Cara Memutar Rotasi Video di Android Secara Permanen dengan Mudah

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan kamera smartphone. Selain memotret atau berfoto selfie, kamera smartphone juga bisa diandalkan untuk merekam video dalam mengabadikan momen penting. Bahkan saat ini banyak Vlogger atau Youtuber menggunakan smartphone untuk merekam segala aktifitasnya.

Berbicara tentang merekam video menggunakan kamera smartphone, di antara kamu mungkin pernah mengalami hal aneh dengan video hasil rekamanmu. Misalnya posisi atau rotasi video yang tidak sesuai pada saat diputar. Video yang seharusnya landscape malah berubah menjadi potrait sehingga tidak nyaman saat ditonton.

Walaupun bisa diakali menggunakan aplikasi pemutar video tertentu, namun cara ini tidak disarankan karena hanya bersifat sementara. Apa lagi jika kamu ingin meng-upload video tersebut ke Youtube, Instagram, atau media sosial lainnya. Mau tidak mau kamu harus mengedit atau mengubah rotasi video dari potrait menjadi landscape secara permanen.

Tutorial Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape dan Sebaliknya di Android

Cara merotasi video dapat dilakukan dengan mudah menggunakan hp android. Yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

Nah, pada tutorial kali ini Konyoha akan menggunakan aplikasi yang bernama Rotate Video. Alasan kenapa admin menggunakan aplikasi ini antara lain: aplikasinya gratis, tidak ada watermark, dan tentu saja mudah digunakan untuk pemula.

Ok, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama sekali dowload aplikasi Rotate Video di android kamu langsung dari Google Play Store.
  • Setelah diinstal, langsung jalankan aplikasinya.
  • Di halaman awal, pilih menu Select Video -> pilih video yang akan kamu ubah rotasinya.
  • Kemudian tekan tombol Select Rotation untuk merotasi videonya. Pada contoh ini admin akan mengubah video potrait menjadi landscape, sehingga rotasinya diubah ke 270 derajat.

cara memutar rotasi video di android

  • Nah, seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah ini, posisi videonya sudah berubah menjadi landscape. Kini saatnya kita menyimpan atau meng-ekspor video. Caranya tekan tombol Save lalu centang pilihan Original Video jika kamu ingin menggunakan suara aslinya, Mute Audio untuk mematikan suara, atau Select From Library untuk mengubah file audio-nya.

cara memutar rotasi video di android

  • Terakhir, tunggu proses export video dan audio sampai selesai, lamanya tergantung pada ukuran video yang kamu edit.

Berikut tampilan video sebelumnya:

cara memutar rotasi video di android

Dan ini hasil video yang telah dirotasi:

cara memutar rotasi video di android

Nah, itu dia tutorial bagaimana cara memutar rotasi video di android secara permanen yang bisa kamu coba. Kini video kamu sudah berhasil diubah dari potrait menjadi landscape atau sebaliknya.

Baca juga: Cara Membuat Video Intro Youtube di HP Android

Jadi, walaupun kamu memindahkan video tersebut ke perangkat lain seperti smartphone, PC, atau meng-uploadnya ke Youtube, rotasi video akan tetap menjadi landscape. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *