Cara Menampilkan Waktu Jam dan Tanggal Foto di Kamera Android

Di antara kamu pasti pernah dong melihat foto yang ada tanggalnya. Yup, keterangan waktu seperti jam dan tanggal pada hasil jepretan foto tersebut adalah  sebuah fitur yang umumnya terdapat pada hampir semua jenis kamera, seperti kamera DSLR, kamera digital dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan kamera smartphone, apakah kita bisa melakukan hal serupa pada hp android? Jawabannya tentu saja bisa. Pada umumnya hampir semua tipe android mendukung fitur ini secara default, namun tidak ditampilkan pada settingan bawaan sehingga kita harus melakukannya secara manual.

Tetapi ada juga beberapa jenis smartphone yang tidak memiliki fitur ini, sehingga kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga agar kita bisa menampilkan tanggal pada foto hasil jepretan kamera android. Nah, sebagai contohnya silakan kamu lihat foto di bawah ini.

Tips ini bisa kamu coba pada semua merk dan tipe hp android seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Asus, Sony, dan lain-lain. Nah, untuk itu langsung saja kita menuju ke tutorialnya berikut ini.

Cara Menampilkan Tanggal Pada Foto Kamera HP Android

Di sini admin akan menjelaskan dua cara, yaitu tanpa menggunakan aplikasi dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tanpa Aplikasi

1. Pertama sekali silakan dibuka aplikasi kamera bawaan android kamu.
2. Kemudian masuk ke mode Pengaturan, biasanya ditandai oleh logo roda gigi.

cara menampilkan tanggal kamera android

3. Setelah itu centang pada bagian Tambah info waktu di foto. Mungkin untuk setiap merk dan jenis smartphone pengaturannya sedikit berbeda. Tetapi intinya tetap sama, jika terdapat kata ‘waktu’ atau ‘time’, silakan dicentang pada bagian tersebut.

cara menampilkan tanggal kamera android

4. Selesai, sekarang silakan dicoba jepretan pertama kamu dan lihat hasilnya.

Jika kamu tidak menemukan settingan untuk memunculkan tanggal di kamera, kemungkinan besar smartphone kamu tidak menyediakan fitur tersebut. Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Open Camera

1. Download dan install aplikasi Open Camera di hp kamu langsung dari Google Play Store, atau klik link ini.
2. Setelah itu jalankan aplikasi Open Camera dan masuk ke menu Pengaturan (ikon roda gigi).

cara menampilkan tanggal kamera android

3. Selanjutnya pilih Photo settings dan pilih Stamp photos, jangan lupa untuk mengatur kualitas gambar (image quality) ke posisi maksimal agar hasilnya lebih bagus.

cara menampilkan tanggal kamera android

4. Sekarang silakan kamu coba memotret dan lihat hasilnya.

Dengan aplikasi Open Camera ini kita tidak hanya bisa menambahkan tanggal saja, tetapi juga bisa untuk menampilkan lokasi di mana kita mengambil foto tersebut. Untuk format teks tanggal dan warnanya juga bisa dikostumisasi sesuai selera.

Itulah tutorial tentang cara menampilkan tanggal di kamera hp android yang bisa kamu coba. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis komentarmu pada kolom komentar yang disediakan di bawah, selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *