Cara Membuat Thumbnail Youtube Keren di HP Android

Thumbnail kustom merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib ada pada video youtube. Faktanya, thumbnail yang bagus akan menarik perhatian penonton dan terbukti ampuh dalam meningkatkan CTR, sehingga terjadi peningkatan jumlah tayang secara signifikan.

Loading...

Jika kalian adalah seorang youtuber, kalian harus mampu membuat thumbnail yang menarik demi meningkatkan jumlah view video, sehingga channel youtube kalian bisa berkembang dengan cepat.

Untuk membuat thumbnail yang menarik, biasanya para konten kreator menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop atau aplikasi sejenis lainnya di komputer. Masalahnya, tidak semua orang punya komputer sendiri di rumah, bahkan banyak youtuber yang mengandalkan smartphone untuk mengelola channel youtube-nya.

Tutorial Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan HP Android

Beruntung saat ini banyak aplikasi pembuat thumbnail youtube yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Dengan aplikasi tersebut kalian bisa membuat thumbnail youtube keren meskipun tidak memiliki keahlian dalam bidang desain grafis.

Aplikasi yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini adalah Ultimate Thumbnail Maker For Youtube. Alasan kenapa saya memilih aplikasi ini adalah mudah digunakan dan tersedia beragam template siap pakai untuk diedit sesuka hati. Mulai dari tema video game, traveling, makanan, musik, dan masih banyak lagi.

Loading...

Oke, cukup sekian dulu penjelasannya, tanpa panjang lebar lagi langsung saja kita menuju ke langkah-langkah membuat thumbnail youtube di ponsel android:

  • Pertama-tama download dulu aplikasi Ultimate Thumbnail Maker For Youtube.
  • Setelah didownload langsung jalankan aplikasinya.
  • Jika kalian ingin membuat thumbnail yang keren dan praktis berdasarkan template yang telah disediakan, pilih menu Readymade Thumbnail. Kemudian pilih Thumbnail For Youtube (1280 x 720).
Gambar 1
  • Selanjutnya pilih template yang sesuai dengan tema video kalian. Pada contoh kali ini saya akan membuat thumbnail untuk video yang bertemakan game.
Gambar 2
  • Nah, untuk mengubah background menjadi foto atau screenshot game kalian, pilih menu Background di pojok kanan bawah, lalu pilih apakah kalian ingin meng-impor gambar dari galeri atau menggunakan gambar yang tersedia di aplikasi.
Gambar 3
  • Setelah itu kalian bisa mengubah setiap elemen seperti teks, font, warna, dan sebagainya. Bahkan kalian bisa menambahkan atau menghapus objek yang tidak diinginkan. Jika sudah, klik tombol simpan (segitiga kebawah) di pojok kanan atas untuk menyimpannya ke galeri.
Gambar 4
  • Berikut contoh thumbnail youtube yang saya buat menggunakan aplikasi android.
cara membuat thumbnail youtube di android

Bagaimana, mudah sekali bukan? dengan aplikasi ini kalian tidak butuh waktu lama untuk membuat thumbnail video youtube. Cukup bermodalkan smartphone android dan kreatifitas kalian sudah bisa menciptakan thumbnail yang keren dan profesional.

Baca juga: Cara Membuat Video Intro Youtube Keren Hanya Bermodalkan HP Android

Demikianlah tutorial tentang cara membuat thumbnail youtube di android yang bisa kalian praktekkan di smartphone masing-masing. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, kritik dan saran, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.