Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Harddisk Komputer

File duplikat adalah dua buah file atau lebih yang memiliki kesamaan yang berada pada suatu tempat. Contohnya di dalam sebuah harddisk komputer kita memiliki dua buah file lagu yang sama persis dan kita tidak menyadarinya karena kedua file tersebut berada pada folder yang berbeda. Biasanya hal tersebut terjadi karena kita mendownload file yang sama berkali kali dan tidak menyadarinya. Tentu saja hal itu bisa dibilang sangat boros dalam hal penyimpanan data dalam sebuah harddisk komputer.

Apa lagi kalau kita memiliki file duplikat yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan, tentu saja akan mengakibatkan ruang penyimpanan atau kapasitas harddisk kita akan semakin sempit. Lantas apa yang perlu kita lakukan? Yup, kita harus menghapus beberapa file duplikat tersebut agar kapasitas penyimpanan menjadi lebih lega.

Jika jumlah file duplikatnya hanya beberapa saja mungkin tidak masalah, namun bagaimana jika jumlahnya puluhan atau ratusan, apa kita sanggup mencari dan menghapusnya sebanyak itu secara manual? Yang pasti akan sangat lama dan juga tidak mudah untuk melakukannya. Namun kamu jangan bersedih dulu, karena ada trik yang sangat simple dan mudah untuk menemukan dan menghapus file duplikat dengan cepat. Bagaimana caranya? Silakan disimak langkah-langkahnya di bawah ini ya.

Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di HDD Komputer

Untuk bisa menemukan dan menghapus file duplikat secara cepat dan mudah kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Ccleaner. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih file sampah saja loh, ternyata di dalamnya terdapat beberapa fitur canggih dan salah satunya untuk mencari file duplikat di harddisk komputer. Ok langsung saja ya kita ke tutorialnya sebagai berikut:

1. Pertama kali kamu harus menginstall aplikasi Ccleaner di komputer terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di situs ini www.piriform.com/ccleaner/. Jika sudah berhasil diinstall, langsung dijalankan aplikasinya.

2. Selanjutnya pilih Tools -> Duplicate Finder. Lalu centang pada Drive mana lokasi file duplikat yang ingin kamu cari, apakah di drive C, D, atau keduanya. Pada contoh ini kita akan mencari file duplikat yang ada pada drive D. Setelah itu pilih Search dan silakan ditunggu hingga proses scanning selesai.

cara menghapus file duplikat di komputer

3. Setelah selesai maka akan muncul beberapa file yang sama (jika ada) file tersebut bisa berjumlah 2 atau lebih. Yang harus kita lalukan adalah mencentang pada salah satu dari file duplikat yang ditemukan. Jangan mencentang semuanya, ini bisa menghapus semua file yang sama di dalam harddis kamu. Pilih file mana saja yang menurut kamu perlu untuk dihapus, setelah itu pilih Delete Selected.

cara menghapus file duplikat di komputer

Sekarang beberapa file duplikate yang ada di HDD komputermu sudah berhasil dihapus. Maka penyimpanan komputermu yang tadinya terbuang percuma, kini menjadi lebih lega dan tentu akan berpengaruh terhadap performa komputer kamu. Demikianlah tutorial tentang cara menemukan file duplikat di harddisk komputer yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Lihat juga: Cara Mematikan Komputer Otomatis Berdasarkan Waktu Mundur

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *