Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder by Google di Android

Kiblat adalah arah tetap yang dituju oleh semua umat muslim di seluruh dunia saat menunaikan ibadah shalat di manapun mereka berada. Kiblat mengarah ke Ka’bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Sedangkan lokasi Ka’bah sendiri menurut peta berada pada Lintang 21.4224779 Bujur 39.8251832.

Terkadang pada saat kita berkunjung ke suatu tempat misalnya di suatu daerah atau hutan, kita tidak tahu ke mana arah kiblat sebenarnya, sedangkan kita harus menunaikan ibadah shalat. Jika kamu kebingungan untuk mencari arah Kiblat, kamu tidak usah khawatir lagi karena saat ini teknologi sudah semakin maju. Cukup bermodalkan smartphone kita sudah bisa menemukan arah Kiblat secara akurat dengan mudah. Bagaimana caranya?

Beberapa hari yang lalu Google merilis sebuah layanan berbasis web yang berfungsi untuk menemukan arah Kiblat secara tepat dan akurat, yakni Qibla Finder. Bagaimana cara kerjanya? Qibla Finder bekerja di aplikasi web browser di perangkat smartphone, baik itu di android maupun smartphone merk lainnya. Qibla Finder memanfaatkan fitur kompas, GPS, dan kamera di smartphone untuk menemukan arah Kiblat secara akurat. Agar arahnya dapat seakurat mungkin, kita perlu melakukan kalibrasi kompas sebelumnya.

Nah, pada artikel kali ini Konyoha akan membagikan bagaimana cara menemukan arah Kiblat menggunakan Qibla Finder di hp android. Sebelum memulai, sangat disarankan agar kamu menggunakan aplikasi web browser Google Chrome versi terbaru, fitur GPS dalam keadaan aktif, koneksi internet, dan pastikan juga smartphone kamu memiliki sensor compas, selengkapnya bisa kamu baca di sini. Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Mencari Arah Kiblat Dengan Qibla Finder di Android

  • Pertama sekali silakan kunjungi Qibla Finder by Google di Chrome melalui laman ini.
  • Selanjutnya pilih bahasa dan tekan tombol Mulai.
  • Setelah itu tekan tombol Oke, jika browser meminta izin untuk mengkases fitur kamera dan lokasi, tekan saja tombol Izinkan.
  • Agar petunjuk arah bisa seakurat mungkin, lakukanlah kalibrasi kompas.
  • Selanjutnya browser akan menampilkan sebuah kompas dengan garis biru yang menuju ke arah Kiblat. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

cara menemukan arah kiblat di android

cara menemukan arah kiblat di android

Nah, itu dia tutorial tentang cara menemukan arah Kiblat di android menggunakan Qibla Finder. Bagaimana, mudah dan cepat bukan? Dengan cara ini kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ke-3. Cukup bermodalkan browser Google Chrome, kita sudah bisa mencari arah Kiblat dengan akurat di manapun dan kapanpun.

Seperti biasa, jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan ditulis komentarmu di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Baca juga: 10 Aplikasi Al Quran dan Terjemahan Untuk Android Terbaik

Catatan:
Layanan Qibla Finder juga bisa digunakan pada perangkat komputer, namun terkendala dengan fitur kompas dan GPS. Sangat disarankan untuk menggunakan smartphone dengan browser Google Chrome.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *