Penting! Begini Cara Mengamankan Android Yang Sudah di Root

Buat kamu pengguna smartphone android tentu tidak asing lagi dengan istilah root. Ya, root merupakan sebuah proses untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang dibatasi oleh pembuat ponsel. Dengan root kita bisa melakukan modifikasi android, menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root dan melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna android biasa.

Dengan melakukan root android, secara tidak sadar kita telah membuka salah satu lapisan keamanan android itu sendiri. Artinya, hp android yang sudah di-root akan rentan terserang malware jahat yang dapat merusak sistem dan mencuri data penting milik kita.

Meskipun begitu, tentu ada cara yang bisa kita lakukan agar hp android yang sudah di root tetap aman. Untuk itu pada artikel kali ini admin akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengamankan hp android yang sudah root.

Cara Mengamankan HP Android Yang Sudah di Root

 

1. Jangan Install Aplikasi Yang Tidak Resmi

Saat ini banyak sekali situs-situs yang menawarkan beragam aplikasi dan game gratisan yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Bahkan aplikasi atau game berbayar yang ada di Google Play Store, bisa kita dapatkan secara gratis di situs tidak resmi tersebut. Tentu aplikasi atau game tersebut sudah di-crack, dimodifikasi (mod), bahkan bisa jadi mereka menyisipkan malware di dalamnya.

Tentu hal tersebut berdampak buruk terhadap smartphone android kita, semua data dan akun yang login di android tersebut bisa dengan mudah dicuri oleh si pembuat malware. Untuk itu jangan pernah download aplikasi atau game selain dari Google Play Store agar hp android yang sudah di root tetap aman.

2. Pasang Anti Virus di Android

Untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu install anti virus di hp android mu. Karena penyebaran malware tidak hanya lewat aplikasi dan game crack saja, bisa jadi melalui koneksi Bluetooth atau WiFi dari smartphone lain yang sudah terinfeksi. Berikut ada 10 Anti Virus Terbaik Untuk Android yang bisa kamu coba.

Kamu bisa melakukan scanning secara rutin untuk memastikan semuanya aman. Selain itu jangan lupa untuk memperbarui database antivirus kamu (jika ada pembaruan) untuk mengenali jenis virus atau malware baru.

3. Mengaktifkan App Permissions atau Izin Aplikasi

Cara mengamankan android yang sudah di root berikutnya adalah dengan mengelola izin aplikasi (App Permission). Biasanya fitur ini tersedia pada Android Marshmallow ke atas, selain itu ada juga yang bawaan custom ROM. Namun tenang saja, jika OS Android kamu masih di bawah Marshmallow, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama App Ops.

Fitur App Permissions ini sendiri memungkinkan kamu untuk mengizinkan atau menolak izin tertentu dalam sebuah aplikasi. Misalnya, kamu bisa mengizinkan aplikasi WhatsApp untuk mengakses kamera, namun tidak untuk mikrofon. Cara ini terbilang cukup aman jika ada software tidak dikenal mencoba untuk mengakses fitur lain atau file penting yang ada pada hp android kamu.

4. Jangan Hapus Semua Aplikasi Bawaan

Salah satu alasan mengapa kita melakukan root android adalah pengguna dapat dengan bebas menghapus seluruh aplikasi yang ada di android, termasuk aplikasi bawaan sistem yang tidak bisa dihapus. Biasanya aplikasi ini jarang digunakan dan hanya memenuhi kapasitas memori internal saja.

Baca juga: Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Terpakai

Kamu boleh saja menghapus aplikasi bawaan android yang tidak berguna. Tapi kamu harus hati-hati, jangan sampai kamu menghapus aplikasi sistem yang diperlukan untuk menjalankan fungsi android. Intinya, kamu harus tahu dulu fungsi dari aplikasi yang akan dihapus. Jika salah hapus, maka android kamu akan rusak, error, bahkan boot loop.

5. Selalu Backup Android

Terkadang saking bebasnya dengan android yang sudah di root, kita sering melakukan modifikasi sistem android agar terlihat tampil beda. Namun jika kita melakukan kesalahan pada langkah-langkahnya, dapat mengakibatkan kerusakan pada sitem android seperti softbrick, bootloop, dan lain-lain.

Untuk itu sangat disarankan agar melakukan backup secara berkala, paling tidak kita melakukan backup data sekali seminggu. Supaya nanti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa melakukan restore untuk mengembalikan data yang hilang atau rusak.

Baca juga:

Itu dia cara mengamankan hp android yang sudah di root yang wajib kamu lakukan. Semoga tips yang Konyoha bagikan ini bisa bermanfaat buat pembaca semua. Jangan lupa tuliskan pendapatmu di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *