Cara Menampilkan Kecepatan Internet (Download/Upload) di Status Bar Android

Cara menampilkan kecepatan internet di android – Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk memonitor lalu lintas data di hp android secara langsung? Memonitor maksudnya di sini adalah melihat secara langsung kecepatan internet atau memantau lalu lintas data, baik itu download maupun upload.

Sebenarnya ada beberapa merk smartphone yang bisa menampilkan kecepatan internet di status bar tanpa aplikasi. Di antaranya yang pernah admin gunakan adalah Xiaomi. Namun masih banyak smartphone android merk lainnya yang tidak memiliki fitur ini. Sehingga kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai alternatifnya.

Tutorial Menampilkan Kecepatan Internet di Status Bar Android Semua Tipe

Dari sekian banyak aplikasi penampil dan pengukur kecepatan internet yang tersedia di Google Play Store, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan pada tutorial kali ini Konyoha akan menggunakan aplikasi yang bernama Internet Speed Meter Lite. Alasannya selain karena gratis, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel, ringan, dan tanpa iklan.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Internet Speed Meter Lite:

  • Menampilkan kecepatan upload & download di status bar secara real-time
  • Melacak penggunaan lalu lintas data harian di notifikasi
  • Menampilkan statistik terpisah untuk jaringan mobile & WiFi
  • Mengukur lalu lintas data selama 30 hari terakhir.
  • Hemat baterai, RAM dan bebas iklan

Jika kamu membeli versi pro, akan ada tambahan fitur keren lainnya yang kamu dapatkan. Namun admin rasa versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk menampilkan kecepatan internet di status bar android merek Samsung, Sony, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, Andromax, Advan, Vivo, dll.

Oke, langsung saja kita menuju ke caranya berikut ini:

  • Pertama, instal aplikasi Internet Speed Meter Lite di ponsel android kamu melalui Google Play Store, atau klik tautan ini.
  • Setelah diinstal langsung jalankan aplikasinya dan kamu akan dibawa ke tampilan seperti gambar di bawah ini.

menampilkan kecepatan internet android

  • Di sana kamu bisa memantau seberapa besar data yang kamu gunakan selama 30 hari terakhir.
  • Berikutnya silakan diubah pengaturannya sesuai dengan gambar di bawah ini.

menampilkan kecepatan internet android

  • Selesai, kini kamu bisa melihat kecepatan internet upload & download di status bar android secara langsung (dalam satuan KBps atau MBps). Selain itu ada juga tampilan total penggunaan data selama hari ini pada notifikasi.

menampilkan kecepatan internet android

Lihat juga: Cara Tes Kecepatan Internet di Android (Ping, Download, Upload)

Nah itu dia cara mudah memantau lalu lintas internet di handphone android semua merk. Memang, memonitor aktifitas dan lalu lintas data di android sangat penting untuk dilakukan agar kita tahu seberapa banyak kuota internet yang kita habiskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *