Cara Mudah Membuat WiFi Hotspot di Laptop (Komputer PC) Tanpa Software

Membuat wifi hotspot biasanya bertujuan untuk berbagi (sharing) koneksi internet dari perangkat satu ke beberapa perangkat lainnya yang mendukung konektivitas WiFi, seperti laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain. WiFi hotspot sendiri biasanya bisa kita buat dengan mudah menggunakan smartphone android (tathering), hanya dengan beberapa klik saja hp android sudah bisa memancarkan sinyal wifi untuk ditangkap oleh perangkat lain yang membutuhkan koneksi internet.

Namun bagaimana jika kita ingin menjadikan perangkat komputer atau laptop sebagai wifi hotspot-nya? Bisa kok, akan tetapi pada umumnya komputer windows tidak menyediakan fitur ini. Untuk bisa menjadikan komputer sebagai wifi hotspot biasanya kita membutuhkan aplikasi pihak ke tiga yang harus diunduh terlebih dahulu. Dan kebanyakan beberapa aplikasi tersebut juga tidak gratis, kita harus membeli lisensinya agar bisa menggunakan semua fitur secara penuh.

Eits… jangan sedih dulu, kamu bisa kok membuat wifi hotspot di laptop kamu tanpa menggunakan software apapun. Cukup dengan mengikuti beberapa langkah mudah di bawah ini, laptop kamu sudah bisa membagikan koneksi hotspot tanpa bantuan aplikasi. Penasaran bagaimana caranya? Yuk kita simak artikel ini sampai habis.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop Tanpa Software

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar cara ini bisa 100% work. Apa saja kah itu?

  • Komputer atau laptop kamu harus memiliki koneksi internet, entah itu dari modem, jaringan LAN, dan lain sebagainya. Karena tujuan kita adalah membagikan jaringan internet komputer ke perangkat lain lewat jaringan wifi hotspot.
  • Jika kamu menggunakan komputer PC (bukan laptop), kamu harus memiliki alat tambahan yang bernama WiFi Adaptor yang akan ditancapkan ke port USB. Bentuknya kurang lebih seperti flashdisk, untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 75.000 sampai Rp 150.000 tergantung merk. Namun jika kamu menggunakan laptop tidak perlu tambahan WiFi Adaptor, karena umumnya perangkat laptop sudah memiliki WiFi Adaptor di dalamnya.

Nah, jika semua persiapan di atas sudah terpenuhi, langsung saja kita praktekkan di komputer masing-masing ya.

#Membuat WiFi Hotspot 

1. Pertama kali silakan dibuka Command prompt di windows kamu menggunakan mode “Run as administrator“. Caranya klik Start -> All programs -> Accessories, klik kanan pada Command prompt -> Run as administrator. Jika muncul notifikasi, klik yes.

cara membuat wifi hotspot di laptop

Lalu akan keluar jendela Command prompt (CMD) berwarna hitam.

2. Lakukan pengecekan apakah wireless kamu support untuk menjalankan VAP (Virtual Access Point) atau tidak. Caranya ketik netsh wlan show drivers lalu tekan Enter. Maka akan muncul informasi seperti di bawah ini dan perhatikan tulisan yang ditandai dengan kotak warna merah.

cara membuat wifi hotspot di laptop

Jika masih bertuliskan No, kita harus mengaktifkannya dengan cara mengetikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow lalu tekan Enter. Kemudian cek lagi, jika masih tidak bisa berarti laptop kamu tidak support.

3. Jika berhasil, selanjutnya kita akan membuat nama wifi hotspot (SSID) beserta passsword-nya. Caranya ketikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Konyoha key=konyoha123

Keterangan:

Untuk tulisan yang berwarna merah silakan kamu ganti sesuai dengan keinginanmu. Di sini admin membuat jaringan hotspot dengan nama Konyoha dan konyoha123 untuk password-nya.

cara membuat wifi hotspot di laptop

4. Jika sukses, sekarang saatnya kita mengaktifkan hotspot dengan perintah netsh wlan start hostednetwork.

cara membuat wifi hotspot di laptop

Sampai tahap ini wifi hotspot telah aktif, namun belum bisa digunakan untuk internetan. Karena kita belum melakukan sharing koneksi internet komputer ke jaringan hotspot-nya. kamu bisa cek sinyal wifi menggunakan perangkat lain seperti smartphone atau tablet.

#Sharing Koneksi Internet 

1. Sekarang kita akan membagikan koneksi internetnya, caranya klik Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center lalu akan tampil gambar seperti di bawah ini.

cara membuat wifi hotspot di laptop

Pada gambar tersebut bisa kita lihat bahwa Indosat adalah koneksi internet utama kita, karena admin menggunakan modem dengan kartu Indosat. Selain itu ada Wireless Network Connection 2 yang merupakan jaringan yang kita buat tadi.

2. Selanjutnya klik Indosat -> Properties -> pilih tab Sharing -> centang ketiga kotak dan pilih nama wireless yang kita buat tadi (Wireless Network Connection 2) lalu tekan Ok.

cara membuat wifi hotspot di laptop

Sampai di sini koneksi internet sudah berhasil kita bagikan (sharing). Saatnya kita menyambungkan perangkat smartphone atau tablet ke jaringan wifi hotspot tersebut dan kita sudah bisa internetan ria di HP android.

Catatan:

  • Untuk mematikan WiFi Hotspot ketikkan perintah netsh wlan stop hostednetwork
  • Untuk menyalakannya kembali ketikkan perintah netsh wlan start hostednetwork

Bagaimana, mudah sekali kan? Dengan cara ini kita tidak perlu menginstall aplikasi pihak ke tiga untuk membuat wifi hotspot di komputer. Selain itu, paling tidak kita juga sudah belajar beberapa perintah terminal (command prompt) yang akan menambah ilmu pengetahuanmu. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua, selamat mencoba.

Bagikan:

2 Comments on “Cara Mudah Membuat WiFi Hotspot di Laptop (Komputer PC) Tanpa Software”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *