Cara Mudah Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root

FPS atau Frame Per Second merupakan salah satu indikator yang biasa digunakan oleh para gamer untuk mengetahui seberapa tangguh perangkatnya dalam menjalankan suatu game. Semakin tinggi FPS yang dihasilkan maka semakin bagus pula spesifikasi smartphone atau PC yang kita gunakan.

Sejatinya tampilan game yang kita lihat pada layar adalah kumpulan dari beberapa bingkai (frame) yang ditampilkan per detiknya. Semakin tinggi angka FPS yang dihasilkan, maka semakin halus pula gerakan game tersebut. Jika FPS yang dihasilkan sebanyak 60 fps, ini artinya dalam satu detik ada 60 frame yang ditampilkan ke layar.

Pertanyaannya adalah berapa jumlah FPS rata-rata yang dianggap bagus? Kalau menurut admin pribadi, minimal fps berada pada angka 30 sampai 60, sehingga game yang dimainkan lebih enak dilihat tanpa lag sedikitpun.

Jika FPS yang dihasilkan di bawah angka 30, bisa jadi smartphone kamu kurang kuat dari segi hardware. Tetapi jika FPS berada pada angka ratusan, bisa dipastikan ponsel yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang terbilang tangguh.

Cara Menampilkan FPS Saat Bermain Game di Android Tanpa Root

cara menampilkan fps di game android tanpa root

Nah, untuk bisa mengetahui itu semua dibutuhkanlah sebuah FPS Counter yang bernama GameBench. Berbeda dengan aplikasi yang digunakan di luar sana yang mengharuskan kita untuk root android terlebih dahulu. Dengan GameBench kita tidak perlu repot-repot melakukan root android.

Walaupun proses setup awal aplikasi ini cukup rumit, tetapi kamu tenang saja, proses tersebut hanya dilakukan satu kali saja. Untuk selanjutnya kamu bebas menggunakan aplikasi ini kapan saja. Berikut peralatan tambahan yang harus kamu sediakan:

  • Komputer dengan OS Windows
  • Kabel data USB
  • Koneksi Internet

Oke, jika semua peralatannya sudah kamu sediakan, langsung saja kita menuju ke tutorialnya di bawah ini:

1. Pertama sekali download aplikasi GameBench di hp android kamu.

2. Buka aplikasinya dan buatlah akun baru dengan menginputkan nama lengkap, email, dan password. Setelah menekan tombol Register, GameBench akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang kamu masukkan tadi.

melakukan register

3. Buka email-nya dan klik Confirm Address, selanjutnya kamu akan dibawah ke situs gamebench. Sampai di sini alamat email sudah berhasil diverifikasi, silakan keluar dari situs tersebut dan tutup email-nya. Selanjutnya buka aplikasi GameBench dan login menggunakan email dan password.

konfirmasi email

4. Di jendela Welcome klik tombol Begin -> Click to enable -> Izinkan akses penggunaan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

memberikan izin aplikasi

5. Kemudian kamu akan disuruh untuk mengaktifkan USB Debugging. Jika kamu belum tahu bagaimana caranya, silakan baca tutorial cara mengaktifkan USB Debugging di android. Jika sudah aktif, buka lagi aplikasi GameBench, maka kamu akan disuruh untuk mengunjungi link yang tertera di sana.

mengaktifkan USB Debugging

6. Berikutnya kita beralih ke perangkat komputer, silakan diakses link http://get.gamebench.net, lalu login dengan akun yang telah dibuat tadi.

login di website

7. Setelah berhasil login, kamu akan diminta untuk mendownload software GameBench Android launcher service dan Java (jika di komputer kamu belum terinstall java). Karena software ini tidak bisa dijalankan tanpa bantuan Java.

mendownload software

8. Install Java dengan cara double klik file JavaSetup.exe yang telah didownload tadi, kemudian klik Install. Jika di komputer kamu telah terinstall Java, kamu bisa melewati langkah ini.

menginstall java

9. Tunggu proses instalasi sampai selesai.

menginstall java

10. Setelah Java berhasil terinstall, sambungkan ponsel android kamu ke PC menggunakan kabel USB. Maka akan muncul di layar android seperti gambar di bawah ini, lalu tekan Oke.

izinkan debugging usb

11. Kemudian jalankan software GameBench-Installer.exe yang didownload tadi. Tunggu sampai device kamu terkoneksi dan muncul pesan “GameBench Service started successfully on device“. Ini artinya pengaturan yang cukup ribet tersebut telah berhasil dilakukan.

device berhasil terkoneksi

12. Sedangkan di layar smartphone akan tampil pesan seperti di bawah ini dan sekarang kamu sudah bisa melepas kabel USB.

melepas kabel USB

13. Langkah berikutnya kita akan menambahkan game yang akan dimainkan ke dalam aplikasi GameBench. Caranya klik Add -> Centang judul game nya -> klik tombol play untuk memulai permainan.

menambahkan game

14. Selamat, sekarang FPS Meter sudah tampil pada bagian pojok kanan atas saat bermain game. Untuk menghentikannya cukup dengan menekan tombol stop.

Aplikasi GameBench ini tidak hanya berfungsi sebagai penampil FPS saja, dengan GameBench kamu bisa melihat analisis penggunaan resource selama memainkan game tersebut, misalnya penggunaan prosesor, RAM, FPS, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Merekam Layar Android Saat Bermain Game

Sekian dulu tutorial cara menampilkan FPS di game android tanpa root kali ini, jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga berhasil….

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *