HP Android Bootloop? Begini Cara Mengatasinya dengan Mudah

Bootloop adalah suatu keadaan dimana smartphone android gagal melakukan startup, atau lebih singkatnya hp android tidak bisa menyala secara normal. Android bootloop biasanya tidak bisa memunculkan menu atau hanya berhenti di logo pada saat dihidupkan, lalu mati lagi, menyala lagi, dan begitu seterusnya secara berulang-ulang.

Secara umum penyebab hp android bootloop adalah kesalahan yang terjadi pada sistem android itu sendiri, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Biasanya, kesalahan sistem tersebut sering dialami oleh mereka yang hobi memodifikasi sistem operasi android. Misalnya kesalahan pada saat merubah boot animation, merubah file system UI, gagal melakukan flashing, menggunakan custom ROM yang salah, atau kesalahan pada saat melakukan root android.

Nah, jika smartphone android kamu dinyalakan dan hanya stuck/berhenti di logo Android, Samsung, Lenovo, Sony, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, Advan atau yang lainnya secara berulang-ulang, itu adalah bootloop. Bagaimana cara mengatasinya? Tidak usah panik, karena pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi hp android bootloop menggunakan PC maupun tanpa PC. Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Secara garis besar, android bootloop dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan tingkat kerusakannya. Yaitu Android Light Bootloop, Medium Bootloop, dan Hard Bootloop. Untuk itu Konyoha akan menjelaskan ketiga jenis bootloop tersebut dan langkah tepat untuk mengatasi masing-masing jenis bootloop.

1. Light Bootloop

Light Bootloop merupakan salah satu jenis bootloop pada hp android yang tergolong ringan dan tidak terlalu berdampak buruk pada ponsel android kamu. Biasanya light bootloop terjadi ketika kita sedang bermain game terlalu lama, streaming video, menginstall aplikasi dan tiba-tiba android restart sendiri. Ketika ponsel menyala kembali ternyata tidak bisa masuk ke menu utama, melainkan hanya mentok di logo.

Cara mengatasinya:

  • Lepas baterai android kamu.
  • Pasang kembali baterainya.
  • Nyalakan smartphone kamu seperti biasa.
  • Setelah itu ponsel android akan kembali normal seperti sedia kala.

Jika smartphone android kamu memiliki tipe baterai yang tidak bisa dilepas (non-removable), untuk mematikannya silakan baca Cara Mematikan Paksa HP Android Baterai Non-removable. Dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti di atas, seharusnya android light bootloop sudah bisa startup secara normal.

2. Medium Bootloop

Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, kemungkinan besar android kamu mengalami Medium Bootloop. Bootloop jenis ini tergolong kesalahan sistem tingkat menengah yang terjadi pada ponsel android kamu. Salah satu penyebabnya adalah aktifitas pengguna yang mencoba mengutak-atik sistem android lewat recovery mode dan terjadi kesalahan pada saat melakukannya, entah itu menginstall script tertentu atau sebagainya. Akibatnya, hp android mengalami kesalahan sistem dan tidak bisa melakukan start-up secara normal.

Cara mengatasinya:

Karena jenis bootloop ini tergolong cukup parah, maka langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan Factory Reset. Silakan baca: Cara Reset Ulang atau Factory Reset Android. Atau jika kamu tidak ingin kehilangan semua data android, kamu bisa memilih langkah ke-2, yaitu dengan cara restore seluruh data android kamu. Restore merupakan salah satu cara untuk mengembalikan data atau file sistem android kamu jika terjadi kerusakan.

Hal yang penting untuk kamu ketahui jika ingin melakukan restore android adalah sebelumnya kamu sudah pernah melakukan backup. Tanpa memiliki file backup, tentu kamu tidak bisa melakukan restore untuk mengembalikan keadaan sistem android kamu seperti sebelumnya. Baca: Cara Backup dan Restore Android Tanpa PC.

3. Hard Bootloop

Yang terakhir adalah Hard Bootloop, bootloop jenis ini tergolong paling parah dan tidak bisa kembali normal meskipun kita telah melakukan langkah-langkah di atas. Biasanya kerusakan ini terjadi akibat kesalahan pada saat menginstall custom ROM, menginstall custom ROM yang tidak sesuai, dan kesalahan lain yang mengakibatkan ponsel android yang restart secara berulang-ulang maupun macet total.

Cara mengatasinya:

Karena jenis bootloop ini tergolong sangat parah, maka langkah terbaik untuk memperbaiki hp android bootloop jenis ini adalah dengan melakukan flashing ROM (firmware) atau menginstall ulang OS android untuk mengembalikannya ke default. Cara ini akan menghapus hak akses root dan custom ROM yang pernah kamu install sebelumnya.

Untuk melakukan cara ini kita harus menggunakan komputer PC atau laptop yang terinstall aplikasi khusus. Aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan flashing android dan mengganti ROM, dan tentunya aplikasi ini berbeda untuk tiap-tiap merk dan tipe hp android.

Sebagai contohnya, Konyoha akan mencoba melakukan flashing hp Lenovo A328 menggunakan aplikasi SP Flash Tool dengan stock ROM Lenovo A328. Untuk langkah-langkahnya silakan kamu baca pada: Cara Flash HP Lenovo A328 Menggunakan SP Flash Tool.

Jika merk dan tipe hp android kamu berbeda, silakan cari caranya di Google sesuai dengan merk dan tipe ponsel kamu. Contoh: ‘Cara flash Samsung Galaxy S8 Menggunakan Komputer’.

Penting:
Setiap merk dan tipe ponsel menggunakan aplikasi yang berbeda-beda untuk melakukan flashing. Karena di sini admin hanya menjelaskan untuk hp Lenovo A328 saja. Admin juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna dalam melakukan langkah-langkah di atas.

Baca juga:

Itulah tutorial tentang cara mengatasi hp android bootloop tanpa PC maupun dengan PC. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis komentarmu di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *