Cara Mendapatkan FPS Rata-Rata di Game Android/iOS Menggunakan WeTest Perfdog

cara mendapatkan fps rata-rata di game android

Halo, pada postingan kali ini admin akan share bagaimana cara mendapatkan FPS rata-rata di game Android dan iOS. Bukan hanya FPS rata-rata saja, kita juga bisa mengetahui data FPS lengkap seperti Jank, Stutter, InterFrame, dan lain-lain dengan tools yang kita gunakan nanti.

Software yang akan kita gunakan kali ini adalah WeTest Perfdog yang bisa kamu install di PC Windows maupun macOS. Jadi nantinya smartphone yang kita gunakan untuk melakukan tes game akan dihubungkan dengan PC menggunakan kabel USB.

Apa Itu FPS (Frame Per Second)?

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, alangkah baiknya kita pahami dulu tentang istilah FPS (Frame Per Second) atau disebut juga sebagai frame rate pada video game.

Singkatnya, tampilan game yang kita lihat di layar smartphone merupakan kumpulan dari beberapa frame yang disusun secara berurutan sehingga membentuk sebuah video, biasanya dinyatakan dalam satuan detik.

Sebagai contoh, jika FPS counter menunjukkan angka 60fps, artinya dalam satu detik jumlah frame yang dihasilkan adalah 60 frame. Semakin tinggi angka FPS-nya, maka tampilan game yang kita mainkan akan terasa mulus dan lancar. Sebaliknya, jika semakin rendah jumlah frame yang dihasilkan, maka tampilan game akan terasa lag atau patah-patah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi FPS adalah spesifikasi smartphone yang kita gunakan untuk menjalankan game tersebut. Namun rata-rata smartphone flagship saat ini sudah mampu memainkan game mobile 60fps dengan sangat lancar, bahkan saat ini sudah banyak bermunculan game mobile yang sudah mendukung 90fps hingga 120fps.

Cara Mendapatkan FPS Rata-rata di Game Android/iOS Menggunakan Wetest Perfdog

Setelah memahami tentang apa itu FPS, selanjutnya admin akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan data FPS rata-rata dari game yang kita mainkan dalam jangka waktu tertentu. Ini sangat berguna sekali bagi kamu yang sedang melakuka tes performa game pada jenis smartphone tertentu, apakah FPS-nya stabil atau naik turun.

Seperti yang sudah admin sampaikan di awal tadi, software yang kita gunakan untuk mendapatkan data FPS-nya adalah Wetest Perfdog. Selain FPS rata-rata, software ini juga mampu merekam data lainnya seperti penggunaan CPU, suhu CPU, penggunaan RAM, baterai, jaringan, dan lain-lain tanpa harus di-root terlebih dahulu.

Dengan software ini kamu bisa menganalisis data dan mengoptimalkan performa game yang kamu kembangkan jika kamu seorang developer game.

Untuk tutorial kali ini admin akan mempraktekkannya pada smartphone Android dan PC dengan OS Windows. Jika kamu menggunakan iPhone atau iPad langkah-langkahnya akan sedikit berbeda, silakan disesuaikan sendiri ya.

Persiapan dan peralatan yang dibutuhkan:

  • PC Windows atau macOS
  • Smartphone Android atau iOS
  • Kabel USB
  • Koneksi internet
  • Software Wetest Perfdog
  • Sudah mengaktifkan developer option dan USB debugging di Android, silakan baca tutorialnya di sini.

Langkah 1: Install Perfdog di PC dan Sambungkan ke Smartphone

1. Pertama-tama download Wetest Perfdog di PC melalui link di atas, sesuaikan dengan OS yang kamu gunakan.

2. Setelah didownload, klik kanan file-nya > Extract Here.

ekstrak file perfdog

3. Setelah diekstrak akan muncul beberapa file dan folder seperti gambar di bawah ini. Langsung saja jalankan file Perfdog.exe dengan cara double klik.

jalankan software perfdog

4. Kemudian login menggunakan akun perfdog kamu, jika belum punya akun silakan klik tombol Sign Up untuk membuat akun baru.

login ke perfdog

5. Setelah Login akan muncul tampilan jendela Perfdog seperti gambar di bawah ini. Sekarang saatnya untuk menyambungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB.

tampilan aplikasi perfdog

6. Sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging agar smartphone kamu terdeteksi oleh perfdog.

aktifkan usb debugging

7. Saat pertama kali dihubungkan, kamu harus mengizinkan akses PC ke USB debugging di smartphone kamu seperti gambar di bawah ini.

izinkan debugging usb

8. Kemudian smartphone kamu akan terdeteksi oleh aplikasi perfdog di PC. Silakan pilih perangkat smartphone kamu dengan cara klik tombol Please select a mobile device.

pilih perangkat smartphone

9. Kemudian pada smartphone kamu akan terinstal sebuah software Perfdog service seperti gambar di bawah ini, silakan Izinkan tampilkan di atas aplikasi lain dan izinkan juga aplikasi selalu berjalan di latar belakang.

izinkan tampilkan di atas aplikasi lain

10. Setelah berhasil memberikan beberapa perizinan, aplikasi Perfdog di PC sudah berhasil dihubungkan dengan smartphone dan beberapa informasi tentang smartphone kamu akan muncul di jendela perfdog seperti gambar berikut.

berhasil terhubung

Langkah 2: Melakukan Tes Game

1. Pertama-tama buka dan mainkan salah satu game di smartphone kamu. Kemudian pada aplikasi Perfdog klik tombol Please select an application lalu pilih nama game yang sedang kamu mainkan.

pilih game

2. Kemudian data FPS gamenya akan muncul pada aplikasi Perfdog seperti gambar di bawah ini.

tampilan data fps game

3. Pada layar smartphone (di pojok kiri atas) juga muncul sebuah indikator yang menampilkan FPS, Penggunaan CPU, suhu CPU, dan lain-lain.

indikator fps

4. Untuk memulai perekaman data FPS, klik tombol Play pada aplikasi Perfdog lalu silakan dimainkan gamenya.

perekaman data fps

5. Apabila testing gamenya dirasa sudah cukup, klik tombol Pause untuk menghentikan perekaman data FPS. Kemudian perfdog akan meng-upload data FPS nya ke server, silakan tulis Case name nya dan klik tombol Confirm.

upload data fps

6. Jangan lupa tekan tombol Stop setelah melakukan testing game agar kuota yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia.

Sampai di sini perekaman data FPS game dan upload data ke server sudah selesai dilakukan, selanjutnya kita akan melihat hasil dari data tersebut melalui dashboard di website Wetest Perfdog.

Langkah 3: Mengakses Data FPS

1. Pada aplikasi Perfdog, klik tombol dengan icon cloud di pojok kanan atas seperti gambar berikut.

mengakses data fps

2. Secara otomatis akan membuka web browser dan masuk ke tab My Data di website perfdog dan pastikan akun perfdog kamu sudah login sebelumnya, di sana akan muncul semua case yang pernah kamu upload.

dashboard website perfdog

3. Klik salah satu case atau hasil tes yang sudah kamu lakukan tadi untuk menampilkan data lengkapnya. Berikut data FPS game yang admin tes selama 5 menit.

data fps lengkap

4. Untuk melihat FPS rata-ratanya, klik tab FPS dan kamu dapat melihatnya pada bagian Avg (FPS).

fps rata-rata

Akhir Kata

Software Wetest Perfdog sangat cocok bagi developer untuk melakukan testing game dan melakukan analisa data untuk mengoptimalkan game yang sedang dikembangkan. Selain itu, software ini juga cocok buat kamu yang hanya sekedar melakukan test performa smartphone pada game tertentu.

Oh ya, penting untuk diketahui bahwa software ini menggunakan sistem kuota agar bisa melakukan tes. Biasanya user baru akan mendapatkan 30 menit kuota gratis, jika kuota gratisnya habis kamu bisa membelinya lewat website Wetest Perfdog.

Oke, sekian dulu tutorial tentang cara mendapatkan FPS rata-rata di game Android/iOS menggunakan Wetest Perfdog. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.