5 Cara Ampuh Mengatasi Layar Smartphone Yang Error atau Tidak Berfungsi

Seiring pertumbuhan teknologi yang semakin pesat seperti saat sekarang ini, Layar sentuh atau touchscreen merupakan komponen yang wajib dibenamkan untuk setiap smartphone. Dengan adanya layar sentuh ini kita akan lebih mudah dan nyaman untuk mengoperasikan smartphone dari pada menggunakan tombol fisik. Namun yang namanya komponen elektronik pasti pernah mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sama sekali.

Misalnya pada saat kita lagi asyik-asyiknya bermain HP Android, tiba-tiba layar HP tidak bisa disentuh atau error. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor internal dan faktor eksternal. Apapun itu penyebabnya, yang pasti kita akan merasa sangat kesal. Namun kamu jangan stres dulu ya, apa lagi sampai membanting HP nya ke laintai. Karena pada artikel ini Skotident akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali. Dan semoga cara ini bisa membantu masalah yang sedang kamu alami dengan Touchscreen HP mu. Kalau begitu langsung saja yuk kita coba cara di bawah ini satu per satu.

Cara Memperbaiki Layar HP yang Tidak Berfungsi atau Rusak

Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi layar sentuh tidak berfungsi atau error sebelum kamu memutuskan untuk membawanya ke service center untuk menggantinya dengan yang baru. Tentunya dengan mengikuti tips di bawah ini dan berhasil maka akan menghemat pengeluaran kamu. Untuk itu langsung saja dipraktekkan ya.

1. Membersihkan Layar HP

Tips yang pertama ini mungkin terdengar sangat sederhana, namun percaya atau tidak layar smartphone yang kotor tentu saja bisa mengganggu fungsinya. Ada beberapa hal yang menyebabkannya antara lain karena terkena debu, keringat, atau benda cair lainnya yang akan menghambat kinerjanya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membersihkan layar HP kamu menggunakan kain bersih dan kemudian coba kamu tes lagi apakah touchscreen berfungsi atau tidak.

2. Melakukan Kalibrasi Layar Perangkat.

Selain karena masalah pada hardware, layar sentuh yang rusak atau tidak berfungsi dengan semestinya bisa saja disebabkan oleh pengaturan smartphone yang tidak sesuai. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh virus atau software berbahaya lainnya yang menyerang sistem smartphone kamu sehingga fungsinya terganggu. Perlu dicatat cara ini ditujukan untuk layar samrtphone kamu bisa bekerja namun tidak akurat. Untuk mengatasinya bisa kita setting kembali melalui Kalibrasi perangkat, lalu lakukanlah pengaturan kalibrasi secara manual.

3. Melakukan Restart (Reboot)

Jika cara di atas tidak membuahkan hasil, kita bisa mengatasinya dengan mematikan lalu menyalakan kembali HP tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghentikan semua proses yang terlalu berat yang dikerjakan oleh smartphone. Contohnya banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan di background sehingga menguras banyak RAM dan mengganggu fungsi layar sentuh sehingga terasa berat dan bahkan tidak bisa digerakkan.

4. Melakukan Factory Reset

Jika cara di atas juga tidak berhasil, maka yang bisa kamu lakukan adalah melakukan factory reset. Kenapa? Karena bisa jadi layar HP kamu tidak bisa disentuh disebabkan oleh error pada sistem operasinya. Hal ini terjadi karena software sistem pada HP Android kamu mengalami masalah atau error yang disebabkan oleh virus atau masalah software lainnya. Dengan melakukan factory reset semua software dan sistem operasi HP Android kamu akan kembali seperti baru lagi.

Namun perlu diketahui bahwa cara ini bisa menyebabkan terhapusnya data pribadi kamu seperti file foto, musik, kontak, sms, dan semua yang ada di memori internal. Untuk itu kamu harus bersiap-siap untuk kehilangan file penting milik kamu. Cara ini memang tidak disarankan, akan tetapi jika semua cara di atas gagal maka inilah cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan. Namun jika kamu ingin tetap melakukannya kamu bisa mengikuti cara di bawah ini dan bersiap untuk menanggung risikonya karena kami tidak akan bertanggung jawab jika semua data milik kamu hilang. Berikut caranya:

  • Pertama matikan HP kamu terlebih dahulu
  • Pada saat HP dalam keadaan mati. tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan selama beberapa detik sampai bergetar. Setelah itu lepaskan dan kita akan masuk ke sistem android. Kombinasi tombol bisa saja berbeda tergantung merk dan type smartphone, jika kombinasi tombol tersebut tidak sesuai, silakan cari di Google dengan mengetikkan kata kunci “cara factory reset smartphone android”.
  • Jika berhasil masuk ke sistem android, pilih menu factory reset dan pilih yes dan tunggu prosesnya sampai selesai dan restart HP kamu.
  • Setelah android kamu menyala silakan diuji apakah touchscreen kamu berfungsi atau tidak.

5. Mengganti Touchscreen Dengan yang Baru

Jika semua cara di atas tidak ada satupun yang berhasil, maka bisa dipastikan bahwa komponen layar sentuh tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru. Silakan dibawa HP-nya ke service center resmi untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya.

Itulah beberapa tips untuk memperbaiki layar HP android tidak bisa disentuh atau rusak yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan:

2 Comments on “5 Cara Ampuh Mengatasi Layar Smartphone Yang Error atau Tidak Berfungsi”

  1. Halo,

    Saya Dimas dari Sepulsa, saya mau menawarkan Blogpost / Sponsored Post di situs konyoha.com, artikel dari anda, dan berisi backlink ke halaman di situs Sepula.

    Dengan ketentuan diatas, rate untuk untuk 1 post nya berapa ya?

    Thankyou

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *