------------------------
echo Tekan tombol apa saja untuk mengulangi!
pause>null
goto ulang

3. Selanjutnya simpan file tersebut dengan ekstensi .bat. Caranya pilih File -> Save as lalu tentukan lokasinya, pada bagian Save as type pilih All Files, dan pada bagian File name isi dengan Kalkulator.bat.

cara membuat kalkulator sederhana

4. Selesai, sekarang mari kita jalankan file Kalkulator.bat yang kita buat tadi dan silakan diuji.

cara membuat kalkulator sederhana

Dari tutorial di atas setidaknya kita sudah belajar sedikit tentang program sederhana dan mengetahui fungsi dari kode-kode tersebut. Untuk selanjutnya silakan bereksperimen sesuai dengan kreativitas kamu. Demikian tutorial singkat tentang cara membuat kalkulator sederhana dengan Notepad. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semua, selamat mencoba!.

Bagikan:

2 Comments on “Cara Membuat Kalkulator Sederhana di Windows Menggunakan Notepad”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *