Hati-hati! Begini Cara Memilih Power Bank yang Berkualitas Bagus Sebelum Membelinya

Power bank merupakan salah satu perangkat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan manusia pada saat ini seiring dengan pesatnya perkembangan smartphone. Dengan adanya power bank, kita tidak perlu takut akan kehabisan baterai, karena kapanpun dan di manapun kita bisa mengisi ulang smartphone tanpa harus meninggalkannya di rumah.

Dari sekian banyak power bank yang tersedia di pasaran, di antaranya ada yang berkualitas bagus dan ada juga yang berkualitas buruk. Selain itu perbedaan merk/brand serta kapasitas penyimpanan daya juga menjadi tolak ukur yang sangat penting untuk kita perhatikan sebelum membelinya.

Nah, buat kamu yang berencana membeli power bank tapi bingung bagaimana cara memilih power bank yang berkualitas bagus, alangkah baiknya kamu baca dulu beberapa tips berikut ini sebelum salah pilih dan akhirnya menyesal. Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum membeli power bank yang bagus sesuai kebutuhan? Berikut ulasannya.

Tips Sebelum Membeli Power Bank

1. Pilih Power Bank Dengan Merk Ternama

Saat ini ada banyak sekali merk power bank yang tersedia di pasaran, mulai dari yang biasa saja sampai dengan merk terkenal. Tentu saja perbedaan ini sangat berpengaruh dengan kualitas, ketahanan dan juga harganya. Beberapa merk power bank terbaik yang kami rekomendasikan antara lain: Xiaomi, Samsung, Asus, Sony, Advan, Vivan, dan Hippo.

Beberapa merk/brand yang kami sebutkan di atas merupakan produsen power bank ternama yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Tetapi tentu saja harganya sedikit lebih mahal dari pada merk lain. Namun yang terpenting adalah kualitas, lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak tetapi kualitasnya terjamin. Namun perlu diperhatikan juga apakah merk tersebut asli atau hanya merk abal-abal, karena sudah banyak barang tiruan yang menggunakan merk terkenal.

Baca: Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power Bank Harga Murah

 

2. Pilih Kapasitas Power Bank Sesuai Dengan Kebutuhanmu

Selain tersedia dalam berbagai macam merek, power bank juga tersedia dalam berbagai macam kapasitas. Mulai dari 5.000 mAh sampai dengan 20.000 mAh. Tentu besar atau kecilnya kapasitas sebuah power bank akan berbanding lurus dengan harganya. Untuk itu silakan pilih kapasitas power bank sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kamu miliki.

3. Jangan Mudah Tergoda Dengan Harga Murah

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa saat ini banyak sekali beredar di pasaran power bank dengan harga yang murah dan tidak masuk akal. Misalnya power bank berkapasitas di atas 10.000 mAh dijual seharga 100 ribu saja. Bisa jadi barang tersebut palsu dan kita patut untuk mencurigainya. Maka dari itu jangan mudah percaya dengan harga murah, karena jika benar barang tersebut palsu dapat merusak smartphone.

4. Perhatikan Fiturnya

Ini merupakan poin penting yang harus kamu ketahui, ibarat kita ingin membeli sebuah smartphone, tentu yang kita perhatikan pertama kali adalah spesifikasinya. Beberapa jenis power bank ada yang menyertakan beberapa fitur unggulan seperti Over Charging Protection, fitur ini berfungsi untuk memutus aliran listrik ke smartphone secara otomatis apabila pengisian baterai sudah penuh. Selain itu ada juga power bank yang menyediakan output lebih dari satu, silakan dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Amati Garansi Produk

Terakhir, yang perlu kamu ketahui sebelum membeli power bank adalah garansi produk. Sebaiknya kita memilih barang yang memiliki jaminan garansi minimal 1 tahun. Selain itu pastikan juga garansi tersebut merupakan garansi resmi, bukan garansi dari toko. Karena jika mereka menawarkan produk dengan garansi tidak resmi, maka bisa dicurigai bahwa barang tersebut palsu.

Itulah beberapa tips atau cara memilih power bank berkualitas bagus sebelum memutuskan untuk membelinya. Intinya harga berbanding lurus dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan. Semakin mahal harganya, maka semakin berkualitas dan besar kapasitasnya. Untuk itu jangan mudah tergoda dengan power bank berkapasitas sangat besar dengan harga yang tidak masuk akal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semua.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *