Sayangi Mata Dengan Cara Mengaktifkan Fitur Night Mode di Android

Bagi kamu yang menggunakan smartphone android mungkin belum terlalu familiar dengan fitur keren yang satu ini. Pasalnya tidak semua HP android yang memiliki fitur Night Mode pada sistem operasinya, melainkan fitur ini kabarnya hanya hadir pada OS android M ke atas.

Buat kamu yang belum tahu apa itu Night Mode, sebelumnya akan admin jelaskan secara ringkas. Night Mode adalah sebuah fitur yang berguna untuk menyesuaikan kecerahan layar dan mengatur warna agar menjadi lebih gelap sehingga tidak menyakitkan mata saat menggunakan smartphone pada malam hari. Jadi, dengan mengaktifkan fitur ini mata kita akan nyaman dan terhindar dari cahaya layar hp yang silau.

Tapi sayangnya tidak semua android yang menyediakan fitur Night Mode ini. Eitss… kamu jangan bersedih dulu, meskipun hp kamu tidak memiliki fitur ini bukan berarti kamu tidak bisa menikmatinya. Karena pada artikel kali ini Konyoha akan share tentang cara mengaktifkan fitur night mode di semua hp android tanpa harus di-root terlebih dahulu, baik itu HP merk Samsung, Sony, Xiaomi, LG, Oppo, Lenovo, HTC, Vivo, Advan, Andromax, dan lain-lain. Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Night Mode di HP Android

Untuk bisa menggunakan fitur night mode di semua smartphone android kita membutuhkan aplikasi khusus. Di sini terdapat dua buah aplikasi, yakni Night Screen dan Night Mode. Kamu bebas untuk memilih salah satu dari aplikasi tersebut dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk itu Konyoha akan menjelaskan langkah-langkah penggunaan dari kedua aplikasi tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi Night Screen

Pertama sekali download terlebih dahulu aplikasi Night Screen langsung dari Google Play Store, atau klik link ini.

Setelah itu jalankan aplikasinya dan akan muncul pop up secara otomatis di layar hp kamu. Di sini kamu bisa menyesuaikan intensitas cahaya dengan menggeser ke kanan atau kiri sesuai dengan kenyamanan kamu.

cara mengaktifkan night mode android

Tidak hanya itu, kita juga bisa melakukan pengaturan tambahan dengan menekan tombol setting yang ada di sebelah kanan. Di menu ini kita juga bisa mengaktifkan fitur Blue light filter untuk menyamarkan warna biru yang muncul pada layar smartphone, karena warna biru dianggap memiliki efek yang paling berpengaruh terhadap mata di saat gelap.

cara mengaktifkan night mode android

Sampai di sini kita sudah berhasil mengaktifkan fitur Night Mode di android menggunakan aplikasi Night Screen. Selanjutnya akan admin jelaskan menggunakan aplikasi yang bernama Night Mode.

2. Menggunakan Aplikasi Night Mode

Pertama sekali install aplikasi Night Mode langsung dari Google Play Store atau klik link berikut ini. Setelah diinstall, langsung jalankan aplikasinya. Di sini kita juga bisa mengatur tingkat intensitas cahaya sesuai dengan kenyamanan.

cara mengaktifkan night mode android

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, di sini kita juga bisa melakukan pengaturan tambahan dengan mengatur tingkat minimum brightness, menyembunyikan notifikasi dan menonaktifkan cahaya pada tombol smartphone.

Itulah beberapa cara mengaktifkan fitur night mode di hp android tanpa harus root terlebih dahulu. Bagaimana, mudah dan simple kan? Untuk itu silakan dicoba di smartphone android kamu ya, selalu jaga kesehatan mata dan hindari dari cahaya layar smartphone yang silau. Jika artikel ini menurut kamu sangat bermanfaat, silakan di-share ke teman-teman atau keluarga kamu ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *