Cara Mudah Membuat Partisi Baru di Harddisk Komputer Windows

Harddisk adalah media atau tempat penyimpanan data yang digunakan pada komputer saat ini. Kamu pasti pernah memperhatikan hardisk pada komputer atau laptop kamu, di mana pada umumnya di windows harddisk terbagi atas dua partisi, yakni partisi C dan Partisi D. Partisi C digunakan khusus untuk penyimpanan file sistem dan program-program yang terinstal, sedangkan partisi D digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti dokumen, musik, video, dan lain-lain.

Namun untuk berbagai keperluan ada kalanya kita membutuhkan tempat penyimpanan khusus, entah itu untuk membuat dual boot (dual OS), file, atau lain sebagainya. Nah, yang harus kita lakukan adalah membuat partisi baru atau membagi hardisk tersebut agar bisa terpisah. Namun, bagi kebanyakan orang mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara membuat partisi baru, atau mereka takut akan kehilangan semua data gara-gara melakukan kesalahan.

Sebenarnya membuat partisi baru pada harddisk tidaklah sulit. Cukup dengan beberapa langkah mudah, partisi baru sudah berhasil dibuat dan langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Nah, buat kamu yang ingin membuat partisi untuk menjadikan komputer dual boot atau untuk keperluan lainnya, berikut konyoha.com akan menjelaskan tutorialnya yang bisa kamu baca pada artikel di bawah ini.

Cara Membuat Partisi Baru Pada Harddisk Komputer Windows

1. Pertama kita masuk ke menu Computer Management, untuk windows 7 caranya klik Start -> klik kanan pada Computer -> pilih Manage. Jika kamu menggunakan windows xp, windows 8, atau windows 10, caranya kurang lebih hampir sama.

2. Kemudian kita akan masuk ke Computer Management. Selanjutnya klik Disk Management yang ada pada Storage, lalu di sebelah kanan akan muncul semua partisi yang ada pada komputer kita, yakni System Reserved, (C), dan Data (D).

3. Karena kita akan membagi partisi Data (D), maka klik kanan pada Data (D) lalu klik Shrink Volume.

4. Nah di sini kita harus menentukan ukuran partisi baru sesuai kebutuhan, apakah kita akan menggunakannya untuk dual OS atau untuk menyimpan data biasa. Pada contoh kali ini admin akan membuat partisi baru dengan space sebesar 30 GB (30720 Mb), lalu klik tombol Shrink.

5. Selanjutnya akan muncul sebuah ruang kosong Unallocated sebesar 30 GB. Jika ruang kosong tersebut akan kamu gunakan untuk dual boot, langkah-langkahnya cukup sampai di sini saja. Tetapi jika untuk keperluan penyimpanan file biasa, kamu perlu memformat partisi kosong tersebut ke file system NTFS. Klik kanan pada Unallocated lalu klik New Simple Volume.

6. Selanjutnya pada jendela New Simple Volume Wizard, klik saja Next, lalu klik Next lagi.

7. Kemudian klik Next lagi sampai kamu tiba pada jendela Format Partition. Untuk File system ubah ke NTFS, pada bagian Volume label isikan nama sesuai keinginan kamu, lalu klik Next dan Finish.

8. Selesai, kini partisi baru sudah berhasil dibuat dan siap digunakan sebagai tempat penyimpanan file. Silakan dicek melalui Windows explorer akan ada partisi baru yang sudah kita buat tadi.

Itulah tutorial tentang cara membuat partisi baru pada harddisk komputer windows yang bisa kamu praktekkan. Diharapkan agar pada setiap langkah-langkahnya dilakukan dengan benar agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti hilangnya data penting yang sudah tersimpan sebelumnya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *