4 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer Paling Ampuh (Internet Positif, Sehat, dll)

Di jaman yang serba canggih ini siapa sih yang gak tau dengan internet. Ya, saat ini internet memang menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang. Bahkan tidak sedikit dari penggunanya yang kecanduan dengan teknologi yang satu ini. Bagaimana tidak, dengan adanya internet ini seakan-akan dunia berada di genggaman kita. Dengan mudah kita bisa memperoleh semua informasi terupdate dari berbagai macam situs di seluruh dunia.

Tetapi pernahkah kamu mengalami pada saat asyik- asyik browsing tiba-tiba situs yang akan kita kunjungi diblock oleh penyedia layanan internet yang kita gunakan seperti Telkomsel, Indosat, Three, XL, Telkom Speedy, dan lain sebagainya? Maksud diblock di sini adalah pada saat kita akan membuka sebuah situs tertentu tiba-tiba tidak bisa dibuka dan kita langsung diarahkan ke halaman Internet Positif, Internet Sehat, Internet Baik, dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan bagi yang mengalaminya.

Diblokirnya sebuah situs atau website oleh penyedia layanan internet di indonesia tentu bukan tanpa alasan. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kenapa sebuah situs diblokir atau tidak boleh diakses di negara kita tercinta indonesia. Lantas apa penyebab sebuah situs diblokir? Untuk lebih jelasnya bisa kamu baca pada artikel di bawah ini.

Kenapa Situs Tersebut Diblokir?

Pada umumnya pemblokiran yang dilakukan pada sebuah situs oleh penyedia layanan internet di indonesia (misalnya Telkom Speedy) karena situs tersebut memuat materi yang dianggap melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik di Indonesia. Pemblokiran tersebut dilakukan atas perintah Kemenkominfo.

Contohnya situs-situs yang mengandung materi dewasa, SARA, perjudian, penyebar Malware, penyebar kebencian di internet dan situs-situs berbahaya lainnya yang dianggap melanggar. Tentu kita semua sepakat bahwa situs-situs tersebut memang layak untuk diblokir, apa lagi keberadaannya yang berbahaya jika di lihat oleh anak-anak. Di sinilah fungsi Internet Positif untuk memblokir semua informasi berbahaya tersebut.

Internet positif adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan ISP yang ada di indonesia. Kebijakan ini berfungsi untuk menyaring semua konten-konten yang dianggap melanggar tersebut. Mereka melakukan pendataan dengan mencari semua situs yang memuat konten berbahaya kemudian situs tersebut akan dimasukkan ke dalam daftar blacklist. Jadi cara kerjanya ketika pengguna berselancar di internet dan kebetulan membuka situs yang kebetulan masuk ke daftar blacklist tersebut, maka secara otomatis akan dialihkan ke situs internet positif atau internet sehat.

Namun ternyata ada juga situs yang justru tidak memuat konten berbahaya tetapi tetap diblokir oleh pemerintah. Padahal situs tersebut sangat kita butuhkan untuk keperluan tertentu, misalnya saja situs download film dan lain-lain. Tentu hal ini akan membuat kita merasa kesal. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena bagaimanapun juga tetap ada celah untuk membuka situs-situs yang diblokir tersebut. Bagaimana caranya? Silakan kamu ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Paling Ampuh Membuka Situs Yang Diblokir Oleh Pemerintah

Dari berbagai cara atau eksperimen yang kami lakukan, setidaknya ada beberapa cara yang berhasil dan work 100%. Untuk melakukannya pun tidak membutuhkan keahlian khusus, kami yakin orang awam pun juga bisa melakukannya dengan mudah. Bagaimana cara membuka website yang diblokir tersebut? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Menggunakan Ekstensi (Add Ons) di Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome

Trik pertama yang akan admin jelaskan adalah membuka situs yang diblokir menggunakan fitur Ekstensi (Add Ons) yang akan kita pasang di browser. Jadi cara kerjanya ekstensi ini akan menyembunyikan alamat IP asli kita dan merubahnya ke alamat IP luar negeri, seolah-olah kita sedang berselancar di luar negeri dan tidak akan diblock oleh internet positif, internet sehat, dan internet baik. Jadi gunakanlah browser Mozilla atau Chrome ya.

#Melalui Mozilla Firefox

Pertama kali silakan buka browser mozilla di komputer kamu, klik menu pada pojok kanan atas kemudian klik Pengaya atau Extention.

Setelah itu kita akan dibawa ke halaman Pengaya dan klik Ekstensi. Kemudian pada kotak pencarian ketikkan Anonymox dan tekan Enter maka akan muncul beberapa Ekstensi. Selanjutnya pasang Ekstensi Anonymox, setelah selesai mengunduh silakan restart Mozilla di komputer kamu.

Nah, di sini kita perlu merubah alamat IP indonesia ke Alamat IP luar negeri. Caranya klik logo bendera Indonesia kemudian setting Country menjadi negara lain seperti USA atau UK lalu pilih OK. Selamat, kamu sudah bebas berselancar tanpa dihalangi oleh internet positif. Perlu diketahui bahwa kecepatan internet akan melambat dari sebelumnya karena ping yang besar akibat pergantian alamat IP.

#Melalui Google Chrome

Selanjutnya untuk kamu yang menggunakan browser Google Chrome kita bisa menginstall ekstensi yang bernama Browsec. Cara kerjanya hampir sama dengan ekstensi Anonymox di Mozilla. Pertama silakan buka Chrome di komputer kamu, pada menu di pojok kanan atas klik Setting lalu kita akan dibawa ke menu pengaturan. Pilih Ekstensi dan pilih Dapatkan ekstensi lainnya.

Kemudian kita akan dibawa ke Toko Chrome, pada kotak pencarian ketikkan Browsec lalu Tambahkan ke Chrome.

Setelah ditambahkan buka tab baru lalu klik icon Browsec yang ada di pojok kanan atas. Kemudian silakan setting dengan negara yang kamu mau. Untuk saat ini kami menggunakan negara Singapura karena kecepatannya yang cukup baik. Setelah itu kamu bebas berselancar sepuasnya.

2. Menggunakan Google Translate

Google Translate selain berfungsi sebagai penerjemah antar bahasa, ternyata banyak yang belum mengetahui fungsi bermanfaat lainnya. Kita bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah dengan hanya sekali klik. Bagaimana caranya?

Silakan kunjungi situs Google Translate atau klik link berikut ini. Kemudian ketikkan url situs yang diblokir tersebut di kolom sebelah kiri. Setelah itu akan muncul link aktif di hasil terjemahan dan klik link tersebut. Selamat, kini situs tersebut langsung bisa dibuka. Cara ini merupakan trik yang paling mudah dan simple.

3. Menggunakan DNS Google

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan DNS milik Google, DNS ini terdiri dari beberapa digit angka yang nantinya akan kita gunakan untuk mengganti DNS Network Adapter pada Windows yang kita gunakan. Berikut cara membuka situs yang diblokir menggunakan DNS Google.

Buka Network Adapter dengan cara klik Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center

Lalu klik pada koneksi yang kamu gunakan saat ini lalu klik Properties -> double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) -> pilih Use the following DNS server Addresses lalu sesuaikan dengan gambar di bawah ini. Setelah itu silakan kunjungi situs yang diblokir tadi.

4. Menggunakan Web Proxy Secara Gratis

Yang terakhir adalah dengan memanfaatkan layanan Web Proxy yang tersedia di beberapa situs secara gratis. Cara kerjanya juga kurang lebih sama dengan menggunakan Ekstensi di browser, nantinya alamat IP kita akan berubah menjadi IP Address luar negeri. Bedanya cara ini lebih mudah dari pada harus menginstall ekstensi di browser. Berikut caranya:

Silakan buka browser kamu dan ketikkan di pencarian Google dengan kata kunci “Web Proxy”, kamudian akan muncul beberapa situs penyedia web proxy yang bisa kita gunakan secara gratis. Silakan dibuka salah satu dari situs tersebut kemudian masukkan url situs yang diblokir tadi lalu tekan Enter. Selamat, sekarang kamu bisa membuka website tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah yang bertebaran di internet. Tetapi yang kami share ini merupakan cara paling mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Itulah beberapa trik yang bisa kamu coba untuk bisa berselancar di internet dengan bebas tanpa dihalangi oleh internet positif. Namun perlu diingat, gunakanlah internet dengan bijak dan jangan gunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *