8 Cara Terbaru Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi dari Google untuk mendownload game, aplikasi, buku, dan film pada ponsel android. Hingaa saat ini, terdapat jutaan aplikasi dan game android yang bisa kita dapatkan secara gratis maupun berbayar.

Sebagai aplikasi bawaan android, tentu saja Play Store tidak luput dari yang namanya error. Seperti misalnya error kesalahan saat mengambil informasi dari server RH-01, Play Store telah berhenti, hingga muncul keterangan “download tertunda” pada saat mendownload aplikasi atau game.

Jika kamu membaca artikel ini, bisa dipastikan bahwa kamu sedang mengalami masalah dimana pada saat mendownload aplikasi android, kamu mendapati pesan “download tertunda” atau “download pending”, walaupun ditunggu tetapi play store tidak bisa download alias loading terus, pastinya kamu merasa kesel banget, kan?

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tips tentang cara mengatasi download tertunda di play store yang bisa kamu terapkan di semua ponsel android seperti Xiaomi, Asus, Samsung, Sony, Lenovo, Oppo, Vivo, Huawei, dan lain-lain.

8 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

1. Restart Ponsel Android

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda di play store adalah dengan me-restart atau menyalakan ulang hp android kamu.

Beberapa kasus telah membuktikan bahwa melakukan restart android dapat mengatasi beberapa masalah ringan yang terjadi pada smartphone android. Karena restart akan mematikan semua proses dari sistem android sehingga ponsel akan menjadi fresh kembali pada saat dihidupkan.

2. Hilangkan Centang “Download menggunakan Wi-Fi saja”

Ada sebuah fitur dimana pada saat ingin mendownload aplikasi atau game berukuran besar, kita diminta untuk mendownload game tersebut menggunakan jaringan Wi-Fi.

Sehingga pada saat kita sedang tidak menggunakan Wi-Fi, kita tidak sengaja mencentang pengaturan tersebut. Alhasil, download akan tertunda sampai kita benar-benar terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Nah, untuk itu jika kamu mendownload menggunakan data seluler, kamu harus menghilangkan centang “Download menggunakan Wi-Fi saja”.

cara mengatasi download tertunda di play store

3. Hapus Cache Google Play Store

Berikutnya adalah dengan cara menghapus cache aplikasi Play Store. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap aplikasi yang dijalankan akan menghasilkan file cache.

Cache ini berfungsi untuk menyimpan file atau data-data yang telah dimuat sebelumnya, misalnya gambar, dll. Sehingga proses membuka aplikasi berikutnya akan lebih cepat dengan adanya file cache ini dan aplikasi tidak perlu memuat dari nol.

Namun lama-kelamaan file cache akan menumpuk di memori dan dapat menyebabkan error. Untuk menghapusnya bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu Setelan -> Aplikasi -> Google Play Store -> Penyimpanan -> Hapus Cache.

cara mengatasi download tertunda di play store

4. Hapus Data Google Play Store

Jika menghapus cache saja tidak cukup dan masalah belum teratasi, coba hapus data aplikasi play store. Data ini bisa berupa informasi pengguna, file konfigurasi, pengaturan, bahkan file cache itu sendiri.

Seiring berjalannya waktu, data-data tersebut akan menumpuk di memori internal sehingga dapat menyebabkan error, salah satunya yaitu download tertunda. Silakan dihapus dengan cara masuk ke Setelan -> Aplikasi -> Google Play Store -> Penyimpanan -> Hapus Penyimpanan/Hapus Data.

cara mengatasi download tertunda di play store

Biasanya setelah melakukan hapus data, kita akan diminta untuk login kembali pada saat membuka Google Play Store.

5. Hentikan Play Store Secara Paksa

Jika tips di atas belum berhasil juga, cara sederhana lainnya yang perlu kamu coba adalah dengan menghentikan paksa aplikasi Play Store. Dengan menghentikan secara paksa, semua proses aplikasi Play Store yang sedang berjalan akan dihentikan. Sehingga diharapkan akan mengatasi error yang sedang terjadi.

Caranya masuk ke menu Setelan -> Aplikasi -> Google Play Store -> Paksa Berhenti. Setelah itu coba jalankan kembali aplikasinya.

cara mengatasi download tertunda di play store

6. Bersihkan Memori Internal

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan download tertunda di playstore Xiaomi atau ponsel merk lainnya adalah tidak cukupnya ruang untuk menginstall aplikasi baru. Sehingga Play Store tidak bisa mendownload alias loading terus.

Untuk membersihkan memori internal bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu, menghapus foto atau video, dan menghapus file sampah menggunakan aplikasi pembersih sampah terbaik di android.

7. Gunakan Toko Aplikasi Alternatif Google Play Store

Jika semua cara di atas masih belum membuahkan hasil, alternatif lainnya adalah dengan mendownload aplikasi atau game android melalui toko aplikasi pihak ketiga. Salah satu toko aplikasi yang terpercaya adalah Amazon App Store.

Namun perlu diingat bahwa Google tidak menjamin keamanan dari aplikasi yang didownload di luar Google Play Store. Karena bisa saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab menyisipkan virus atau malware berbahaya ke dalam aplikasi buatannya. Sehingga kamu harus hati-hati dalam memilih toko aplikasi pihak ketiga.

8. Lakukan Hard Reset (Kembali ke Pengaturan Pabrik)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda di Play Store adalah dengan melakukan hard reset android. Cara ini akan menghapus seluruh data aplikasi dan data pengguna dari sistem android (termasuk foto dan video).

Sehingga semua masalah umum yang terjadi pada ponsel android akan teratasi. Silakan baca cara hard reset android semua merk dengan mudah.

Sebelum melakukannya, silakan dibackup dulu data penting seperti foto, kontak, akun Google dan lain-lain.

Demikianlah tutorial tentang cara mengatasi download tertunda di play store yang bisa kamu coba. Ingat, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Semoga berhasil.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *